TRANSFORMASI MORALITAS INDIVIDU, INTEGRITAS, ETIKA MAHASISWA TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DUNIA PENDIDIKAN

Authors

  • Anggi Apriyanti Universitas Indo Global Mandiri
  • Lesi Hertati Universitas Indo Global Mandiri
  • Lili Syafitri Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29709

Keywords:

Moralitas individu, Integritas, Etika Mahasiswa, Perilaku Kecurangan Akademik.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada transformasi moralitas individu, integritas, dan etika mahasiswa dalam hubungannya dengan perilaku kecurangan akademik di dunia pendidikan. Melalui pendekatan kualitatif, kami mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi perubahan moral dan etis di kalangan mahasiswa serta bagaimana integritas diuji dalam konteks akademik. Kajian ini mengungkapkan bahwa tekanan akademik, kurangnya pemahaman etis, dan lingkungan yang permisif berkontribusi signifikan terhadap meningkatnya perilaku kecurangan. Selain itu, penelitian ini menyoroti pentingnya pendidikan moral dan etika yang komprehensif dalam kurikulum untuk membentuk karakter mahasiswa yang lebih integritas. Temuan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam merancang strategi efektif untuk mengurangi praktik kecurangan akademik dan membangun budaya integritas di institusi pendidikan.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriiptif. dengan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel moralitas individu, integritas dan etika mahasiswa terhadap perilaku kecurangan akademik. Serta tidak terdapat pengaruh secara simultan antara variabel moralitas individu, integritas dan etika mahasiswa terhadap perilaku kecurangan akademik.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Apriyanti, A. ., Hertati, L. ., & Syafitri, L. . (2024). TRANSFORMASI MORALITAS INDIVIDU, INTEGRITAS, ETIKA MAHASISWA TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DUNIA PENDIDIKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7557–7565. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29709

Most read articles by the same author(s)