PENGEMBANGAN ATAU PENULISAN KOMIK MINI BERGAMBAR DENGAN TEMA “GEGENSTÄNDE IN DER SCHULE”

Authors

  • Miftahul Jannah Universitas Negeri Medan
  • Ida Mariana Samosir Universitas Negeri Medan
  • Cindy Samaria Simorangkir Universitas Negeri Medan
  • Dinda Oktaveresia Sitorus Universitas Negeri Medan
  • Deviana Claudia Habeahan Universitas Negeri Medan
  • Edo Clinton Damanik Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38266

Keywords:

Komik Mini Bergambar, Bahasa Jerman, Media Pembelajaran, Gegenstände in der Schule, R&D

Abstract

Komik mini bergambar merupakan salah satu media pembelajaran inovatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik mini bergambar berbahasa Jerman dengan tema Gegenstände in der Schule sebagai alat bantu pembelajaran untuk siswa/i MAN 1 Medan. Pengembangan media ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan pendekatan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi efektivitas media pembelajaran tersebut dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap kosakata dan konsep benda-benda di sekolah dalam bahasa Jerman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan komik mini bergambar mampu meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar bahasa Jerman. Media ini memberikan visualisasi yang menarik sehingga mempermudah siswa memahami materi tanpa bergantung pada kamus. Selain itu, komik ini mendukung program "Merdeka Belajar" dengan memberikan siswa kesempatan belajar secara mandiri. Produk akhir penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif bahan ajar yang menarik dan relevan dalam pembelajaran bahasa Jerman di tingkat sekolah menengah.

References

Agsaenanda, I. (2020). Pengembangan media komik strip sebagai media pembelajaran keterampilan membaca siswa kelas X SMA Negeri 1 Krian. LATERNE, 9(1).

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran: Prinsip dan Penerapan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 68-76.

Budiarti, R. (2015). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84-96.

Guntur, M., Sahronih, S., & Ismuwardani, Z. (2023). Pengembangan Komik Sebagai Media Belajar Matematika Di Sekolah DasaR. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 8(1), 34-44.

Mahendra, E. R., Siantoro, G., & Pramono, M. (2021). Pengembangan komik pendidikan sebagai media pembelajaran dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Education and Development, 9(1), 279-279.

Mayasari, R., Sapri, J., & Turdjai, T. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Jerman Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kosakata dan Keterampilan Berbicara (Studi Pengembangan di SMAN 2 Kota Bengkulu). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1), 88-98.

Sapriyah, S. (2019, May). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 470-477).

Syahmi, N., & Hasanah, L. (2020).Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Smartphone untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 59-67.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Jannah, M., Samosir, I. M., Simorangkir, C. S., Sitorus, D. O., Habeahan, D. C., & Damanik, E. C. (2024). PENGEMBANGAN ATAU PENULISAN KOMIK MINI BERGAMBAR DENGAN TEMA “GEGENSTÄNDE IN DER SCHULE”. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 18468–18473. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38266

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)