ANALISIS KESALAHAN PENULISAN KALIMAT EFEKTIF DALAM SINOPSIS CERPEN SISWA KELAS VII.5 SMP NEGERI 3 BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35515Keywords:
Kesalahan, Kalimat Efektif, Sinopsis, CerpenAbstract
Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang bersifat kompleks. Kompleks dalam artian bahwa di dalam kegiatan menulis, seorang siswa harus memiliki pengetahuan terkait dengan sistem tata bahasa yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penulisan kalimat efektif yang ditemukan dalam sinopsis cerpen yang ditulis oleh siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP N 3 Batang Anai. Subjek di dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 31 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data penelitian diambil melalui tes unjuk kerja menulis sinopsis cerpen yang ditulis oleh siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa masih memiliki banyak kelemahan di dalam penulisan kalimat efektif sehingga guru perlu memberikan perhatian yang lebih terkait dengan pengajaran keterampilan menulis efektif ini kepada siswa.References
Ellis, Rod. 1995. The Study of Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.
Khalik, Idham. “Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Sebagai Terapi Ekspresif Terhadap Emosi Pada Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Kota Jambi”. Jurnal Literasiologi Volume 6 Nomor 2, (online), https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/download/253/251/973, diakses tanggal 20 September 2024.
Listika, dkk. 2019. “Penggunaan Kalimat Efektif pada Artikelopen Journal System (Ojs) Korpus”. Jurnal Ilmiah Korpus Volume 3 Nomor 2, (online), https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/download/10202/5101/22914, diakses tanggal 20 September 2024.
Semi, Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.
Zaidan, Abdul Rozak ddk. 2007. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ermi Rosmita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.