MATEMATIKA DAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Welas Listiani Universitas Insan Budi Utomo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30661

Keywords:

Matematika, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka

Abstract

Matematika diajarkan melalui konsep pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Namun, masih ada guru Matematika yang belum memahami pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Matematika dan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Metode penelitian menggunakan studi literatur. Pembelajaran ini terdiri atas diferensiasi konten, proses, dan produk. Pembelajaran dilaksanakan dengan memperhatikan keunikan peserta didik dan mempertimbangkan asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif. Guru menentukan model pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Capaian pembelajaran dan profil pelajar Pancasila yang kritis, kreatif, dan kolaboratif  harus diperhatikan oleh guru ketika merancang pembelajaran.

References

DAFTAR PUSTAKA

Amiruddin, A., Yunus, M., & As, H.. 2023. Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SDN Bissoloro Kec. Bungaya Kab. Gowa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 209-217. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/19850

Anggraini, M., Rahayu. S., & Wijaya, W., 2023. Kendala Guru Kelas VII dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di Jenjang SMP. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 463-473. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18029

Aprima, D., & Sari, S., 2022. Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah pendidikan, 13(1), 95-101. https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i1.296

Daimah, U.S. dan Suparni. 2023. Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. SEPREN : Journal of Mathematics Education and Applied. 4 (2): 131 – 139. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/888/453

Direktorat Sekolah Dasar, Kemdikbud. 2024. Kurikulum Merdeka. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka

Disdikbud .2024. Apakah Kurikulum Merdeka Penting dalam Membangun Pendidikan? https://disdik.kutaibaratkab.go.id/apakah-kurikulum-merdeka-penting-dalam-membangun-pendidikan/

Fianingrum, F., Novaliyosi, dan Nindiasari, H. 2023. Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 5(1), 132 – 137. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/4507/pdf

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika, dan Statistika, 3(3), 636-646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Husni, T. 2022. Memerdekakan Peserta Didik Belajar melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Propinsi Aceh. http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=4855

Izzati, E.N., Untari, M.F.A, dan Espiyati. 2024. Penerapan pendekatan TaRL pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 di SDN Gayamsari 02 Semarang Semarang. Journal on Education, 6 (3). 17840 – 17846. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5716/4593

Kemendikbudristek. 2022. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/rujukan/panduan-panduan-kurikulum-merdeka

Khristiani, H., Susan, E., Purnamasari, N., Purba, M., Anggraeni, dan Saad, Y. 2021. Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar di SMPN 20 Tangerang Selatan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Lestari, N.A.P., Kurniawati, K.L., dan Dewi, M.S.A. Hita, I.P.A.D., Astuti, N.M.I.P., dan Fatmawan, A.R. 2023. Model-model Pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0. Badung: Nilacakra.

Mengajar, M. 2022. CP & ATP Matematika. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/mata-pelajaran/?level=SD-SMA&subject=Matematika

Mengajar, M. 2024. Merencanakan Pembelajaran dan Asesmen. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/30190796003737-Merencanakan-Pembelajaran-dan-Asesmen

Mengajar, M. 2024. Pengertian Capaian Pembelajaran (CP). https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/14150208845081-Pengertian-Capaian-Pembelajaran-CP

Mengajar, M. 2024. Pengertian dan Penerapan Profil Pelajar Pancasila. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/14145044257945-Pengertian-dan-Penerapan-Profil-Pelajar-Pancasila

Mulyasa, H.E. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta Timur : Bumi Aksara

Muna, I & Fathurrahman, M. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9 (1): 99 – 107. https://journal.unnes.ac.id/nju/jpk/article/view/43123

Pitaloka, H. dan Arsanti, M. 2022. Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4. 17 November 2022 (34 – 37). https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283/7745

Salmaa. 2023. Studi Literatur : Pengertian, Ciri, Teknik Pengumpulan Datanya. https://penerbitdeepublish.com/studi-literatur/

Solehah, H., & Setiawan, D. 2023. Kurikulum Merdeka dan Penilaian Pembelajaran Matematika dalam Membangun Generasi Matematika yang Kompeten (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (2) : 23929 - 23940. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/10406/8344/19359

Sugianto. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi: Antara Manfaat dan Tantangannya. https://bgpsumsel.kemdikbud.go.id/pembelajaran-berdiferensiasi-antara-manfaat-dan-tantangannya/

Tomlinson, C.A. 2001. How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Virginia USA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Usman, U., Lestari, I.D., Alfiansya, A., Octavia, A., Lathifa, I., Nisyiyah, L., Permata, Aries, N.A., Oktaria, R., 2022. Pemahaman Salah Satu Guru di MAN 2 Tangerang Mengenai Sistem Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 5 (1). https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4432

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Listiani, W. . (2024). MATEMATIKA DAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9274–9280. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30661