DAMPAK GAME ONLINE PADA ANAK SEKOLAH DASAR TERHADAP KESOPANAN BERBICARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34721Keywords:
Game Online; Kesopanan Berbicara; Dampak NegatifAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi dampak game online terhadap kesopanan berbicara anak sekolah dasar dengan pendekatan kualitatif. Dilaksanakan di salah satu sekolah dasar di Kabupaten Langkat, penelitian melibatkan 30 siswa kelas 1 hingga 6 SD yang dipilih secara purposive berdasarkan keaktifan bermain game online. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game online berdampak signifikan terhadap kesopanan berbicara anak-anak. Sebagian besar siswa melaporkan penggunaan bahasa kasar dan nada bicara yang tidak sopan saat berinteraksi dengan teman dan orang dewasa. Selain itu, kecenderungan untuk berinteraksi di dunia virtual mengakibatkan penurunan keterampilan sosial dan kesulitan dalam hubungan interpersonal. Meskipun ada beberapa dampak positif, seperti peningkatan keterampilan bahasa, dampak negatif terhadap kesopanan berbicara lebih menonjol. Penelitian ini menekankan pentingnya peran guru dan orang tua dalam mendidik anak-anak tentang komunikasi yang sopan di era digital.References
Affandi, M. (2013). Pengaruh Game Online Terhadap Tingkat Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pada Kalangan Pelajar Kelas 5 Sdn 009 Samarinda. Ejournal Limu Komunikasi, 1(4), 178.
Ajibolade, S.O & Uwuigbe, U. (2013). Effects of Corporate Governance on Corporate Social and Environmental Disclosure among Listed Firms in Nigeria. European Journal of Business and Social Sciences, 2, 76–92.
Alia, T. & Irwansyah, I. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 65.
Amran, A. dkk. (2020). Kecanduan Game Online Mobile Legends dan Emosi Siswa SMAN 3 BAtusangkar. Jurnal Patriot, 2(4).
Anisah, A. S. dkk. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 434.
Braun, V & Clarke, V. (2006). Using Thematic Analysis In Psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101.
Chariri, A. (2009). Landasan Filsafat dan Metode Peneklitian Kualitatif (paper disa). semarang: Laboratorium Pengembangan Akuntansi (LPA), Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Evanne, L. dkk. (2021). Dampak Game Online Terhadap MOtivasi Belajar dan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Selatan. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 55.
Ismi, N & Akmal, A. (2020). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal Of Civic Education, 3(1), 1–10.
Mirza Farhani Adam & Abdul Rahman. (2023). Dampak Game Online Bagi Pelajar. Journal of Art, Humanity & Social Studies, 3(2), 2747–2671.
Zuchri Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Gorontalo: Syakir Media Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul Fadhilah, Fani Zanemi, Azimah Azzahra, Harun Al Rasyid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.