PENGARUH MEDIA YOUTUBE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SD KAREKA NDARA

Authors

  • Endri Suhermanto Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Nuril Huda Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Hairussaleh Hairussaleh Universitas Dr. Soetomo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33276

Keywords:

Youtube, Media, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media youtube terhadap minat belajar siswa di SD Kareka Ndara. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experiment. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data berupa kuesioner, tes dan instrumen yang diolah dari pretest dan posttest dan subjek penelitian berupa siswa SMP dengan jumlah 20 untuk kelas eksperimen dan 20 untuk kelas kontrol sehingga total mata pelajaran adalah 40. Hasil uji t pada nilai posttest berpikir kritis sebesar 76,58 pada kelompok kontrol dan nilai rata-rata pada kelompok eksperimen memperoleh skor yang lebih tinggi yaitu 78,63. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dari penggunaan media youtube terhadap minat belajar siswa SD Kareka Ndara.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Suhermanto, E. ., Huda, N. ., & Hairussaleh, H. (2024). PENGARUH MEDIA YOUTUBE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SD KAREKA NDARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 12028–12035. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33276