PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA CANVA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Oktovina Selvina Titahena Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Muhajir Muhajir Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • A. Hatip Universitas Dr. Soetomo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33132

Keywords:

Problem Based Learning, Media, Berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempengaruhi dari model pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan media canva terhadap kemampuan berpikir kritis pada sekolah SMP Negeri 2 Mimika. Metode penilitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experiment. Dalam penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data yang berupa angket, tes dan instrument yang diolah dari pretest dan posttest dan subjek penelitian berupa siswa SMP dengan jumlah 20 untuk kelas eksperiment dan 20 untuk kelas control sehingga total dari subjek tersebut ada 40. Hasil pengujian dari uji t pada nilai posttest berpikir kritis nilai mean pada kelompok control 72,13 dan nilai mean pada kelompok eksperiment memperoleh skor yang lebih tinggi dengan 76,56. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang postif dari penggunaan model Problem Based Learning dengan bantuan media canva terhadap berpikir kritsi pada SMP Negeri 2 Mimika.

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Titahena, O. S. ., Muhajir, M., & Hatip, A. (2024). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA CANVA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11917–11924. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33132

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.