PENGEMBANGAN MEDIA PAPI PERGI (PAPAN PINTAR PERUBAHAN ENERGI) PADA KELAS IV SDN 34 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.30238Keywords:
Media, PAPI PERGI (Papan Pintar Perubahan Energi), Pembelajaran IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran PAPI PERGI (Papan Pintar Perubahan Energi) pembelajaran IPAS materi mengubah bentuk energi di kelas IV SD Negeri 34 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development), menggunakan model penelitian ADDIE. Penelitian ini menggunakan uji coba one to one berjumlah 3 peserta didik, small group berjumlah 7 peserta didik dan field test berjumlah 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kevalidan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan. Berdasarkan hasil validasi angket dari ketiga validator, yaitu 2 dosen dan 1 guru angka presentase mencapai 85,33% kategori sangat valid. Berdasarkan hasil praktis angket respon siswa pada uji coba one to one terhadap 3 peserta didik sebesar 96% kriteria sangat praktis, uji coba small group terhadap 7 peserta didik sebesar 91.71% kriteria sangat praktis. Uji coba field test terhadap 18 peserta didik sebesar 93.78% kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil keefektifan hasil tes peserta didik pada uji coba one to one terhadap 3 peserta didik mencapai sebesar 85% dengan kriteria efektif, sedangkan pada pada uji coba small group terhadap 7 peserta didik sebesar 82.14% dengan kriteria efektif. Sedangkan pada uji coba field test terhadap 18 peserta didik sebesar 85% dengan kriteria efektif.References
Rozak, A., Riyoko, E., & Putra, M. J. (2023). Pengembangan Media Wayang Karakter Hewan (Wakarhen) Pada Materi Bercerita Siswa Kelas IV SD Negeri 23 Palembang. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, 1564-1571.
Sanubari, F. (2023, November). Alur Tujuan Pembelajaran IPAS Fase B. Retrieved from Akun Belajar.id: http://static.perangkat-ajar.belajar.id
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metodelogi Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Ipmbelajaran IPAS MI/SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2100-2112.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elvira Fatimah, Maharani Oktavia, Puji Ayurachmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.