INOVASI DIGITAL DALAM PENDIDIKAN: TREN DAN TANTANGAN DI ERA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38830Keywords:
Inovasi Digital, Tren Teknologi, Pembelajaran Berbasis Digital.Abstract
Di era digital yang semakin maju, inovasi dalam pendidikan menjadi kunci utama untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memenuhi kebutuhan peserta didik yang terus berkembang. Artikel ini membahas tren terkini dalam inovasi digital di pendidikan, serta tantangan yang dihadapi oleh pendidik dan lembaga pendidikan dalam mengimplementasikan teknologi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk artikel jurnal, laporan penelitian, dan studi kasus, artikel ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai bagaimana teknologi dapat diintegrasikan dalam proses pembelajaran dan dampaknya terhadap peserta didik. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun teknologi membawa berbagai manfaat signifikan, seperti meningkatkan akses pendidikan dan memfasilitasi metode pembelajaran yang lebih interaktif, tantangan utama yang masih dihadapi adalah kesenjangan digital yang luas dan kebutuhan untuk pelatihan guru yang berkelanjutan. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan solusi yang efektif guna mengatasi hambatan-hambatan tersebut, sehingga inovasi digital dapat diterapkan secara optimal dan merata, meningkatkan kualitas pendidikan di berbagai tingkat.References
Anita, A., & Astuti, S. I. (2022). Digitalisasi Dan Ketimpangan Pendidikan: Studi Kasus Terhadap Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2509
Arifin, F., Ulfiana, E., & Admojo, W. (2021). Optimalisasi Platform Digital Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 21(1). https://doi.org/10.33830/ptjj.v22i2.1917.2021
Badan Pusat Statistik. (2022). Badan Pusat Statistik (BPS) 2022. Statistik Indonesia 2022, 1101001.
Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk, S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y., Uld, D. Q. G. L. Q., Ri, W. K. H. U., Lq, V., Frxqwu, W. K. H., Zklfk, E., Edvhg, L. V, Wkh, R. Q., … ?????, ?. (2015). Joining Together. Group Theory and Group Skills 10th Edition. In Syria Studies (Vol. 7, Issue 1).
Becker, S., & Berg, A. (2021). State of the sporting goods industry 2021 | McKinsey. Mckinsey.Com.
Bennett, S., Maton, K., & Kervin, L. (2008). The “digital natives” debate: A critical review of the evidence. British Journal of Educational Technology, 39(5). https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2007.00793.x
Cahyanto, I. (2023). Privacy Challenges in Using Wearable Technology in Education Literature Review. Formosa Journal of Applied Sciences, 2(6). https://doi.org/10.55927/fjas.v2i6.4272
Hamari, J., Koivisto, J., & Sarsa, H. (2014). Does gamification work? - A literature review of empirical studies on gamification. Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences. https://doi.org/10.1109/HICSS.2014.377
Insider Intelligence. (2021). Influencer Marketing Report 2021: Industry Stats & Market Research. In Business Insider.
Kirschner, P. A., & De Bruyckere, P. (2017). The myths of the digital native and the multitasker. In Teaching and Teacher Education (Vol. 67). https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.06.001
Liu, Y., Saleh, S., & Huang, J. (2021). Artificial Intelligence in Promoting Teaching and Learning Transformation in Schools. International Journal of Innovation, Creativity and Change. https://doi.org/10.53333/ijicc2013/15369
Sadya, S. (2023). APJII: Pengguna Internet Indonesia 215,63 Juta pada 2022-2023. Kementerian Komunikasi Dan Informatika.
Subijanto, Kadaryanto, B., Venus Ali, N. B., Sulistiono, A. A., Widiputera, F., & Dwi Martini, I. A. (2021). Sistem Penjaminan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh Di Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 14(2). https://doi.org/10.24832/jpkp.v14i2.512
Turmudzi, Mulyanto, H., & Ocktavia, A. D. (2024). Analisis Pengaruh Penguasaan Teknologi, Adaptasi, dan Partisipasi Guru SMA Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pustaka Nusantara Multidisplin, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.59945/jpnm.v2i1.102
UNESCO. (2020). Distance learning strategies in response to COVID-19 school closures. UNESCO COVID-19 Education Response Education Sector Issue Notes, April.
Wijayanto, A. (2020). Bunga Rampai Kolaborasi Multidisiplin Ilmu dalam Menghadapi Tantangan di Era New Normal. In Akademia Pustaka (Issue December).
World Economic Forum. (2020). The Future of Jobs Report 2020 OCT OBER 2020. https://www.weforum.org/publications/the-future-of-jobs-report-2020/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hotimah Hotimah, Arismunandar Arismunandar, Ismail Tola
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.