MATEMATIKA DAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30661Keywords:
Matematika, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum MerdekaAbstract
Matematika diajarkan melalui konsep pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Namun, masih ada guru Matematika yang belum memahami pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Matematika dan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Metode penelitian menggunakan studi literatur. Pembelajaran ini terdiri atas diferensiasi konten, proses, dan produk. Pembelajaran dilaksanakan dengan memperhatikan keunikan peserta didik dan mempertimbangkan asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif. Guru menentukan model pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Capaian pembelajaran dan profil pelajar Pancasila yang kritis, kreatif, dan kolaboratif harus diperhatikan oleh guru ketika merancang pembelajaran.References
DAFTAR PUSTAKA
Amiruddin, A., Yunus, M., & As, H.. 2023. Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SDN Bissoloro Kec. Bungaya Kab. Gowa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 209-217. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/19850
Anggraini, M., Rahayu. S., & Wijaya, W., 2023. Kendala Guru Kelas VII dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di Jenjang SMP. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 463-473. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18029
Aprima, D., & Sari, S., 2022. Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah pendidikan, 13(1), 95-101. https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i1.296
Daimah, U.S. dan Suparni. 2023. Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. SEPREN : Journal of Mathematics Education and Applied. 4 (2): 131 – 139. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/888/453
Direktorat Sekolah Dasar, Kemdikbud. 2024. Kurikulum Merdeka. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka
Disdikbud .2024. Apakah Kurikulum Merdeka Penting dalam Membangun Pendidikan? https://disdik.kutaibaratkab.go.id/apakah-kurikulum-merdeka-penting-dalam-membangun-pendidikan/
Fianingrum, F., Novaliyosi, dan Nindiasari, H. 2023. Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 5(1), 132 – 137. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/4507/pdf
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika, dan Statistika, 3(3), 636-646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Husni, T. 2022. Memerdekakan Peserta Didik Belajar melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Propinsi Aceh. http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=4855
Izzati, E.N., Untari, M.F.A, dan Espiyati. 2024. Penerapan pendekatan TaRL pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 di SDN Gayamsari 02 Semarang Semarang. Journal on Education, 6 (3). 17840 – 17846. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5716/4593
Kemendikbudristek. 2022. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/rujukan/panduan-panduan-kurikulum-merdeka
Khristiani, H., Susan, E., Purnamasari, N., Purba, M., Anggraeni, dan Saad, Y. 2021. Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar di SMPN 20 Tangerang Selatan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Lestari, N.A.P., Kurniawati, K.L., dan Dewi, M.S.A. Hita, I.P.A.D., Astuti, N.M.I.P., dan Fatmawan, A.R. 2023. Model-model Pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0. Badung: Nilacakra.
Mengajar, M. 2022. CP & ATP Matematika. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/mata-pelajaran/?level=SD-SMA&subject=Matematika
Mengajar, M. 2024. Merencanakan Pembelajaran dan Asesmen. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/30190796003737-Merencanakan-Pembelajaran-dan-Asesmen
Mengajar, M. 2024. Pengertian Capaian Pembelajaran (CP). https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/14150208845081-Pengertian-Capaian-Pembelajaran-CP
Mengajar, M. 2024. Pengertian dan Penerapan Profil Pelajar Pancasila. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/14145044257945-Pengertian-dan-Penerapan-Profil-Pelajar-Pancasila
Mulyasa, H.E. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta Timur : Bumi Aksara
Muna, I & Fathurrahman, M. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9 (1): 99 – 107. https://journal.unnes.ac.id/nju/jpk/article/view/43123
Pitaloka, H. dan Arsanti, M. 2022. Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4. 17 November 2022 (34 – 37). https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283/7745
Salmaa. 2023. Studi Literatur : Pengertian, Ciri, Teknik Pengumpulan Datanya. https://penerbitdeepublish.com/studi-literatur/
Solehah, H., & Setiawan, D. 2023. Kurikulum Merdeka dan Penilaian Pembelajaran Matematika dalam Membangun Generasi Matematika yang Kompeten (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (2) : 23929 - 23940. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/10406/8344/19359
Sugianto. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi: Antara Manfaat dan Tantangannya. https://bgpsumsel.kemdikbud.go.id/pembelajaran-berdiferensiasi-antara-manfaat-dan-tantangannya/
Tomlinson, C.A. 2001. How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Virginia USA: Association for Supervision and Curriculum Development.
Usman, U., Lestari, I.D., Alfiansya, A., Octavia, A., Lathifa, I., Nisyiyah, L., Permata, Aries, N.A., Oktaria, R., 2022. Pemahaman Salah Satu Guru di MAN 2 Tangerang Mengenai Sistem Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 5 (1). https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4432
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Welas Listiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.