MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI: APAKAH EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI?

Authors

  • Murni Sulistyaningsih Universitas Negeri Manado
  • Dewi Sartipa Universitas Muhammadiyah Kotabumi
  • Sukini Sukini Universitas Widya Dharma Klaten
  • Sinta Julina Universitas Jayabaya
  • Lilik Swarnata Angga Buana Universitas Jayabaya
  • Saut Pane Universitas Jayabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38573

Keywords:

Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa di perguruan tinggi. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi seperti Learning Management System (LMS), aplikasi pembelajaran, dan video interaktif semakin populer dalam dunia pendidikan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan mengenai penerapan teknologi dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis teknologi memiliki dampak positif terhadap motivasi belajar mahasiswa, karena memberikan kemudahan akses materi, meningkatkan interaksi, serta memungkinkan pembelajaran yang lebih fleksibel dan menarik. Selain itu, media teknologi juga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, terutama jika teknologi tersebut dirancang dengan baik dan disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Namun, faktor seperti keterampilan dosen, kesiapan mahasiswa, serta dukungan infrastruktur menjadi elemen penting yang memengaruhi efektivitas teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini juga menemukan bahwa meskipun teknologi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar, tantangan seperti keterbatasan akses dan kesenjangan digital masih perlu diperhatikan untuk menjamin keberhasilan penerapan media berbasis teknologi dalam pendidikan tinggi.

References

Anggita, Z. (2020). Penggunaan powtoon sebagai solusi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Jurnal Konfiks, 7(2), 44–52.

Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning Konsep dan Implementasi pada Pendidikan. In Kadek Cahya Dewi, S.T., M.Cs Putu Indah Ciptayani, S.Kom., M.Cs Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D Dr. Priyanto, M.Kom (Issue 28).

Dwi Rita Nova, D., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2515

Ega Safitri, & Titin. (2021). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Video Animasi Powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.12

Indahsari, L., & Sumirat, S. (2023). Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Interaktif. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(1), 7–11.

Komang Agus Indrayasa, I Putu Panca Adi, & Ni Putu Dwi Sucita Dartini. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Pjoktema Diriku Pada Peserta Didik Kelas 1 Sd Di Kecamatan Buleleng. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 108–113. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1142

Lestari, N., Mardyansyah Simbolon, M. E., Monica, M., Armanto, T., & Alfarras, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Media Audio Visual saat Pandemi Covid-19 di Bangka Belitung. Riyadhoh?: Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 1. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4231

Rasiban, L. M. (2013). Penerapan Student Centered Learning (Scl) Melalui Metode Mnemonik Dengan Teknik Asosiasi Pada Mata Kuliah Kanji Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 180. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v13i2.290

Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224.

Yakob, M., Marzuki, Tamagola, R. H. A., & Jon, E. (2024). Inovasi Dalam Pembelajaran Model, Metode, dan Aplikasi. PT Media Penerbit Indonesia.

Zativalen, O., Irmaningrum, R. N., & Husna, A. (2022). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap kreativitas mahasiswa program studi pgsd pada mata kuliah sumber dan media pembelajaran. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Sulistyaningsih, M. ., Sartipa, D. ., Sukini, S. ., Julina, S. ., Buana, L. S. A. ., & Pane, S. . (2024). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI: APAKAH EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI?. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17085–17089. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38573

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.