MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KETERAMPILAN MEDIA KOLASE DENGAN BAHAN BEKAS PADA ANAK KELOMPOK A DI TK BUDI LUHUR KEDUNGPENGARON, MODO, LAMONGAN

Authors

  • Ika Damayanti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Isabella Hasiana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29219

Keywords:

Motorik Halus, Media Kolase, Bahan Bekas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa kurang berkembangnya motorik halus anak di kelompok A TK Budi Luhur Kedungpengaron, Modo, Lamongan. Selama ini guru sering mengembangkan motorik halus anak dengan kegiatan mewarnai, menggambar, melipat, dan menulis dan jarang melakukan kegiatan kolase. Padahal kolase menuntut kreativitas dan ide yang lebih sulit dibanding dengan pembuatan karya seni rupa yang lain, karena di dalam pembuatan kolase dituntut untuk memiliki, mencari, dan menemukan bahan yang khusus dan cocok untuk membuat kolase, kemudian bagaimana cara memadukan antara bahan  yang satu dengan bahan yang lainnya. Bahan yang digunakan bisa berupa bahan alam, bahan buatan, bahan setengah jadi, bahan jadi dan bahan sisa. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 15 anak di kelompok A TK Budi Luhur Kedungpengaron, Modo, Lamongan. Hasil penelitian didapatkan adanya pengaruh dalam meningkatkan perkembangan motorik halus melalui keterampilan media kolase dengan bahan bekas pada anak kelompok A TK Budi Luhur Kedungpengaron, Modo, Lamongan.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Damayanti , I. ., & Hasiana , I. . (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KETERAMPILAN MEDIA KOLASE DENGAN BAHAN BEKAS PADA ANAK KELOMPOK A DI TK BUDI LUHUR KEDUNGPENGARON, MODO, LAMONGAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6784–6789. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29219