THE EFFECTIVENESS OF LEARNING TO RETELL NARRATIVE TEXTS IN WRITING USING THE SIMULATION METHOD ASSISTED BY SHORT FILM SCREENING MEDIA IN CLASS XI STUDENTS OF SMA PGRI 20 SIBORONG-BORONG

Authors

  • Berliana Simanjuntak Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32122

Keywords:

Pembelajaran Menceritakan Kembali, Teks Narasi, Metode Simulasi, Media Tayangan Film Pendek

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk menilai kemanjuran pemanfaatan metode simulasi dengan bantuan media pemutaran film pendek dalam memfasilitasi proses pembelajaran menceritakan naskah naratif dalam bentuk tertulis di kalangan siswa kelas XI di SMA PGRI 20 Siborong-borong selama tahun akademik 2021/2022. Peserta penelitian ini dialokasikan ke satu kelompok yang dikenal sebagai kelas eksperimen. Evaluasi dilakukan pada dua kesempatan, baik sebelum percobaan (pretest) dan selanjutnya (posttest). Melalui desain khusus ini, dampak percobaan dapat ditentukan secara akurat karena menggabungkan penilaian awal. Temuan penelitian ini mengarah pada kesimpulan bahwa kecakapan dalam menceritakan substansi teks naratif dalam bentuk tertulis pada siswa kelas XI di SMA PGRI 20 Siborong-borong, selama tahun akademik 2021/2022, dinilai memadai dengan nilai rata-rata 75,40 bagi mereka yang terlibat dengan metode simulasi yang didukung oleh media pemutaran film pendek. Sebaliknya, kemahiran menceritakan isi naskah naratif dalam bentuk tertulis sebelum penerapan metode simulasi dengan media pemutaran film pendek di kalangan siswa kelas XI di SMA PGRI 20 Siborong-borong, tahun akademik 2021/2022, dinilai kurang, dengan nilai rata-rata 55,81. Pemanfaatan metode simulasi yang didukung oleh media pemutaran film pendek terbukti berdampak signifikan dalam meningkatkan kapasitas siswa dalam menceritakan teks naratif dalam bentuk tertulis. Hal ini dibuktikan oleh hasil uji-t, yang menghasilkan nilai ttabel 8,23 > 2,03 (0,05). Oleh karena itu, pendidik yang mengkhususkan diri dalam bidang studi Indonesia di lembaga pendidikan lokal harus meningkatkan pendekatan instruksional untuk menceritakan teks naratif dalam bentuk tertulis dengan menggabungkan metode simulasi yang didukung oleh media film pendek, mengingat kemanjurannya yang mapan dalam konteks ini.

Downloads

Published

2024-07-28

How to Cite

Simanjuntak, B. (2024). THE EFFECTIVENESS OF LEARNING TO RETELL NARRATIVE TEXTS IN WRITING USING THE SIMULATION METHOD ASSISTED BY SHORT FILM SCREENING MEDIA IN CLASS XI STUDENTS OF SMA PGRI 20 SIBORONG-BORONG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11236–11245. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32122

Similar Articles

<< < 267 268 269 270 271 272 

You may also start an advanced similarity search for this article.