EVALUASI IMPLEMENTASI STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SNP 12:2017) DI PERPUSTAKAAN SMKN 1 LEMBAH GUMANTI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32053Keywords:
Evaluasi, Penerapan, Standar Nasional PerpustakaanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) implementasi Standar Nasional Perpustakaan (SNP 12:2017) di Perpustakaan SMKN 1 Lembah Gumanti; (2) evaluasi implementasi Standar Nasional Perpustakaan (SNP 12:2017) di Perpustakaan SMKN 1 Lembah Gumanti. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini terdapat 3 orang yaitu kepala sekolah, kepala perpustakaan, dan pustakawan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa. (1) implementasi standar nasional perpustakaan No.12 Tahun 2017 di SMKN 1 Lembah Gumanti menunjukan; (a) standar koleksi yang belum sesuai dengan (SNP) adalah jumlah koleksi, jenis koleksi perpustakaan, jumlah koleksi referensi tidak terpenuhi, perawatan bahan perpustakaan belum optimal sedangkan yang sudah memenuhi standar meliputi pengelolaan bahan perpustakaan, cacah ulang dan penyiangan; (b) standar sarana dan prasarana yang belum memenuhi SNP adalah gedung, area, dan sarana prasarana sedangkan yang sudah memenuhi (SNP) adalah lokasi perpustakaan (c) standar pelayanan yang belum sesuai standar yaitu jam layanan, jenis layanan serta tidak memiliki program seperti program wajib baca, literasi informasi, dan pendidikan pemustaka, sedangkan yang sudah sesuai stadar yaitu laporan, dan kerja sama. (d) standar tenaga perpustakaan yang belum sesuai dengan standar yaitu jumlah pustakawan hanya satu orang sedangkan yang sudah sesuai dengan standar yaitu kualifikasi tenaga pustakawan dan kualifikasi kepala perpustakaan. (e) standar penyelenggaraan belum sesuai dengan standar yaitu, pendirian perpustakaan, Nomor Pokok Perpustakaan, struktur ogranisasi, program kerja belum dibuat secara terlulis, sedangkan yang sudah sesuai standar adalah penyelenggaraan perpustakaan. (f) standar pengelolaan perpustakaan yang belum sesuai dengan standar yaitu belum memiliki visi dan misi perpustakaan, sedangkan yang sudah memenuhi yaitu tujuan, kebijakan, tugas, fungsi dan anggaran perpustakaan. (2) evaluasi impelementasi Standar Nasional Perpustakaan No.12 Tahun 2017 di SMKN 1 Lembah Gumanti menunjukan komponen SNP belum diterapkan dan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan No.12 Tahun 2017.References
Izatihana, A. (2020). Peran Pustakawan Mtsn 1 Jepara Dalam Upaya Mengembangkan Minat Kunjung Siswa Pada Perpustakaan. ” jurnal ilmu perpustakaan, Vol. 9, No. 1.
Maulidiyah, A., & Roesminingsih. (2020). Layanan dan Fasilitas Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan,, 8(4),.
Nuha, U. (2014). Meningkatkan Kualitas Pelayanan perpustakaan Dengan Pendekatan Bilingual. Libraria.
Sirojul Munir. (2009). Pengembangan Koleksi Pada Perpustakaan SMP Islam Al-Syukro.
Widyaningsih, F. (2017). Evaluasi Penyelenggaraan Perpustakaan di Sekolah Dasar Juara Yogyakarta. Hanata Widya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marlina Evi Yanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.