PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS K13 DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA KELAS VIII MTS AL-MUBARAK TACIPI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38460Keywords:
Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Kurikulum Merdeka.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kelayakan dan Kepraktisan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis K13 dalam Implementasi Kurikulum Merdeka kelas VIII MTs Al-Mubarak Tacipi. Peneliti ini menggunakan model pengembangan 4D. Perangkat pembelajaran ini sudah dikembangkan dan dilakukan validasi oleh ahli dan guru untuk mengetahui tingkat kelayakan. Dan dilakukan uji coba untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran matematika berupa modul ajar pada materi pola bilangan. Adapun tingkat kelayakan dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada tahap validasi, diperoleh hasil validasi 88% dengan kategori sangat layak. Adapun tingkat kepraktisan dan kefektifian dari perangkat pembelajaran yang diuji coba dapat dilihat dari angket keterlaksanaan pembelajaran 100% dengan kategori sangat baik, angket aktivitas siswa 82.8% dengan kategori aktif, dan angket respons siswa 87.85% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis K13 dalam Implementasi Kurikulum Merdeka kelas VIII MTs Al-Mubarak Tacipi layak, praktis dan efektif untuk digunakan.References
Ahmad nurhakim. (2023). Menyusun Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka dan Contoh SMA, SMP, SD. Quipper Blog. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/perangkat-ajar-kurikulum-merdeka/
Aini, K., & Kurniawan, R. Y. (2022). Pengembangan E-Modul Dengan Strategi 5M Merdeka Belajar Penunjang Blended Learning Mata Pelajaran Ekonomi. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, VI(Vol 6 No 2), 145–158. https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5480
Ammariah, H. (2022). Konsep Barisan & Deret Aritmetika, Rumus, serta Contoh Soal | Matematika Kelas 11. Ruang_guru. https://www.ruangguru.com/blog/konsep-barisan-dan-deret-aritmetika
Ariga, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225
Arimby, A. (2018). Pola Bilangan, Barisan dan Deret (p. 35).
Arrohmah. (2023). Kurikulum merdeka belajar: Pengertian, Tujuan, dan Latar Belakang. Arrohmah.Id. https://arrohmah.co.id/kurikulum-merdeka-belajar-pengertian-tujuan-latar-belakang/#:~:text=Latar belakang Kurikulum Merdeka Belajar adalah hasil PISA yang menunjukkan,dan dampak pandemi COVID-19.
Arulampalam Kunaraj, P.Chelvanathan, Ahmad AA Bakar, I. Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. In Journal of Engineering Research.
Belajareradigital. (2022). Penting!!! Perbedaan Kurikulum Merdeka Dengan Kurikulum 2013. Belajar Era Diqital. https://youtu.be/9uy5sudKvjs?si=LhD52pDdG9DhfzS1
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Dasar, D. S. (2024). propil pelajar pancasila. Media Center Direktorat Sekolah Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Islamika, 1(2), 35–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193
Fatih, M. Al, Alfieridho, A., Sembiring, F. M., & Fadilla, H. (2022). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Implementasinya di SD Terpadu Muhammadiyah 36. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 421–427. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2260
Herlina, vilda yulliana. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Peluang.
Hutabarat, A. K., Napitupulu, D. R., Manalu, E. W., & ... (2023). Analisis Perbedaan Manajemen Dalam Kurikulum 2013 (K13) Dengan Kurikulum Merdeka Di Satuan Pendidikan Dasar. PeTeKa, 6, 145–157. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/download/9229/5549
Jawab, P., Gtk, D., Direktorat, M., Pendidikan, J., Kementerian, I., Republik, A., Penyusun, I., Kusmayanti, V., Euis, Y., Najmi, S., & Zaimah, U. H. (2020). Pola Bilangan, Barisan dan Deret MATA PELAJARAN MATEMATIKA MADRASAH TSANAWIYAH.
juanda firzal. (2022). Perbedaan Istilah Kurikulum 2023 dan Kurikulum Merdeka. Wakil Kurikulum. https://youtu.be/kDh9vsq5VeQ?si=UkWCl5cG5sJdNHNi
Kyra Cholissofie. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Terintegrasi Dengan Etnosains Pada Materi Momentum Dan Impuls.
Lidiyah AN. (2023). Definisi Perangkat Pembelajaran Yang Baik Beserta Syaratnya. Niakpangkat .Com. https://naikpangkat.com/definisi-perangkat-pembelajaran-yang-baik-beserta-syaratnya/
Masitah. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Memfasilitasi Guru Menumbuhkan Rasa Tangung Jawab Siswa SD terhadap Masalah Banjir Development of Learning Devices to Facilitate Teachers Grow the Responsibility of Elementary School Students to the Flood Problem . Proceeding Biology Education Conference, 5(1), 40–44.
Muharani. (2018). kurikulum 2013. Ekp, 13, 113–121.
Pesantren, P. (2020). Pola Bilangan Kelas Vii. LKS Metode Sorokan, 47–61.
Rahmawati, A. N. (2018). Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 114. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.14227
Sitorus, E. H. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Smp Negeri 6 Medan. Jurnal Inspiratif, 5(1), 12–36.
Sugiono. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Activity terhadap Pembentukan Karakter Sosial dan Pemahaman Konsep. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Sugiyono. (2022). metode penelitian dan pengembangan (research and development/ R&D) (M. S. Sofia Yustiani Suryandari, S.E. (ed.)). ALVABETA. www.cvalfabeta.com
Sukatin, Siti Ariska Nur Hasanah, Oktavia Ningsi, Retno Intan Pratiwi, & Warjad Subagia. (2023). Perkembangan Pendidikan di Era 5.0. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 78–86. https://doi.org/10.58540/pijar.v1i1.117
Swawikanti, K. (2022). Mempelajari Barisan dan Deret Geometri | Matematika Kelas 11. Ruang_guru. https://www.ruangguru.com/blog/barisan-dan-deret-geometri
Utami, S. N. (2022). Kurikulum: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Komponennya. Compas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2021/07/02/101008069/kurikulum-pengertian-fungsi-tujuan-dan-komponennya?page=all
Wilman juniardi. (2023). Perangkat Pembelajaran K13: Pengertian, Jenis, dan Contohnya. Quipper Blog. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/perangakat-pembelajaran-k13/
Windayanti, Mihrab Afnanda, Ria Agustina, Emanuel B S Kase, Muh Safar, & Sabil Mokodenseho. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056–2063.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Harman Jaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.