ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS III SD NEGERI 2 KEMAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.30718Keywords:
Pola Asuh, Prestasi Siswa, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola asuh orang tua terhadap prestasi siswa kelas III SD Negeri 2 Keman. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan kunci penelitian ini adalah orang tua, guru, dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat korelasi positif antara pola asuh demokratis dengan prestasi siswa. Siswa yang diasuh dengan pendekatan demokratis menunjukan hasil akademik yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter atau permisif. Pola asuh demokratis ditandai dengan adanya komunikasi dua arah antara orang tua dan anak, pemberian dukungan emosional serta disiplin yang konsisten. Penelitian ini mengimplikasikan pentingnya peran orang tua dalam mendukung prestasi akademik anak melalui penerapan pola asuh yang tepat.References
Adnan, M. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Akhlak Anak . Pendidikan Islam, 67-81.
Akbar, S. (2017). Instumen Perangkaat Pembelajaran. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya. Aqida, D. S. (2023). Penggunaan Metode Number Head Together (Nht) Dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Matematika Materi Pengukuran Siswa Kelas Iii Di Sd Swasta
Pekalongan. Journal Of Islamic Elementary Education, 67-80.
Awiria, & Latifah, N. (2019). Pembelajaran Pkn Sd. Yogyakarta: Samudra Biru.
Djamarah, S. B. (2014). Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional. Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Sertiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi
Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio, 104-110.
Fitri, N. S., & Masyithoh, S. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 1-16.
Gazali, H., Waidl, A., & Kholiluddin, T. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum Dan Perbukuan Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan.
Kartikasari, C. A. (2021). Analisis Sosiologi Sastra Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Sma. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 7-17.
Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kencana.
Mokoginta, S. O., Mangangantung, M. J., & Liando, R. M. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gmim Iv Tomohon. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 260-272.
Mustadi, A., Fauzani, R. A., & Rochmah, K. (2018). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar.
Yogyakarta: Fakultas Teknik Uny.
Narsidah, Wulan, T. R., & Wahyuningsih, E. (2014). Pengasuhan Anak Bmi/Tki Berbasis Komunitas. Banyumas: Seruni.
Nufus, H., & Adu, L. (2020). Pola Asuh Berbasis Qalbu Dan Perkembangan Belajar Anak.
Ambon: Lp2m Iain Ambon.
Nuriyah. (2022). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Terakata.
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.
Rosyid, M. Z., Mustajab, & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara. Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa
Sekolah Dasar. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 278-288.
Subagia, I. N. (2021). Pola Asuh Orang Tua. Bali: Nilacakra.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tirtoni, F. (2016). Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Buku Baik.
Waina, A. (2023). Penguatan Moral Melalui Pembelajaran Ppkndi Mis Al-Afkari Kabupaten Deli Serdang. Journal Of Basic Educational Studies, 151-159.
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling.
Quanta, 83-91.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M. Herdiansyah, Hetilaniar Hetilaniar, Adrianus Dedy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.