PENGARUH KOLASE AMPAS NANAS TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK UMUR 5-6 TAHUN DI TK STAR KIDS DESA SEMPUNG POLLING KEECAMATAN LAE PARIRA KABUPATEN DAIRI

Authors

  • Angel br. Saraaan Universitas Negeri Medan
  • Rizki Ramadhani Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39530

Keywords:

Kolase, Ampas Nanas, Keterampilan Motorik Halus

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan kolase dengan ampas nanas mempengaruhi keterampilan motorik halus anak-anak di TK Star Kids di Desa Sempung Polling, Kecamatan Lae Parira, Kabupaten Dairi, yang berusia antara 5 dan 6 tahun . Penelitian ini didasari oleh keterampilan motorik halus yang buruk anak-anak, serta kurangnya koordinasi, ketelitian, kerapian, dan kesabaran selama pembelajaran. Desa ini juga memiliki banyak bahan dasar, seperti ampas nanas, yang dapat digunakan untuk kolase. Penelitian ini melibatkan semua siswa di Desa Sempung Polling Star Kids TK, yang memiliki total 25 siswa. Metode simple random sampling digunakan untuk memilih 15 siswa sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test yang mengukur keterampilan motorik halus anak-anak. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji statistik Wilcoxon yang ditandatangani. Hasilnya menunjukkan bahwa motorik halus anak setelah perlakuan (posttest) lebih baik dibandingkan dengan sebelum perlakuan (pretest). Nilai rata-rata pretest adalah 24,73, yang termasuk dalam kategori mulai berkembang (MB), dan nilai rata-rata posttest adalah 27,67, yang termasuk dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Dari perbedaan nilai rata-rata antara pretest dan posttest yang sebesar 2,94. Sehingga didapat keismpulan terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan kolase ampas nanas terhadap keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Star Kids Desa Sempung Polling Kec. Lae Parira Kab. Dairi. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru disarankan untuk terus meningkatkan keterampilan motorik halus anak-anak melalui penggunaan berbagai stimulus dan kegiatan pembelajaran.

References

Aep, D. (2017). Perkembangan Motorik (Nana, Ed.; I). Alfabeta.

Ambarwati dkk. (2021). Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Media Ampas Kelapa pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Tunggul 1 Kab. Sragen Jawa Tengah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), 45–49.

Ani dkk. (2020). Penggunaan Media Kolase Dalam Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 187–200. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7408

Ariyanti, F. (2009). Diary Tumbuh Kembang Anak. Read Publishing House. Choirun. (2017). Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini (Septi, Ed.; I).

Umsida Press. Darmiatun, S., & Mayar, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327

Depdiknas. (2007). Pedoman Pengembangan Fisik/Motorik di Taman Kankkanak. Depdiknas.

Diputra, A. M., Sehulina, R., Mardini, S., Viana, S. A., Fariza, D., & Meriska, E. (2023). Penerapan Instrumen Asesmen Perkembangan Fisik Motorik Usia 5- 6 Tahun Di Paud Gudiseju. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5), 308– 314.

Endang. (2018). Perkembangan Motorik (S. Amalia, Ed.; Edisi Pert). UNY Press. https://staffnew.uny.ac.id/upload/131568302/penelitian/2.Buku Referensi; Perkembangan Motorik; ISBN;978-602-556-47-9.pdf

Eny. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik Pada Balita Usia 4-5 Tahun di TK Siswa Harapan Ciliwung Surabaya. Jurnal Kebidanan, 9(1), 45–53. https://doi.org/https://doi.org/10.47560/keb.v9i1.241

Farida, Dr. M., Dwi, W., Eka, W. K., Nissaul, H., & Sri, H. B. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Kreativitas Seni Ruppa Menempel Kolase, Mozaik, dan Montase (I). PT Rajagrafindo Persada. http://repository.unp.ac.id/35040/1/Farida_Mayar_Pendidikan_ANAK_USIA _DINI.pdf

Febrianingsih, R. (n.d.). Tingkat Pencapaian Perkembangan Motorik Halus Anak TK ABA Kelompok B Se-Kecamatan Minggir Sleman Yogyakarta.

Kamtini, & Kaban, D. (2016). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Santa Lusia Medan. Bunga Rampai Usia Emas, 2(1), 60–77.

Lydia. (2018). Meningkatkan Motorik Halus Melalui Kolase Dari Ampas Kelapa Pada Anak Tk Kelas B Usia 5-6 Tahun. Jurnal Audi, 2(2), 76–82. https://doi.org/10.33061/ad.v2i2.1972

Maryam dkk. (2023). Permainan Media Bubur Kertas Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Ra Al-Alim Mekarsari Kecamatan Waysulan Kabupaten Lampung Selatan. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah.

Maya. (2020). Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 136–145. https://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/Kindergarten/article/view/10983

Neng, & Zultiar. (2018). Penggunaan Teknik Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun PAUD Warci Jaya Tahun Ajaran 2017- 2018. Jurnal Kependidikan, 4(1), 48–53. https://doi.org/https://doi.org/10.37150/jut.v4i1.245

Nisa, K. (2021). Implementasi penggunaan kolase dalam meningkatkan motorik halus anak usia dini. Jurnal Paradigma, 12(01), 138–151. Nugraha. (2017a). Identifikasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun si TK Gugus III Kecamatan Piyungan Bantul.

Nugraha, F. E. (2017b). Identifikasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Gugus Iii Kecamatan Piyungan Bantul Identification Fine Motor Development Children Aged 5-6 Years in Kindergarten of Group Iii Piyungan Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(6), 329–340. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/7325/6986

Nur, D. (2022). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Kolase Berbantuan Bahan Alam. Jurnal Usia Dini, 8(2), 58. https://doi.org/10.24114/jud.v8i2.41468

Oktavia, R., Khosiah, S., & Rosidah, L. (2022). Pengaruh Kegiatan Berkebun Terhadap Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Care, 10(1), 7–15. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD Pengaruh Ramadhani,

R., Sinaga, R., & Asih, S. (2024). Development of Digital Teaching Materials in Methodology of Early Childhood Motor Development Subject Based Project. Proceedings of the 5th International Conference of Educational Science, ICONSEIR 2023, 30 November 2023, Medan, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.30-11-2023.2346822

Rizki. (2023). Metodologi Pengembangan Motorik Anak Usia Dini Berbasis Project (I). Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/567388- metodologi-pengembangan-motorik-anak-usi-d239de7d.pdf

Simatupang, D., & Ema, Lady. (2015). Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Kecerdasan Visual-spasial anak usai 5-6 tahun di RA Masjid Agung Medan T.A. 2014/2015. Bunga Rampai Usia Emas, 1(1). Siti. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Tanjung, S. H., Kamtini, K., & Damanik, S. H. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Menstimulasi Kecerdasan Spasial Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 5(1), 15–22. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v5i1.482

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia. (n.d.).

Wulan, D. S. A. (2020). Penggunaan Portofolio dalam Penilaian Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di PAUD Al Wafi Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat. Jurnal Usia Dini, 6(2), 28. https://doi.org/10.24114/jud.v6i2.22189

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Saraaan, A. br. ., & Ramadhani, R. . (2024). PENGARUH KOLASE AMPAS NANAS TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK UMUR 5-6 TAHUN DI TK STAR KIDS DESA SEMPUNG POLLING KEECAMATAN LAE PARIRA KABUPATEN DAIRI . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17964–17973. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39530

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.