MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KETERAMPILAN MEDIA KOLASE DENGAN BAHAN BEKAS PADA ANAK KELOMPOK A DI TK BUDI LUHUR KEDUNGPENGARON, MODO, LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29219Keywords:
Motorik Halus, Media Kolase, Bahan BekasAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa kurang berkembangnya motorik halus anak di kelompok A TK Budi Luhur Kedungpengaron, Modo, Lamongan. Selama ini guru sering mengembangkan motorik halus anak dengan kegiatan mewarnai, menggambar, melipat, dan menulis dan jarang melakukan kegiatan kolase. Padahal kolase menuntut kreativitas dan ide yang lebih sulit dibanding dengan pembuatan karya seni rupa yang lain, karena di dalam pembuatan kolase dituntut untuk memiliki, mencari, dan menemukan bahan yang khusus dan cocok untuk membuat kolase, kemudian bagaimana cara memadukan antara bahan yang satu dengan bahan yang lainnya. Bahan yang digunakan bisa berupa bahan alam, bahan buatan, bahan setengah jadi, bahan jadi dan bahan sisa. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 15 anak di kelompok A TK Budi Luhur Kedungpengaron, Modo, Lamongan. Hasil penelitian didapatkan adanya pengaruh dalam meningkatkan perkembangan motorik halus melalui keterampilan media kolase dengan bahan bekas pada anak kelompok A TK Budi Luhur Kedungpengaron, Modo, Lamongan.Downloads
Published
2024-06-07
How to Cite
Damayanti , I. ., & Hasiana , I. . (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KETERAMPILAN MEDIA KOLASE DENGAN BAHAN BEKAS PADA ANAK KELOMPOK A DI TK BUDI LUHUR KEDUNGPENGARON, MODO, LAMONGAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6784–6789. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29219
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Ika Damayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.