ANALISIS PENERAPAN KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 4 SOLEAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39139Keywords:
Kurikulum, Kurikulum Merdeka, PembelajaranAbstract
Kurikulum merdeka hadir ketika Indonesia mengalami krisis pembelajaran yang disebabkan oleh adanya virus covid-19 yang dimulai pada tahun 2019. Tujuan diciptakannya kurikulum merdeka untuk menciptakan kurikulum yang lebih relevan dengan kebutuhan peserta didik dan memberikan kebebasan bagi guru untuk mengembangkan materi pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna. Peneliti memilih SMPN 4 Solear sebagi tempat untuk menganalisis penerapan kurikulum merdeka di sebuah sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dengan cara dokumentasi, wawancara serta observasi. Teknik penyajian hasil data dilakukan dalam bentuk uraian.References
Tuerah, R., & Tuerah, J. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9(19), 979-988.
Wahyudin Dinn, dkk. (2024) KAJIAN AKADEMIK Kurikulum Merdeka. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Zakso Amrazi. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI
INDONESIA. (J-PSH) JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI DAN HUMANIORA.
Cholillah, dkk. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 57-66.
Damiati A., Nursaekin J., Masduki A. (2024). Prinsip Pembelajaran dalam urikulum Merdeka. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT.
Hasibuan dkk. (2024). PRINSIP PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA (TINJAUAN HOLISTIK PARADIGMA KI HAJAR DEWANTARA SEBAGAI PENDEKATAN). Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan.
Janah M., Harusn R. (2023). Kurikulum Merdeka Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 197-210.
Janah M., Safrizal., Suhendri. (2024). Analisis Komponen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Studi Khasus Di SD X Kota Batusangkar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR.
Nisa W., Eka T. (2023). Peran Dan Manfaat Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 34-42.
Suryaman M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nopi Rahmidayanti Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.