LITERATURE REVIEW: PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KOGNITIF ANAK USIA PRA SEKOLAH

Authors

  • Rosa Purwant Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pemkab Jombang
  • Nur Laila Faizah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pemkab Jombang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38936

Keywords:

Permainan Puzzle, kognitif, Pra Sekolah

Abstract

Latar belakang: Masa anak usia pra sekolah adalah masa yang sangat tepat untuk mengenalkan suatu alat permainan edukatif, di usia ini sangat peka dengan rangsangan dilingkungan, anak juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Pada saat anak bermain, kemampuan kognitif berkembang. Kemampuan kognitif ini dapat berkembang dengan bebeapa permainan edukatif salah satunya adalah permainan puzzle. Tujuan :Mengetahui pengaruh permainan edukatif terhadap anak usia pra sekolah. Metode : Penelhaan literatur melalui google Scholar. Kata kunci adalah “permainan puzzle”, “kognitif”, “pra sekolah”. Hasil : Dari 20 Artikel yang telah dikaji mulai dari tahun 2017-2023, terdapat 10 artikel yang sesuai. Bersumber pada 10 artikel yang dikaji yang dihasilkan bahwa pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif anak di usia pra sekolah. Kesimpulan : Permainan puzzle dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak di usia pra sekolah.

References

Amanda. (2018). Pengaruh bermain puzzle geometri terhadap kemampuan mengenal bentuk

geometri anak usia 4-5 tahun di paud al-hidayah. Instructional development journal (IDJ).

Vol 1No.1

Amanda. (2018). Pengaruh bermain puzzle geometri terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun di paud al-hidayah. Instructional development journal (IDJ). Vol 1No.1

Andriyani, A., & Mentari, E. G. (2021). Penggunaan Alat Permainan Edukatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Al-Hidayah Gunung Terang Labuhan Ratu Lampung Timur. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 2(1), 64-80.

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Fatmawati, Fitri Ayu (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Gresik Jawa Barat: Caremedia Communication

Fitriani, D., Febriyanti, F., & Dewi, K. (2022). Pengembangan Media Puzzle Edukatif Untuk Anak Usia 3-4 Tahun Di Kelompok Bermain Yp Ar Ceria Palembang 2022. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1914-1922.

Halimah, H. (2021). Penggunaan Alat Permainan Edukatif untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH), 3(2), 113-128.

Kemendikbud. (2022). Capaian Pembelajaran untuk Satuan PAUD. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Kementerian Pendidikan Nasional 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional Indonesia

Khatimah, H. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Puzzle Pada Kelompok B Tk Tunas Harapan. ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal), 1(1), 20-26.

Kumala, D. N. (2018). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Barang Bekas Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Akhlakul Karimah Kotabumi Lampung Utara. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Martiana, Devika. (2015). Model direct instruction berbantuan media puzzle untuk meningkatkan perkembangan mengenal bentuk geometri anak kelompok B3 TK kemala bhayangkari 1 Denpasar. E-journal PG PAUD Universita Pendidika Ganesha. Vol.3 No.1

Muloke, I. C., Ismanto, A. Y., & Bataha, Y. (2017). Pengaruh alat permainan edukatif (puzzle) terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di desa linawan kecamatan pinolosian kabupaten bolaang mongondow selatan. Jurnal Keperawatan, 5(1).

Natari, R., & Suryana, D. (2021). Penerapan Permainan Edukatif Puzzle untuk Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 245-252.

Oktaviyani, R. D., & Suri, O. I. (2019). Pengaruh terapi bermain puzzle terhadap perkembangan kognitif anak usia prasekolah. Jurnal Kesehatan, 10(2), 289841.

Rahima, R. (2018). Pengaruh Permainan Edukatif Dengan Media Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Dalam Mengenal Bentuk Dan Warna Pada Anak Prasekolah Di Tk Aisyiyah Iv Kota Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 6(2), 62-66.

Srianis, dkk. (2014). Penerapan metode bermain puzzle geometri untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak dalam mengenal bentuk. E-journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.2 No.1

Surya, S., Bachtiar, M. Y., Herlina, H., & Saodi, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Edukatif Puzzle Dari Daur Ulang Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 43-53.

Utsmani, M. M., & Faizah, N. A. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle terhadap Perkembangan Kognitif Anak di KB Hidayatul Mubtadi’in Rembang. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 63-72.

Veronica N,2018. Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 4 Nomor 2.

Yasbiati, Edi Hendri Mulyana , Taopik Rahman , Qonita (2019). Profil Kejujuran Anak Usia 5-6 Tahun di RA-At-Taufiq Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Anak, 8 (2), 2019, 99-106

Downloads

Published

2024-12-11

How to Cite

Purwant, R. ., & Faizah, N. L. . (2024). LITERATURE REVIEW: PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KOGNITIF ANAK USIA PRA SEKOLAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17445–17452. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38936

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.