ANALISIS EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI SISTEM PENJUALAN ONLINE BERBASIS RITEL DAN POLA KEMITRAAN TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS ONLINE SHOP BRAND ZINNIA)

Authors

  • Lenni Lukitasari Univesitas Teknologi Digital Bandung
  • Linda Yulianti Univesitas Teknologi Digital Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37500

Keywords:

Sistem Penjualan Online Ritel, Pola Kemitraan, Volume Penjualan

Abstract

Penjualan online telah menjadi salah satu strategi krusial bagi pelaku bisnis ritel maupun pola kemitraan dalam menghadapi dinamika pasar yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam efektivitas implementasi sistem penjualan online berbasis ritel dan pola kemitraan terhadap peningkatan volume penjualan dengan fokus pada studi kasus Online Shop Brand Zinnia. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif guna menggambarkan fenomena yang ada serta memperoleh pemahaman tentang efektivitas implementasi sistem penjualan online untuk peningkatan volume penjualan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu melalui observasi dan wawancara yang dilakukan pada pemilik atau owner Zinnia, manajer produksi, admin penjualan, distributor, reseller dan konsumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemasaran ritel Zinnia belum memberikan peningkatan volume penjualan tetapi berhasil meningkatkan jumlah pengikut atau followers di media sosial. Sedangkan implementasi sistem penjualan online berbasis pola kemitraan memiliki dampak positif terhadap volume penjualan Zinnia. Kolaborasi yang kuat dengan mitra Zinnia, seperti penyedia logistik dan platform web, memungkinkan Zinnia untuk meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan volume penjualan.

References

Chaniago, H. (2021). Manajemen Ritel & Implementasinya. Bandung: Edukasi Riset Digital PT.

Damayanti, A. (2020). Analisis Mekanisme Reseller dan Dropshipper dalam Bisnis Online Perspekstif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Ulfa Hijab Store Tulungagung). EKSYAR: Jurnal Ekonomi Syari'ah & Bisnis Islam, 7(2), 74-97.

Fatimatuzzuhro, V. (2017). Analisis Sistem Penjualan Produk Berbasis Online Koperasi Serba Usaha Padurenan Jaya Kudus (Doctoral dissertation, STAIN KUDUS).

Haeril, M. (2022). Pola Kemitraan Distributor dan Reseller Online Shop di Kota Parepare (Analisis Ekonomi Islam) (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Larasati, S. (2018). Manajemen sumber daya manusia. Deepublish.

Martoyo, A., Susilawati, E., Kusumawardhani, N., Dawis, A. M., Novalia, N., Fransisca, Y & Nurlaila, Q. (2022). Manajemen Bisnis. Tohar Media.

Rahmadini, A. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Penjualan Eceran Online Terhadap Kepuasan Konsumen Ritel Findhis Shop (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Rizki, D. C. (2021). Pola Kemitraan Berbasis Modal Sosial Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Pada Kub Griya Kreatif Desa Kedungwringin Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas) (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Sundari, A., & Syaikhudin, A. Y. (2021). Manajemen ritel (Teori dan strategi dalam bisnis ritel). Academia Publication.

Sunyoto, D., & Mulyono, A. (2022). Manajemen Bisnis Ritel.

Utami, C. W., & Bernardus, D. (2016). Analisis Kebijakan Pengembangan Pola Kemitraan Ritel Skala Kecil untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran dan Daya Tahan Usaha (Studi pada Ritel Perdagangan di Jawa Timur).

Downloads

Published

2024-11-13

How to Cite

Lukitasari, L. ., & Yulianti, L. . (2024). ANALISIS EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI SISTEM PENJUALAN ONLINE BERBASIS RITEL DAN POLA KEMITRAAN TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS ONLINE SHOP BRAND ZINNIA). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16292–16299. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37500