MEMBENTUK KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI BUDAYA ONDEL ONDEL BETAWI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31424Keywords:
Pendidikan Karakter, Pembelajaran Karakter, Budaya Betawi, Ondel Ondel, Karakter anakAbstract
Karakter merupakan komponen yang sangat penting dalam pembentukan kepribadian manusia. Pendidikan karakter bukan hanya menjadi tanggung jawab individu atau beberapa lembaga saja, namun menjadi tanggung jawab kolektif keluarga, sekolah dan masyarakat. Tujuan dari pendidikan karakter ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang dapat menjadi landasan perbuatan baik dan bertanggung jawab, yang kemudian tercermin dalam perilaku manusia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan nilai-nilai karakter dalam budaya Betawi-Ondel-Ondel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode deskriptif dipilih karena penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan memahami nilai-nilai karakter dalam budaya Betawi-Ondel-Ondel yang selanjutnya dapat digunakan untuk melaksanakan pendidikan karakter pada anak sekolah dasar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa strategi atau metode yang dapat digunakan untuk menjaga dan memperkenalkan budaya Ondel-Ondel seperti membangun jati diri pelajar dan bermanfaatnya teknologi informasi untuk memperkenalkan, mensosialisasikan dan mengembangkan budaya Ondel-Ondel di masyarakat. Mengenalkan ondel ondel pada siswa sekolah dasar memiliki tujuan membentuk nilai keharmonisan, kesopanan, adat, ketekunan, kesabaran dan toleransi.References
Afriadi, R., & Yuni, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Remaja Usia Sekolahditinjau Dari Teori Pendidikan Seks. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi Dan Biologi, 1(1), 23–29.
Akmaliyah, L., Zulfa, Z. J., & Rochmawati, N. (2021). Pergeseran Makna Mitos Nilai Spiritual Kebudayaan Ondel-Ondel Pada Kepercayaan Masyarakat Betawi Zaman Dahulu Dan Zaman Sekarang. Lisan Al-Hal: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 15(1), 97–121.
Anwar, C., & Awiria, Y. G. (2022). THE ROLE OF THE TEACHER IN IMPLEMENTING THE ATTITUDE OF RELIGIOUS TOLERANCE IN CLASS IV ELEMENTARY SCHOOL. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 5(2), 73–78.
Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter membentuk karakter cinta tanah air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105–113.
Attas, S. G., Anoegrajekti, N., Ansoriyah, S., & Wardani, R. (2021a). Karakteristik Tradisi Silat Mandar dalam Pertunjukan Palang Pintu sebagai Kearifan Lokal di Masyarakat Pulau Tidung Kepulauan Seribu. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni, 1, 149–154.
Attas, S. G., Anoegrajekti, N., Ansoriyah, S., & Wardani, R. (2021b). Karakteristik Tradisi Silat Mandar dalam Pertunjukan Palang Pintu sebagai Kearifan Lokal di Masyarakat Pulau Tidung Kepulauan Seribu. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni, 1, 149–154.
Callula, S. A., Nolani, P. S., & Ramadhan, M. R. (2022a). Strategi Mempertahankan Budaya Ondel-ondel dalam Revitalisasi Kebudayaan Betawi. Arif: Jurnal Sastra Dan Kearifan Lokal, 1(2), 304–317.
Callula, S. A., Nolani, P. S., & Ramadhan, M. R. (2022b). Strategi Mempertahankan Budaya Ondel-ondel dalam Revitalisasi Kebudayaan Betawi. Arif: Jurnal Sastra Dan Kearifan Lokal, 1(2), 304–317.
Febriansyah, M. R. (2022). Strategi Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dalam Melestarikan Budaya Ondel-Ondel. Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau, 2(1), 35–43.
Gumala, Y., & Farhana, H. (2021). SCIENTIFIC ARTICLE WRITING TRAINING PROGRAM FOR PROSPECTIVE ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS. International Journal of Engagement and Empowerment, 1(3), 213–219.
Gumala, Y., Indriyani, T., & Ruby, A. C. (2023). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3905–3912.
Indramawan, A. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Keluarga Bagi Perkembangan Kepribadian Anak. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1).
Khuluq, H., Rozaq, F., & Farid, A. (2021). Kentrung: Wahana Pendidikan Karakter untuk Lamongan Berbudaya. Pendidikan, Sosial Dan Budaya: Sebuah Tinjauan Di Kabupaten Lamongan, 105.
Masruroh, F., & Ramiati, E. (2022). Pembentukan karakter gemar membaca pada anak usia dini melalui media buku cerita bergambar. INCARE, International Journal of Educational Resources, 2(6), 576–585.
Mufarriq, M. U. (2021). Membentuk Karakter Pemuda Melalui Pencak Silat. Khazanah Pendidikan Islam, 3(1), 41–53.
Purbasari, M., Marianto, M. D., & Burhan, M. A. (2021). Membaca Perubahan Tanda Visual dan Makna Pada Ondel-Ondel Dalam Perkembangan Masyarakat Betawi.
Ridwan, M. (2022). Pengaruh Pendidikan dalam Melestarikan Kebudayaan dan Karakter Bangsa.
Suhra, S., Nursabaha, S., & Halijah, S. (2023). Membangun Karakter Kemandirian melalui Implementasi Kurikulum Life Skill Education. Akademia Pustaka.
Sunarso, A. (2020). Revitalisasi pendidikan karakter melalui internalisasi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan budaya religius. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 155–169.
Sylvia, S., & Surya, R. (2021). Ruang Berbudaya Betawi Kemayoran. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 3(1), 535–550.
Tira, Y., Suwandi, I., & Rifki, M. (2024). Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar dalam Perspektif Islam. Murid: Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam, 2(1), 1–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ayu Widya Fatmawati, Nadia Putri Alifa, Fauziyah Wulandari, Yosi Gumala

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




