PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS K13 DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA KELAS VIII MTS AL-MUBARAK TACIPI

Authors

  • Harman Jaya Universitas Muhammadiyah Bone
  • Sirwanti Sirwanti Universitas Muhammadiyah Bone
  • Naimah Paronda Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38460

Keywords:

Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Kurikulum Merdeka.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kelayakan dan Kepraktisan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis K13 dalam Implementasi Kurikulum Merdeka kelas VIII MTs Al-Mubarak Tacipi. Peneliti ini menggunakan model pengembangan 4D. Perangkat pembelajaran ini sudah dikembangkan dan dilakukan validasi oleh ahli dan guru untuk mengetahui tingkat kelayakan. Dan dilakukan uji coba untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran matematika berupa modul ajar pada materi pola bilangan. Adapun tingkat kelayakan dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada tahap validasi, diperoleh hasil validasi 88% dengan kategori sangat layak. Adapun tingkat kepraktisan dan kefektifian dari perangkat pembelajaran yang diuji coba dapat dilihat dari angket keterlaksanaan pembelajaran 100% dengan kategori sangat baik, angket aktivitas siswa 82.8% dengan kategori aktif, dan angket respons siswa 87.85% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis K13 dalam Implementasi Kurikulum Merdeka kelas VIII MTs Al-Mubarak Tacipi layak, praktis dan efektif untuk digunakan.

References

Ahmad nurhakim. (2023). Menyusun Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka dan Contoh SMA, SMP, SD. Quipper Blog. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/perangkat-ajar-kurikulum-merdeka/

Aini, K., & Kurniawan, R. Y. (2022). Pengembangan E-Modul Dengan Strategi 5M Merdeka Belajar Penunjang Blended Learning Mata Pelajaran Ekonomi. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, VI(Vol 6 No 2), 145–158. https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5480

Ammariah, H. (2022). Konsep Barisan & Deret Aritmetika, Rumus, serta Contoh Soal | Matematika Kelas 11. Ruang_guru. https://www.ruangguru.com/blog/konsep-barisan-dan-deret-aritmetika

Ariga, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225

Arimby, A. (2018). Pola Bilangan, Barisan dan Deret (p. 35).

Arrohmah. (2023). Kurikulum merdeka belajar: Pengertian, Tujuan, dan Latar Belakang. Arrohmah.Id. https://arrohmah.co.id/kurikulum-merdeka-belajar-pengertian-tujuan-latar-belakang/#:~:text=Latar belakang Kurikulum Merdeka Belajar adalah hasil PISA yang menunjukkan,dan dampak pandemi COVID-19.

Arulampalam Kunaraj, P.Chelvanathan, Ahmad AA Bakar, I. Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. In Journal of Engineering Research.

Belajareradigital. (2022). Penting!!! Perbedaan Kurikulum Merdeka Dengan Kurikulum 2013. Belajar Era Diqital. https://youtu.be/9uy5sudKvjs?si=LhD52pDdG9DhfzS1

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Dasar, D. S. (2024). propil pelajar pancasila. Media Center Direktorat Sekolah Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Islamika, 1(2), 35–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193

Fatih, M. Al, Alfieridho, A., Sembiring, F. M., & Fadilla, H. (2022). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Implementasinya di SD Terpadu Muhammadiyah 36. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 421–427. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2260

Herlina, vilda yulliana. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Peluang.

Hutabarat, A. K., Napitupulu, D. R., Manalu, E. W., & ... (2023). Analisis Perbedaan Manajemen Dalam Kurikulum 2013 (K13) Dengan Kurikulum Merdeka Di Satuan Pendidikan Dasar. PeTeKa, 6, 145–157. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/download/9229/5549

Jawab, P., Gtk, D., Direktorat, M., Pendidikan, J., Kementerian, I., Republik, A., Penyusun, I., Kusmayanti, V., Euis, Y., Najmi, S., & Zaimah, U. H. (2020). Pola Bilangan, Barisan dan Deret MATA PELAJARAN MATEMATIKA MADRASAH TSANAWIYAH.

juanda firzal. (2022). Perbedaan Istilah Kurikulum 2023 dan Kurikulum Merdeka. Wakil Kurikulum. https://youtu.be/kDh9vsq5VeQ?si=UkWCl5cG5sJdNHNi

Kyra Cholissofie. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Terintegrasi Dengan Etnosains Pada Materi Momentum Dan Impuls.

Lidiyah AN. (2023). Definisi Perangkat Pembelajaran Yang Baik Beserta Syaratnya. Niakpangkat .Com. https://naikpangkat.com/definisi-perangkat-pembelajaran-yang-baik-beserta-syaratnya/

Masitah. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Memfasilitasi Guru Menumbuhkan Rasa Tangung Jawab Siswa SD terhadap Masalah Banjir Development of Learning Devices to Facilitate Teachers Grow the Responsibility of Elementary School Students to the Flood Problem . Proceeding Biology Education Conference, 5(1), 40–44.

Muharani. (2018). kurikulum 2013. Ekp, 13, 113–121.

Pesantren, P. (2020). Pola Bilangan Kelas Vii. LKS Metode Sorokan, 47–61.

Rahmawati, A. N. (2018). Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 114. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.14227

Sitorus, E. H. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Smp Negeri 6 Medan. Jurnal Inspiratif, 5(1), 12–36.

Sugiono. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Activity terhadap Pembentukan Karakter Sosial dan Pemahaman Konsep. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Sugiyono. (2022). metode penelitian dan pengembangan (research and development/ R&D) (M. S. Sofia Yustiani Suryandari, S.E. (ed.)). ALVABETA. www.cvalfabeta.com

Sukatin, Siti Ariska Nur Hasanah, Oktavia Ningsi, Retno Intan Pratiwi, & Warjad Subagia. (2023). Perkembangan Pendidikan di Era 5.0. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 78–86. https://doi.org/10.58540/pijar.v1i1.117

Swawikanti, K. (2022). Mempelajari Barisan dan Deret Geometri | Matematika Kelas 11. Ruang_guru. https://www.ruangguru.com/blog/barisan-dan-deret-geometri

Utami, S. N. (2022). Kurikulum: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Komponennya. Compas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2021/07/02/101008069/kurikulum-pengertian-fungsi-tujuan-dan-komponennya?page=all

Wilman juniardi. (2023). Perangkat Pembelajaran K13: Pengertian, Jenis, dan Contohnya. Quipper Blog. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/perangakat-pembelajaran-k13/

Windayanti, Mihrab Afnanda, Ria Agustina, Emanuel B S Kase, Muh Safar, & Sabil Mokodenseho. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056–2063.

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Jaya , H., Sirwanti, S., & Paronda, N. . (2024). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS K13 DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA KELAS VIII MTS AL-MUBARAK TACIPI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 16923–16934. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38460

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.