ANALISIS KOMPETENSI SISWA KELAS XI DALAM MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR'AN DI SMA ISLAM TERPADU JABAL NOOR

Authors

  • Ahmad Ramdhani Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Hanifa Zahra Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Selly Syafitri Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Diva Putri Anasa Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Muhammad Yunan Harahap Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32957

Keywords:

Kompetensi, Membaca, Menghafal Al-Qur'an

Abstract

Artikel ini membahas tentang kompetensi siswa kelas XI dalam kompetensi membaca dan menghafal Al-Qur'an di SMA Islam Terpadu Jabal Noor Kompetensi membaca Al-Qur'an merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari dan dipraktekkan ketika membaca Al-Qur'an, karena dengan memperhatikan kompetensi tersebut, maka kita akan mudah untuk membaca Al-Qur'an dengan fasih dan benar. Melalui metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, data diperoleh dari observasi dan interaksi langsung di sekolah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa perlu menguasai tajwid dan memahami makharijul huruf untuk membaca Al-Qur'an dengan baik karena Al-Qur'an merupakan sumber utama ajaran Islam dan merupakan pedoman hidup bagi setiap muslim, sedangkan kemampuan menghafal melibatkan penguasaan ayat-ayat yang panjang, pemahaman makna, konsistensi, dan pengembangan teknik menghafal yang efektif. Peran guru dan kepala sekolah dianggap penting dalam memastikan efektivitas pembelajaran Al-Qur'an. Artikel ini menekankan pentingnya pembelajaran Al-Qur'an dalam pendidikan Islam, dengan harapan siswa dapat menjadi pembaca Al-Qur'an yang mahir dan memahami ajaran Islam secara mendalam

References

Agama, K. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Departemen Agama RI.

At-Tarmidzi, M. B. I. (n.d.). Al-Jaami’ Al-Kabir. Daarul Islami.

Azra, A. (2001). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium. Kalimah.

Bungin, B. (2001). Meodologi Penelitian Kualitatif. PT. Raja Grafindo Persada.

Harahap, M. Y., & Ependi, R. (2023). Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah (E. Rianti (ed.)). PT Green Pustaka Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=rRHAEAAAQBAJ&lpg=PA1&ots=HgelMBf3dV&dq=muhammad yunan harahap&lr&hl=id&pg=PA6#v=onepage&q=muhammad yunan harahap&f=false

Nasikin, M., & Iskandar, I. (2021). Hati Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 1(1), 62–73. https://doi.org/10.54443/mushaf.v1i1.10

Nata, A. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Angkasa.

Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM.

Shihab, M. Q. (2002). TAFSIR AL-MISBAH; Pesan, Kesan dan Keserasian Al-quran. Lentera Hati.

Shihab, M. Q. (2006). Wawasan al-Qur’an: Tafsir Maudhu`i Atas Berbagai Persoalan Umat. Mizan.

Suhadi, & Zakariyah. (2021). Implementasi Budaya Literasi Pada Pembelajaran Al Qur`an Hadis di Madrasah Aliyah. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2), 121–128. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v6i3.1776

Thobroni, A. Y. (2022). ESENSI KEBERSIHAN Studi Komparasi Penafsiran antara Wahbah Al-Zuhaili dan Quraish Shihab terhadap QS. Al-Muddatsir: 4. Jurnal Asy-Syukriyyah, 23(1), 163–176.

Ulwan, A. N. (2013). Tarbiyatul Aulad Pendidikan Anak Dalam Islam. Khatulistiwa Press.

Downloads

Published

2024-08-11

How to Cite

Ramdhani, A. ., Zahra, H. ., Syafitri, S. ., Anasa, D. P. ., & Harahap, M. Y. . (2024). ANALISIS KOMPETENSI SISWA KELAS XI DALAM MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SMA ISLAM TERPADU JABAL NOOR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11830–11834. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32957