MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN “EXPERIENTIAL LEARNING” PADA SISWA KELAS X TSM1 SMK NEGERI 4 MEDAN

Authors

  • Andini Sukma Rindayu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Tepu Sitepu Universitas Negeri Medan
  • Jumari Sinaga Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34710

Keywords:

Kemampuan Menulis, Teks Laporan Hasil Observasi, Dan Pendekatan Experiential Learning.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X TSM1 SMK Negeri 4 Medan dengan menggunakan pendekatan Experiential Learning. Experiential learning merupakan sebuah pendekatan pembelajaran berbasis pengalaman yang meliputi empat tahapan yaitu mengalami (experiencing), refleksi diri (reflecting), berpikir (thinking), dan melakukan (acting). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 4 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TSM1 yang berjumlah 31 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada setiap siklus meliputi (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan pada Prasiklus, diperoleh data bahwa terdapat 32,26%yang tuntas dalam menulis teks laporan hasil observasi. Pada siklus I diperoleh data 58,06% dan pada siklus II diperoleh data 90,32%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X TSM1 meningkat setelah menggunakan pendekatan Experiential Learning.

References

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Aulia, T., Gumilar, I. (2021). Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Dalman, H. (2015). Keterampilan Menulis. Ed.1, Cet. 4. Jakarta: Rajawali Pers.

Hasanah, U., & Daulay, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Basastra.

Pahleviannur, M. R., dkk. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Pradina Pustaka.

Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Online)(http://smacepiring. wordpress. com), 1-6.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Taniredja, T., dkk. (2013). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru. Cet. 5. Bandung: Alfabeta.

Tanjung, D. S., Pinem, I., Mailani, E., & Ambarwati, N. F. (2024). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Yusuf, Y., Ibrahim, R., & Iskandar, D. (2017). Keterampilan menulis: pengantar pencapaian kemampuan epistemik. Syiah Kuala University Press.

Downloads

Published

2024-09-17

How to Cite

Rindayu, A. S. ., Sitepu, T. ., & Sinaga, J. . (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN “EXPERIENTIAL LEARNING” PADA SISWA KELAS X TSM1 SMK NEGERI 4 MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13502–13505. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34710