PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA WISATA (OPEN TRIP) C.V TIDUNG ISLAND

Authors

  • Sandy Prasetya Universitas Pertiwi
  • Hanifa Zahra Universitas Pertiwi
  • Selly Syafitri Universitas Pertiwi
  • Diva Putri Anasa Universitas Pertiwi
  • Muhammad Yunan Harahap Universitas Pertiwi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32235

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Jasa Wisata, Pulau Tidung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan faktor apa yang paling mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam kualitas pelayanan pada jasa wisata Open Trip Tidung Island. Dengan metode kuantitatif, Pengambilan sampel dilakukan pada pelanggan muatan RedPack menggunakan teknik sampel jenuh, mengambil keseluruhan populasi menjadi sampel yaitu 70 responden. Data yang diperoleh melalui kuesioner di analisis menggunakan regresi linier sederhana dan korelasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antar variabel, sedangkan untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dalam kualitas pelayanan menggunakan hasil dari jawaban responden pada kualitas pelayanan yang disebarkan melalui kuesioner. Hasil hipotesis menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan pada jasa wisata Open Trip C.V Tidung Island, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 53,7%. faktor yang paling mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam kualitas pelayanan pada jasa wisata Open Trip C.V Tidung Island adalah reliability dengan pernyataan Perlengkapan dan alat-alat yang digunakan selama kegiatan open trip dalam kondisi baik dan memadai.

References

Anshori, M. dan Iswati, S. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif Edisi 1. Surabaya: Airlangga University Press.

Daga, R. (2017). Buku 1, Citra,Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (Issue May 2017).

Fortuna, I., Widodo, J., & Wahyuni, S. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA PENGIRIMAN J&T EXPRESS CABANG LUMAJANG (Studi Kasus pada J&T Express Jalan Veteran Ruko Royal Regency No. R-7 Lumajang). 14. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.15791

Lestari. P. A. F., (2018), Faktor-Faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. V.10 179-187.

Mulyapradana, A., Anjarini, A. D., & Harnoto, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Tempo Cabang Tegal. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(1), 26–38. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.115

Mutiawati et al (2019:7) Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Jalan Raya. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Nugroho, A., & Magnadi, R. H. (2018). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA PENGIRIMAN LAZADA EXPRESS SAAT HARBOLNAS DI E-COMMERCE. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 7(4), 1–11. http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/dbr

Parasuraman, A. A. Zeithaml, V., dan L. Berry, L. 1996. “A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research”. Journal of Marketing Vol. 49.

Pasuraman,. Program, N. N., Bisnis, M., Manajemen, S., Bisnis, F., Ekonomi, D., Kristen, U., & Jl, P. (2019). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN NOACH CAFE AND BISTRO (Vol. 7, Issue 2).

Daga, R. (2017). Buku 1, Citra,Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (Issue May 2017).

Sa’adah Lailatus dan Fajarul Munir, A. Kualitas Layanan, Harga, Citra Merk serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen. https://books.google.co.id/books?id=rZkwEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false.

Susi Mentari Sinurat, E., Lumanauw, B., Roring, F., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2230). PENGARUH INOVASI PRODUK, HARGA, CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MOBIL SUZUKI ERTIGA EFFECT OF PRODUCT INNOVATION, PRICE, BRAND IMAGE AND QUALITY OF SERVICE TO CUSTOMER LOYALTY OF SUZUKI ERTIGA. Jurnal EMBA, 5(2), 2230–2239.

Tjiptono F dan Diana, A. (2019). Kepuasan Pelanggan-Konsep, Pengukuran dan Strategi.Yogyakarta: Andi Offset.

Wismantoro, Y. (2013), Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. 37-48.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Prasetya , S. ., Zahra, H. ., Syafitri, S. ., Anasa, D. P. ., & Harahap, M. Y. . (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA WISATA (OPEN TRIP) C.V TIDUNG ISLAND. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12252–12262. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32235