PENGARUH E-MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH KONSUMEN MILENIALS MELALUI MINAT PRODUK FASHION MUSLIMAH PADA PLATFORM MARKETPLACE INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38689Keywords:
E-Marketing Mix, Keputusan Pembelian, Minat Konsumen, Fashion Muslimah, MarketplaceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh elemen-elemen bauran pemasaran digital (e-marketing mix) terhadap keputusan pembelian konsumen milenial pada produk fashion muslimah di platform marketplace Indonesia dengan minat produk sebagai variabel mediasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling non-probabilitas, melibatkan 330 responden yang pernah berbelanja di Shopee dan TikTok Shop. Analisis data menggunakan model persamaan struktural (SEM). Hasil menunjukkan bahwa elemen produk, harga, promosi, proses, dan bukti fisik memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara langsung maupun melalui minat konsumen. Sebaliknya, lokasi dan peran manusia tidak memiliki pengaruh signifikan. Penelitian ini merekomendasikan strategi peningkatan promosi kreatif dan relevan, penguatan visual produk, serta optimalisasi proses digital untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen.References
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Ardila, R., & Wahyuni, D. (2021). Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Bangunan Dan Desain Rumah Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Qanita Residence Di Pt. Cawan Barokah Grup Kabupaten Batu Bara. Jurnal Sains Ekonomi (Jse), 2(1), 110-118.
Bateson, J. E. G., & Hoffman, K. D. (2010). Services marketing: A global perspective. Cengage Learning.
Chaffey, D. (2015). Digital marketing: Strategy, implementation, and practice. Pearson Education.
Fhitri, N., Prasuhanda, H., Normansyah, N., Pase, K., Suriono, H., Melawat, M. S., ... & Sibuea, I. S. (2024). Pengaruh Komitmen Dan Budaya Organisasi Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Bank Central Asia Cabang Tanjung Balai. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-Issn 2745-4584), 4(02), 418-430.
Halimatussaddiah, H., Batubara, J. P., Wahyuni, D., Wiranti, A., & Jumiarsih, J. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Iklim Organisasi Terhadap Semangat Kerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan. Jurnal Pionir Lppm Universitas Asahan Vol, 7(0), 3.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Kotler, Philip, Dan Gary Armstrong 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga : Jakarta
Lovelock, C., & Wirtz, J. (2011). Services marketing: People, technology, strategy (7th ed.). Pearson Education.
Lovelock, C., & Wirtz, J. (2016). Services Marketing: People, Technology, Strategy. Pearson Education.
Lovelock, Christopher. & Wright, Lauren. 2017.. Principle of Service Marketing and Management (2nded). New Jersey: Pearson Education International.
Lupiyoadi, R. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktek. Jakarta : Salemba Empat.
Lupiyoadi,R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat
Melawat, M. S., Normansyah, N., Suriono, H., Pase, K., Fhitri, N., Wahyuni, D., ... & Sibuea, I. (2024). Pengaruh Tim Kerja, Stres Kerja Dan Reward Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Kantor Sekretariat Dprd Kabupaten Asahan. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-Issn 2745-4584), 4(02).
Mirabi, V., Akbariyeh, H., dan Tahmasebifard, H. 2015. A Study of Factors Affecting on Customers Purchase IntentionCase Study: the Agencies of Bono Brand Tile in Tehran. Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology (JMEST)Vol. 2 Issue 1.
Normansyah, N., Suriono, H., Fhitri, N., Melawat, M. S., Wahyuni, D., & Rumondang, R. (2024). Pengaruh Kompetensi Sdm, Disiplin Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Bagian Umum Dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Batubara. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-Issn 2745-4584), 4(02), 228-241.
Pine, B. J., & Gilmore, J. H. (2011). The experience economy: Past, present and future. Harvard Business Review Press.
Pogorelova, E. V, Yakhneeva, I. V, & Anna, N. (2016). Marketing Mix For E-Commerce, 11(14), 6744– 6759.
Porter, M. E. (1985). Competitive advantage: Creating and sustaining superior performance. Free Press.
Prasetya, A. Y., & Wahyuni, D. (2020). Pengaruh lokasi, harga, kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Cuwa Laundry di Kota Kisaran [The influence of location, price, trust and service quality on customer loyalty at Cuwa Laundry in Kisaran City]. Jurnal Sains Ekonomi (JSE), 1(2).
Sahla, H., & Wahyuni, D. (2019). Implementasi Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Zakat Profesi Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Asahan. HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 6(2).
Sahla, H., & Wahyuni, D. (2019, December). Implementasi Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 Dalam Pengelolaan Zakat Oleh Badan Amil Zakat Nasioal (Baznas) Di Kabupaten Asahan. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.
Silalahi, M., Bati, B., & Wahyuni, D. (2019). Pengaruh Current Ratio, Net Profit Margin, Debt To Equity Ratio Dan Return On Investment Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES), 1(1), 49-56.
Simbolon, C., & Wahyuni, D. (2022). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Kartu Telkomsel Pada Toko Simbolon Ponsel Di Balige Kabupaten Tobasa. Jurnal Sains Ekonomi (Jse), 3(1).
Strauss, Judy. Adel El-Ansary & Raymond Frost (2012). E- Marketing. Prentice Usa. Fifth Edition.
Suriono, H., Malawat, M. S., Fhitri, N., Normansyah, N., Wahyuni, D., Rumondang, R., & Pratiwi, W. A. (2024). Pengaruh Upah Dan Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Pt. Pp London Sumatera Indonesia Tbk. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-Issn 2745-4584), 4(02).
Suriono, H., Rahayu, S., Simanjorang, E. F. S., Wahyuni, D., & Alamsyah, M. N. (2024). Pengantar E-Commerce: Aspek Dalam Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis.
Susanti, D. 2017. Pengaruh kualitas produk terhadap minat konsumen dalam membeli produk tupperware pada perumahan Griya Tika Utama Pekanbaru. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 3(5).
Swastha, B. dan Irawan. 2015. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Syarifah, T., Wahyuni, D., Masyitah, E., Sajidah, Q., Adisti, A., Syapitri, M., & Novita, A. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Umkm Melalui Qris Dan Pemasaran Digital Pada Usaha Dodol Pulut Indah Lestari Di Desa Tanjung Alam Kabupaten Asahan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7703-7708.
Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Tsiotsou, R. H. (2016). The role of technology in marketing. Journal of Marketing Management, 32(3-4), 321-342. https://doi.org/10.1080/0267257X.2016.1134348
Wahyuni, D. (2020, October). Pengaruh Bagi Hasil Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Tanjung Balai. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.
Wahyuni, D. (2021). Analisis Penerapan Job Order Costing pada UKM Percetakan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6455-6461.
Wahyuni, D. (2022). Determinan Nilai Perusahaan: Efek Intervening Kinerja Keuangan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12791-12804.
Wahyuni, D. (2023). Analisis Perhitungan Harga Pokok Pesanan Pada Umkm Roti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28228-28231.
Wahyuni, D. (2023). Peningkatan Nilai Perusahaan Lq 45 Dengan Good Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility. Kurs: Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis, 8(1), 73-81.
Wahyuni, D. (2024). Analisis Metode Job Order Costing Umkm Percetakan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 17314-17321.
Wahyuni, D., & Armawati, D. (2022). Pengaruh Inflasi Dan Produk Domestik Regional Bruto (Pdrb) Terhadap Tingkat Pengangguran Di Sumatera Utara Tahun 2010-2020. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6).
Wahyuni, D., & Irman, M. (2021). Analisis Harga Saham Dengan Pertimbangan Rasio Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Kurs: Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis, 6(1), 53-64.
Wahyuni, D., & Pratiwi, D. T. (2024). Pengaruh Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Haki Alam Karya Indrapura Kabupaten Batu Bara. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 7(1), 1052-1056.
Wahyuni, D., & Suriyanti, L. H. (2018). Prediksi Financial Distress Dengan Altman Modifikasi Dan Springate Pada Perbankan Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 8(2), 216-223.
Wahyuni, D., & Syaifuddin, N. T. (2025). Impact Of E-Marketing Mix On Muslimah Fashion Purchase Decisions: The Mediating Role Of Consumer Intention. Journal Of System And Management Sciences, 15(1), 51-68.
Wahyuni, D., & Tamba, S. (2024). Pengaruh Kepribadian, Komitmen Kerja Dan Kompetensi Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 7(3), 10060-10066.
Wahyuni, D., & Toni, N. (2023). The Effect Of E-Marketing Mix On Purchase Decisions By Milenials Consumers Through Interest In Muslimah Fashion Products On Indonesian E-Commerce Platforms. 1(3), 164–180.
Wahyuni, D., Andriani, T., Galingging, S. S., & Sajidah, Q. (2023). Pengaruh Dar, Der, Eps Dan Roe Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 6(2), 554-561.
Wahyuni, D., Nurmawansyah, N., & Arif, A. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Pt. Bank Mestika Dharma Kisaran). Jurnal Pionir, 5(2).
Zeithaml, V. A. (1988). Consumer perceptions of price, quality, and value: A means-end model and synthesis of evidence. Journal of Marketing, 52(3), 2-22. https://doi.org/10.1177/002224298805200302
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2000). Services marketing: Integrating customer focus across the firm (2nd ed.). McGraw-Hill.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dian Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.