STUDI MISKONSEPSI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPTUAL PRINSIP KETIDAKPASTIAN HEISENBERG MENGGUNAKAN SIMULASI PHET PADA MAHASISWA FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Authors

  • Mike Vanesa Pitaloka Universitas Negeri Medan
  • Nazwa Hafni Universitas Negeri Medan
  • Rodearsen Sihombing Universitas Negeri Medan
  • Welki Bahri Sigiro Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38088

Keywords:

Miskonsepsi, Ketidakpastian Heisenberg, Penelitian, Simulasi Phet, Mahasiswa, Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi miskonsepsi pada mahasiswa di universitas negeri medan terhadap konsep prinsip Heisenberg. Medode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen. hasil yang ditampilkan menunjukkan bahwa simulasi PhET dapat mengurangi miskonsepsi pada siswa dan meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa simulasi PhET dapat digunakan untuk pembelajaran konsep – konsep fisika yang memiliki tingkat kompleksitas tinggi.

References

Hernández-de-Menéndez, M., Vallejo Guevara, A., & Morales-Menendez, R. (2019). Virtual reality laboratories: a review of experiences. International Journal on Interactive Design and Manufacturing (IJIDeM), 13, 947-966.

Riantoni, C., Astalini, A., & Darmaji, D. (2019). Studi penggunaan PhET Interactive Simulations dalam pembelajaran fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 71-75.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Pitaloka, M. V., Hafni, N., Sihombing, R., & Sigiro, W. B. (2024). STUDI MISKONSEPSI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPTUAL PRINSIP KETIDAKPASTIAN HEISENBERG MENGGUNAKAN SIMULASI PHET PADA MAHASISWA FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 18802–18805. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38088