KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @KABARPESSEL

Authors

  • Nadila Permata Sari Universitas Negeri Padang
  • Ardoni Ardoni Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36489

Keywords:

Kebutuhan Informasi, Followers, Instagram @kabarpessel, Teori Belkin (1982)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah akun Instagram @kaabrpessel memenuhi kebutuhan informasi followers-nya dengan indikator state of knowledge, information need, information seeking, information evaluation, dan information use. Penelitian ini berimplikasi pada pemenuhan kebutuhan informasi followers akun Instagram @kabarpessel. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner berupa google form. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kebutuhan informasi followers akun Instagram @kabarpessel. Pertama keadaan pengetahuan dalam kebutuhan informasi followers akun Instagram @kabarpessel terhitung tinggi dengan persentase 84,75%. Kedua, kebutuhan informasi followers akun Instagram @kabarpessel terhitung tinggi dengan persentase 89,25%. Ketiga, pencarian informasi followers akun Instagram @kabarpessel terhitung sangat tinggi dengan persentase 93,62%. Keempat, evaluasi informasi dalam kebutuhan informasi followers akun Instagram @kabarpessel terhitung tinggi dengan persentase  88,5%. Kelima, penggunaan informasi dalam kebutuhan informasi followers akun Instagram @kabarpessel terhitung tinngi  dengan persentase 80%.

References

Aprilia, M. P. (2020). Pencarian Informasi oleh Foodie pada Foto Makanan di Instagram. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 56-66.

Belkin, N.J., Oddy, R.N., & Brooks, H.M. (1982). "ASK for information retrieval: Part I. Background and theory." Journal of Documentation, 38(2), 61-71.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.

Deanawa, N. A. (2016). Analisis Kebutuhan Informasi (Information need assesment) Lansia di Kota Surabaya. Adln_Perpustakaan Universitas Airlangga, I2.

Fathiyyah, R. N., & Rina, N. (2019). Pengaruh Kredibilitas Youtuber Terhadap Sikap Penonton Pada Channel Youtube Atta Halilintar. Journal Acta Diurna 15(2), 98–118.

Fauziyyah, S. N., & Rina, N. (2020). Literasi Media Digital: Efektivitas Akun Instagram@ infobandungraya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers: MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 13-24.

Fauziyyah, S. N., & Rina, N. (2020). Literasi Media Digital: Efektivitas Akun Instagram@ infobandungraya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers:-. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 13-24.

Fidyastari. (2019). Perilaku Pencarian Informasi Melalui Internet Oleh Guru Sma Islamic Village Tangerang (Skripsi Sarjana, Fakultas Adab & Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Githa, S. M., & Binastuti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Sign Language Interpreter (Penerjemah Bahasa Isyarat) terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Program Berita Buletin Inews Siang GTV Pada Siswa SMPLB & SMALB Kota Depok. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(01).

Jackson, C. A., & Luchner, A. F. (2018). Self-presentation mediates the relationship between self-criticism and emotional response to Instagram feedback. Personality and Individual Differences, 133, 1-6.

Mardianti, P., Supratman, L. P., & Rina, N. (2019). Studi Fenomenologi Tentang Komunikasi Interpersonal Pada Online Dating RumahTaaruf.com. Journal Communication Spectrum: Capturing New Perspectives in Communication 9(1), 54–63.

Masitoh, S., Nursanta, E., & Wulandari, C. (2022). Pengaruh Nilai Berita Dan Kredibilitas Media Akun Instagram@ kompascom Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 31-41.

Putri, N. A., Prijana, P., & Rohman, A. S. (2023). Hubungan Kualitas Informasi Akun Instagram @seputar.aespa dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi followers. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 17(2), 119-140.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Syawqi, A. H. (2016). Mahar dan harga diri perempuan: Studi kasus pasangan suami isteri di Kecamatan Singosari dan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Downloads

Published

2024-10-26

How to Cite

Sari , N. P., & Ardoni , A. . (2024). KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @KABARPESSEL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15328–15337. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36489