PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI KALANGAN MAHASISWA MANAJEMEN BISNIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31681Keywords:
Media Sosial, Teknologi Digital, Minat Berwirausaha, Mahasiswa Manajemen BisnisAbstract
Perkembangan media sosial dan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia kewirausahaan, terutama di kalangan mahasiswa manajemen bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media sosial dan teknologi digital terhadap minat berwirausaha di kalangan mahasiswa manajemen bisnis dengan menggunakan metode studi literatur. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis literatur yang relevan dari jurnal, buku, artikel, dan sumber-sumber terpercaya lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial berperan penting sebagai sumber inspirasi, alat pemasaran, dan jaringan komunitas yang mendukung kegiatan kewirausahaan. Teknologi digital mempermudah akses ke sumber daya, mendorong inovasi, dan membantu dalam pengembangan keterampilan yang diperlukan dalam bisnis. Faktor-faktor seperti motivasi internal, dukungan lingkungan, dan tantangan yang dihadapi juga mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media sosial dan teknologi digital memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan minat berwirausaha di kalangan mahasiswa manajemen bisnis. Disarankan agar institusi pendidikan menyediakan pelatihan dan dukungan yang lebih intensif dalam penggunaan media sosial dan teknologi digital untuk berwirausaha.References
Ad’hiah, I., Rahmat, P. S., & Suryani, Y. (2024). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Media Sosial Terhadap Intensi Berwirausaha dengan Literasi Keuangan Sebagai Mediator. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 88–100.
Arifin, Z., & Arini, R. E. (2023). Peran Teknologi dan Inovasi dalam Kesuksesan Bisnis Wirausaha Muda. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan West Science, 1(04), 301–311.
Asnawi, A. (2022). Berpindah Merek Produk Saat Covid19: Pengaruh Pengetahuan Produk dan Pemasaran Media Sosial. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4131–4143.
Hariyanti, I., & Raharja, A. R. (2024). Perbandingan Algoritma Decision Tree dan Naive Bayes dalam Klasifikasi Data Pengaruh Media Sosial dan Jam Tidur Terhadap Prestasi Akademik Siswa. Technologia: Jurnal Ilmiah, 15(2), 332–340.
Judijanto, L., Fauzi, I., Telaumbanua, E., Syamsulbahri, S., & Merung, A. Y. (2024). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Inovatif, dan Teknologi Digital terhadap Keberhasilan Bisnis Industri Startup di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan West Science, 2(01), 24–34.
Kurniawan, Y., Subandowo, & Rohman, U. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Peningkatan Hasil Shooting Bola Basket dalam Pembelajaran PJOK Siswa MAN Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(1), 231–236.
Moridu, I., Andriani, E., Utami, E. Y., & Lerrick, Y. F. (2023). Dampak Teknologi Finansial pada Pembiayaan UKM Studi Bibliometrik Tentang Perkembangan Crowdfunding dan Peer-to-Peer Lending. Sanskara Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(01), 37–49.
Mulati, D., & Lestari, D. I. (2019). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dan Pengaruh Teman Sebaya Dengan Perilaku Seksual Remaja. JUKMAS: Jurnal Untuk Masyarakat Sehat, 3(1), 24–34. https://doi.org/10.52643/jukmas.v3i1.592
Rehalat, A. (2024). Analisis Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Media Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Pemanfaatan Kantin Sekolah Di SMA Muhammadiyah Ambon. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 8(1), 366–373.
Sinaga, Bona Aripin, D. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli pada Produk Fashion Eiger.
Sitompul, P., Silalahi, E., & Ritonga, S. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN PENDEKATAN THEORY PLANNED OF BEHAVIOUR:(Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Santo Thomas Medan). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 289–313.
Subroto, D. E., & Tabrani, M. B. (2023). Pengaruh Media Sosial Facebook Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam” Pada Siswa SMAN 10 Kabupaten Tangerang. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(3), 226–232.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Triyono, A. (2019). Pendidikan Karakter pada Sistem Boarding School. Jurnal Kependidikan, 7(2), 251–263. https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3085
Vernanda, R., & Rokhmani, L. (2021). Pengaruh motivasi berwirausaha, pembelajaran kewirausahaan, dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa prodi S1 pendidikan ekonomi angkatan 2017 Universitas Negeri Malang. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan (JEBP), 1(9), 871–888.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Amsal Sahban
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.