ANALISIS PERSEPSI PENGGUNA E-PAYMENT GOPAY DALAM MENCAPAI PRODUCT MARKET FIT MENGGUNAKAN VALUE PROPOSITION CANVAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29281Keywords:
GoPay, Analisis, E-Payment, Value Proposition Canvas, Customer Profile.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi konsumen pengguna platform E-Payment terhadap produk dan jasa yang ditawarkan GoPay menggunakan Value Proposition Canvas. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memahami sejauh mana nilai proposisi yang ditawarkan oleh GoPay cocok dengan permintaan dan kebutuhan pengguna E-Payment di PT. Reka Cipta Solusi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa persepsi pengguna E-Payment terhadap GoPay berdasarkan alat identifikasi Customer Profile pada Value Proposition Canvas yang terbagi menjadi tiga blok Customer jobs, Customer pains, dan Customer gains serta produk dan layanan yang ditawarkan oleh GoPay kepada penggunanya berdasarkan alat identifikasi Value Map pada Value Proposition Canvas yang terbagi menjadi tiga blok Product and Services, Pain relievers, dan Gain Creators, yang kemudian dilanjutkan dengan perangkingan dan pemetaan menunjukkan bahwa terdapat kecocokan (Product Market Fit) antara kebutuhan dan keinginan konsumen dengan nilai proposisi yang dimiliki oleh E-Payment GoPay. Dapat disimpulkan bahwa produk dan jasa yang ditawarkan oleh GoPay telah berhasil mencapai Product Market Fit di PT. Reka Cipta Solusi.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marhami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.