PROFICIENCY OF FOREIGN LANGUAGE STUDENTS IN WRITING DESCRIPTIVE TEXTS IN RELATION TO THEIR MASTERY OF VOCABULARY AND TENSE

Authors

  • Juni Hartiwi ITBA Dian Cipta Cendikia
  • Nila Sari Dewi ITBA Dian Cipta Cendikia
  • Adhi Nurhartanto Universitas Mitra Indonesia
  • Sulastri Sulastri Universitas Satu Nusa Lampun
  • Astirini Swarastuti ITBA Dian Cipta Cendikia
  • Desti Nurdianti ITBA Dian Cipta Cendikia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37554

Keywords:

Tense, Kosakata, Kemampuan Menulis, Teks Deskriptif

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah kemahiran siswa dalam kosakata dan tenses berkorelasi, apakah kemahiran siswa dalam kosakata dan kemampuan menulis teks deskriptif berkorelasi, apakah kemahiran siswa dalam tenses berkorelasi dengan kemahiran mereka dalam menulis teks deskriptif, dan apakah kemahiran siswa dalam kosa kata dan tense berkorelasi dengan kemahiran mereka dalam menulis teks deskriptif. Metode deskriptif kuantitatif adalah pendekatan yang dilakukan. Ada 60 siswa yang tersebar di tiga ruang kelas. Terdapat 25 sampel. Pengambilan sampel acak proporsional berstrata adalah metode yang digunakan untuk pengambilan sampel. Tes berfungsi untuk mengumpulkan data. Para peneliti menggunakan rumus korelasi Spearman untuk menganalisis data dan memperoleh hasil berdasarkan analisis data. Peneliti juga memperoleh kesimpulan sebagai berikut berdasarkan analisis data: rhitung > rtabel = 0,79> 0,396 untuk ?= 0,05. Ha masuk. Ini menunjukkan hubungan antara kemahiran siswa dalam kosakata dan tenses serta kapasitas mereka dalam menulis teks deskriptif. Para peneliti sampai pada kesimpulan bahwa jika siswa telah menguasai kosakata dan tenses, mereka dapat menyusun teks. Oleh karena itu, guru bahasa Inggris harus lebih fokus dalam membantu siswanya belajar dan mempraktikkan bahasa Inggris mereka.

References

Anderson, Mark. And Kathy Anderson. (1998). Text Types in English. Australia: MacMillan Education.

Azar, B.S. (1992). Understanding and Using English Grammar. Englewood Cliffs: Prentice Hall

Bhatia, H.S. (1995). Comprehensive High School English Grammar & Composition. First Published. New Delhi: Book Palace.

Brown, H.D. (2001). Teaching by Principles an Interactive Approach to Language Pedagogy. Second Edition. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Cameron, Lynne. (2001). Teaching Language Young Learners. United Kingdom: Cambridge University Press.

Geyser, J.P. (2007). English to the world : Teaching Writing Made Easy. Selangor: August Publishing.

Harmer, Jeremy. (2001). The Practice of English Language Teaching. Third Edition. England: Pearson Education.

Hartono (2003). Belajar Menerjemahkan: Teori dan Praktik. Malang: UMM Press

Hornby, A.S. 1995. Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English (5thEdition). Oxford: Oxford University Press.

Joyce, H. De Silva, et. Al. (2004). Developing Writing Skill 2. Australia: Phoenix Education.

Larson, M. L. (1994). Meaning-Based Translation: a Guided to Cross-Language Equivalent. Lanham, MD: University Press of America.

Marhamah. (2017). The Correlation between the Eleventh Grade Students’ Mastery of Simple Past Tense and their Writing of Narrative Text Ability at MA NIPI RAKHA. Amuntai: Unpublished Thesis.

Murcia, M.C. (2001). Teaching English as a Second Foreign Language. Third Edition. USA: A Division of Thomson Learning, Inc.

Nation, Paul. (2001). Learning Vocabulary in another Language. Part of chapter 1. I.S.P Nation.

Richards, Jack C. and Theodore S. Rodgers. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching, New York: Cambridge University Press.

Thornbury, Scott. (2002). How to Teach Vocabulary. New York: Longman Publishing.

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Hartiwi, J. ., Dewi, N. S. ., Nurhartanto, A. ., Sulastri, S., Swarastuti, A. ., & Nurdianti, D. . (2024). PROFICIENCY OF FOREIGN LANGUAGE STUDENTS IN WRITING DESCRIPTIVE TEXTS IN RELATION TO THEIR MASTERY OF VOCABULARY AND TENSE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16399–16404. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37554