ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DALAM MEMBAYAR PAJAK PENGHASILAN DENGAN SOSIALISASI PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI PADA KPP PRATAMA MEDAN POLONIA)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32117Keywords:
Kemauan Membayar Pajak, Kesadaran Membayar Pajak, Pemahaman Pengetahuan Perpajakan, Tingkat Pendidikan, Sosialisasi Perpajakan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan usaha mikro, kecil dan menengah dalam membayar pajak penghasilan dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel moderasi (studi pada KPP Pratama Medan Polonia). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh wajib pajak orang pribadi yang terdaftar pada KPP Pratama Medan Polonia per tahun 2022 sebanyak 10.458 wajib pajak dan yang menjadi sampel sebanyak 100 pelaku UMKM. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan alat bantu program software SPSS 26. Hasil pengujian penelitian menunjukkan bahwa variabel kesadaran membayar pajak, pemahaman pengetahuan perpajakan, dan tingkat pendidikan secara simulitan berpengaruh dan signifikan terhadap kemauan membayar pajak. Secara parsial, kesadaran membayar pajak tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemauan membayar pajak, sedangkan pemahaman pengetahuan perpajakan dan tingkat pendidikan berpengaruh secara signifikan terhadap kemauan membayar pajak. Sosialisasi perpajakan mampu memoderasi pengaruh kesadaran membayar pajak dan pemahaman pengetahuan perpajakan terhadap kemauan membayar pajak. Serta sosialisasi perpajakan tidak mampu memoderasi pengaruh tingkat pendidikan terhadap kemauan membayar pajak.References
Abdul Rahman. (2010). Panduan Pelaksanaan Administrasi Perpajakan Untuk Karyawan, Pelaku Bisnis Dan Perusahaan. Bandung: Nuansa.
Aryapin, A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Pemilik Usaha Kecil Menengah Untuk Membayar Pajak (Studi Kasus di Kecamaan Neglasari Kota Tangerang). Prosiding: Ekonomi dan Bisnis 2022, 1(2).
Assa, K. M., Morasa, J., & Pusung, R. J. (2017). Pengaruh Motivasi, Tingkat Pendidikan dan Sosialisasi Dalam Mendorong Kemauan Wajib Pajak Mengikuti Pengampunan Pajak (Studi Kasus Pada KPP Pratama Manado). Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 12(2), 409-422. E ISSN: 1907-9737.
Catriana, E. (2021, September 16). Menkop: Kontribusi Pajak UMKM Masih Sangat Rendah. Retrieved Maret 03, 2023, from https://money.kompas.com/: https://money.kompas.com/read/2021/09/16/191249026/menkop-kontribusi-pajak-umkm-masih-sangat-rendah
Fany, A. R. (2016). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dengan Sosialisasi Perpajakan Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Badan UMKM Yang Terdaftar Di KPP Pratama Jember). Skripsi S1 Repository Universitas Jember.
Fatimah, I. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Membayar Pajak Penghasilan Dengan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Studi Akuntansi Dan Bisnis, 7(2), 163-172. E ISSN: 2807-2804.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Semarang.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanum, Z. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilik Usaha Kecil Menengah Dalam Pelaporan Kewajiban Perpajakan Di Kota Medan. Penelitian Dosen Fakultas UMSU.
Hardiningsih, P. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak. Dinamika Keuangan dan Perbankan,3(1). E ISSN: 1979-4878, 126-142.
Ilkham, M., & Haryanto. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas. Diponegoro Jurnal of Accounting, 6(2), 1-9. E ISSN: 2337-3806.
Kadeni, & Srijani, N. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Equilibrium Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 8(2), 191-200. E ISSN: 2502-1575.
Kuma, R. D. (2019). Analisa Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman Tentang Peraturan Perpajakan dan Persepsi Yang Baik Atas Efektivitas Sistem Perpajakan Terhadap Kemauan Membayar Pajak Dengan Kesadaran Membayar Pajak Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 350-365. E ISSN: 2579-6232.
Kumala, R., & Ayu, R. (2019). Pengaruh Kesadaran Membayar Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Peraturan Perpajakan dan Kualitas Layanan Terhadap Kemauan Membayar Pajak Wajib Orang Pribadi. Jurnal Eksekutif, 16(2), 256-278. E ISSN: 2579-5856.
Lovihan, S. (2014). Pengaruh Kesadaran Membayar Pajak, Pengetahuan dan Peraturan Perpajakan dan Kualitas Layanan Terhadap Kemauan Membayar Pajak Wajib Orang Pribadi Di Kota Tomohon. Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing "Goodwill", 5(1).
Mardiasmo. (2016). Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2016. Yogyakarta : Andi.
Mardiasmo. (2018). Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2018. Yogyakarta: Andi.
Megawangi, C. A., & Setiawan, P. E. (2017). Sosialisasi Perpajakan Memoderasi Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Badan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 19(3), 2348-2377. E ISSN: 2302-8556.
Mulya, A. S. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dalam Membayar Pajak Penghasilan. Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Manajemen (Jakman), 1(1), 53-56. E ISSN: 2716-0807.
Rahayu, S. K. (2017). Perpajakan Konsep dan Aspek Formal . Bandung: Rekayasa Sains.
Rahman, A. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Tingkat Pendidikan, dan Pendapatan Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi dan Bangunan. Jurnal Akuntansi, 6(1).
Ramadhan, R. P. (2019). Pengaruh Pemahaman Peraturan Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Persepsi Efektivitas Sistem Perpajakan Terhadap Kemauan Membayar Pajak. Jurnal Akuntansi & Keuangan Daerah, 14(1), 36-53.
Resmi, S. (2017). Perpajakan Teori dan Kasus (Edisis ke 10 Buku 1). Jakarta: Salemba Empat.
Rohmawati, Lusia, & Prasetyono, Y. R. (2013). Pengaruh Sosialisasi dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Tingkat Kesadaran dan Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas pada KPP Pratama Gresik Utara). Prosiding Simposium Nasional Perpajakan 4.
Rosa, D. D. (2018). Pengaruh Perilaku Hearding Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kemauan Membayar Pajak Dengan Sosialisasi Perpajakan Sebagai Variabel Moderating. Skripsi S1 Universitas Kristen Satya Wacana.
Sari, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Wajib Pajak Untuk Membayar Pajak (Studi Empiris Pada Wajib Yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta). Skripsi Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis : Pendekatan Pengembangan Keahlian Edisi 6 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.
Siregar, N. S., Hendrayanti, S. L., & Oktavia, R. (2022). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan Terhadap Kemauan Membayar Pajak Dengan Sosialisasi Perpajakan Sebagai Variabel Moderasi. Balance: Media Informasi Akuntansi dan Keuangan, 14(1), 45-56. E ISSN: 2825-1581.
Sudaryati, D., & Hehanusa, G. (2013). Pengaruh Penerapan Self Assessment System Dan Kemauan Membayar Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. JP FEB UNSPED (Jurnal & Proceding), 3(1). E ISSN: 3026-5479.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanti, M., & Khairani, S. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kemauan Membayar Pajak Dengan Sosialisasi Perpajakan Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi Kendaraan Bermotor Di Samsat Kota Palembang).
Ulfa, M., Sodik, H. M., & Zainuddin. (2021). Pengaruh Kesadaran Membayar Pajak, Pengetahuan Pemahaman Perpajakan dan Kualitas Layanan Terhadap Kemauan Membayar Pajak. Proceeding: Widyagama National Conference On Economics And Business 2021, 2(1), 643-654. E ISSN: 2598-5280.
Veronica, A. (2015). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus, Pengetahuan Pajak, Persepsi Pengetahuan Korupsi dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) Pada KPP Pratama Senapelan Pekanbaru. Jurnal Fekon, 2(2) .
Waluyo. (2017). Perpajakan Indonesia Edisi 12 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Widayati, & Nurlis. (2010). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Untuk Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas Studi Kasus Pada KPP Pratama Gambir Tiga. Proceding Simposium Nasional Akuntansi XII Purwokerto.
https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html, diakses 15 Maret 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Annisa Nur Aliyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.