ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI VIRUS KELAS XI SMAN 5 SAMARINDA PADA TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Aulia Karimah Universitas Mulawarman
  • Masitah Masitah Universitas Mulawarman
  • Herliani Herliani Universitas Mulawarman
  • Sri Purwati Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36364

Keywords:

Kesulitan Belajar, Faktor Kesulitan Belajar, Virus

Abstract

Analysis of Student Learning Difficulties in Learning Biology on Virus Material for Class XI SMAN 5 Samarinda in the 2023/2024 Academic Year. This research aims to describe and analyze learning difficulties and the factors that cause students' learning difficulties in viral material. This research uses a descriptive method with a quantitative approach. The technique used in sampling in this research was purposive sampling with classes XI-2 and XI-3. The data analysis method in this research is descriptive statistics for analysis. The results of this research show that the factors causing students' learning difficulties come from internal factors amounting to 69% and external factors amounting to 65% belonging to the high influential criteria. The factor that causes the highest learning difficulties from internal factors is the talent indicator at 79%, while the factor that causes the highest learning difficulties from external factors is the teacher-student relationship indicator at 77%.

References

Anggraini, I A., dkk. 2020. Analisis minat dan bakat peserta didik terhadap pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 7 No. 1, hal. 24.

Dewi, S. L. 2021. Pengaruh Metode Mengajar Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 4 No. 4, hal. 761.

Dwiyono, Y., & Tasik, H. K. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Samarinda Ulu. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur. Vol 1 No. 48, hal. 10.

Fithriani, F. 2021. Peran Orang Tua Memberikan Motivasi Terhadap Prestasi Anak Dalam Keluarga. Intelektualita. Vol. 9 No. 2, hal. 2.

Imamuddin, M. I. M., dkk. 2020. Analisis Faktor Internal dan Eksternal Kesulitan Belajar Siswa Madrasah Dalam Belajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol. 4 No. 1, hal. 17.

Iswara, W. H., dkk. 2021. Identifikasi Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Narmada Selama Pandemi Covid-19. Chemistry Education Practice. Vol. 4 No. 3, hal. 248.

Marinda, L. 2020. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman. Vol. 13 No. 1, hal. 126.

Musab, I., & Witri, G. 2019. Faktor Ekstrinsik yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Se-Gugus 2 Kecamatan Sail Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 8 No. 1, hal. 10.

Ndruru, A. 2023. Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas VII SMP Negeri 4 Amandraya. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 4 No. 1, hal. 26.

Nur, M. C., & Solikin, M. 2017. Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Teknik Sepeda Motor. E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1. Vol. 18 No. 1, hal. 56.

Nusroh, S., & Luthfi, E. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 5 No. 1, hal. 86.

Pamessangi, A. A. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palopo. Journal of Arabic Language Education. Vol. 2 No. 1, hal. 19.

Putrie, C. A. R. 2021. Pengaruh Regulasi Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS. Research and Development Journal of Education. Vol. 7 No. 1, hal. 141.

Ridhoi, M. 2022. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Miftahul Ulum Pandanwangi. Jurnal e-Du Math. Vol. 8 No. 2, hal. 126.

Rima, T., dkk. 2020. Pengaruh sarapan terhadap konsentrasi belajar mahasiswa. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 4 No. 1, hal. 27.

Rufaida, E. 2021. Student Learning Readiness In The Teaching And Learning Process In Elementary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies. Vol. 4, No. 6, hal. 310.

Salsabila, A., & Puspitasari, P. 2020. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa. Vol. 2 No. 2, hal. 285.

Saputra, G. Y., & Aguss, R. M. 2021. Minat Siswa Kelas VII dan VIII dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP Negeri 15 Mesuji. Journal Of Physical Education. Vol. 2 No.1, hal. 19.

Wahidin, W. 2020. Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal pancar (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar). Vol. 3 No. 1, hal. 244.

Yeddawati., dkk. 2020. Motivasi dan Perhatian Siswa Serta Pengaruhnya Terhadap Hasil Pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama. Inovasi Pendidikan. Vol. 7 No. 2, hal. 147.

Zega, J., & Zebua, S. 2023. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Tuhemberua Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 5 No. 4, hal. 666.

Zulfi, R. A., & Syofyan, R. 2021. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ecogen. Vol. 4 No. 4, hal. 547.

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Karimah, A. ., Masitah, M., Herliani, H., & Purwati, S. . (2024). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI VIRUS KELAS XI SMAN 5 SAMARINDA PADA TAHUN AJARAN 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16059–16067. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36364