ANALISIS MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA KELAS III SDN 43 PALEMBANG

Authors

  • Robert Budi Laksana Universitas PGRI Palembang
  • Bukman Lian Universitas PGRI Palembang
  • Intan Wahyuni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.30941

Keywords:

Media Gambar Berseri, Keterampilan Menulis, Karangan Sederhana.

Abstract

Menulis merupakan kegiatan yang aktif karena menulis mengkombinasikan antara proses dan produk. Dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia, guru cenderung hanya melakukan metode cerita saja dalam membangun ide menulis siswa. Sehingga apa yang disampaikan guru, kurang begitu menginspirasi siswa dalam membangun ide dalam membuat tulisan. Akibatnya keterampilan siswa dalam menulis karangan sederhana, tidak maksimal dalam pengerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media gambar berseri pada pembelajaran bahasa Indonesia dan Mendeskripsikan kemampuan keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN 43 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif berkaitan dengan sebuah analisis penggunaan media pembelajaran gambar berseri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan jenis data berupa data verbal/deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan data bahwa penggunaan media gambar berseri pada pembelajaran Bahasa Indonesia membuat karangan sederhana di kelas III SDN 43 Palembang, terbukti dapat membuat imajinasi dan keterampilan siswa meningkat. Hal ini bisa dilihat dari hasil observasi kegiatan menulis siswa. Siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam menuangkan ide-idenya kedalam cerita.    

References

Arikunto, S. (2017). Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2022). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

BSKAP. (2022). Jakarta : Kemendikbud.

Finoza, L. (2019). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Fujiawati, F. S., & dkk. (2023). Pendekatan Design Thinking Dalam Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile "Teater Tradisional Indonesia". CandraRupa, 23-28.

Hamalik, O. (2014). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ihsan, F. (2023). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Isnaini, I. P. (2017). Ensiklopedia Pendidikan. Medan: Iscom.

Keraf, G. (2020). Diksi dan Gaya. Jakarta : Gramedia.

Laksana, R. B. (2024). Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan Tangan Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Masganti. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana.

Masrura, S. (2021). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas III Min 8 Aceh Selatan. Jurnal Pendas, 1-9.

Musadi, A. d. (2018). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Nuswantoro, R. (2018). Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Dengan Tema Lingkungan Pada Siswa Kelas III SDN Krembangan Utara Surabaya. Jurnal Pendas, 1-9.

Pratiwi, L. (2023). Analisis Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas 2SD. Jurnal Pendas, 1362-1370.

Prawira, N. G. (2017). Seni Rupa dan Kriya. Bandung: Pt Sarana Tutorial Murani Sejahtera.

Purwanto. (2019). Evaluasi Hasil Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Sandiman, A. (2016). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sardiman. (2019). Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Satria, A. A., & Muntaha, A. (n.d.). Inovasi pendidikan abad 21: penerapan design thinking dan Pembelajaran berbasis proyek (projected based learning) dalam pendidikan Indonesia.

Soeparno. (2018). Media Pembelajaran Bahasa. Klaten: Intan Pariwara.

Sudjana. (2022). Penelitian dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Legensindo.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Susanto, A. (2018). Teori Belqjar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Susilo, M. (2022). Mozaik Bahasa Indonesia. Malang: UIN Malang.

Tarigan, H. G. (2018). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yetti Mulyati, d. (2017). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Tangerang: Universitas Terbuka.

Yunus, M. (2018). Keterampilan Menulis. Tangerang : Universitas Terbuka.

Zain, D. S. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-10-10

How to Cite

Laksana, R. B. ., Lian, B. ., & Wahyuni , I. . (2024). ANALISIS MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA KELAS III SDN 43 PALEMBANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14682–14688. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.30941