EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PESERTA DIDIK DI SMP

Authors

  • Mansur S Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29200

Keywords:

Hasil, Motivasi, Number Heads Together, Pembelajaran Kooperatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran number heads together terhadap motivasi dan hasil belajar siswa  SMP kelas VII pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eskperiment dengan desain penelitian non-euivalen control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sempling jenuh. Sempel penelitian adalah siswa kelas VIIA untuk kelas eksperimen dan kelas VIIB untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian penelitian yang digunakan adalah berupa angket dan tes hasil belajar yang berupa tes pilihan ganda yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data kedua kelolompok menggunakan uji t di peroleh hasil belajar, diperoleh hasil yaitu 0,000 < 0,05 dan uji t pada motivasi belajar 0,000< 0,05. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran number heads together  terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMPK Kimang Buleng Nita pada materi ciri - ciri makluk hidup.

References

Arikunto, S 2015. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Alfiati Nur Aini.2013.Keefektifsn Pembelajaran Number Heads Together terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Bangun Datar pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Nengeri Penarukan 01 dan 02 Kabupaten Tegal. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Candra Kusam Lestari. 2015. Penerapan Model Number Heads Togther (NHT) untuk Meningkatkan Keatifan dan Hasil Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Mulok Produktif Membuat Jajanan Tradisional Kelas X TPHP II di SMK N 1 Pandak Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Dimyati & Mudjiono. 2015 Belajar dan pembelajaran. Bandung : Rineka Cipta.

Djemari, M 2008. Teknik Penyusunan Tes dan Non Tes. Yogyakarta : Mitra Cedikia Offset.

Hamalik, O 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Juwaiarah. U. 2017. Pengaruh Penerapan Strategi Number Heads Together Untuk Meningkatkan motivasi dan hasil Belajar Siswa Kelas VIII di MTS Darul Ihsan Hamparan Perak. Jurnal Al- Irsyad. Vol.VIII, No. 1, Janari – Juni.

Lie, A. 2002. Coopertive Learning (Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang - Ruang Kelas). Jakarta : PT Gramedia Widiarasana.

Lefudin, 2017. Belajar dan pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi, Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama.

Marpardi, D 2012. Pengukuran Penilaian Hasil dan Evalusi Pendidikan. Yogyakarta : Nuh Medika.

S, M. 2021. Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 5 (2), 140-146,

S, M., Raida, S. A., Putra, S. H. J. P. 2021. Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Invertebrata. Journal of Biology Education. 4 (1), http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v4i1.9796

S, M., & Bare, Y. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup dengan Model Discovery Learning di SMAS Katolik ST Gabriel Maumere. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3 (2), 84–89. https://doi.org/10.29405/j.bes/3284-893298

Nurhardi. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta : Gramedia Widia Rasana.

Harsanti Gemilang Arni. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooprtatif Tipe Number Heads Together(NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Pembelajaran. Vol. 1 November.

Nursyamsi SY., Corebima. D. A., Susilo. H.2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Number Heads Together (NHT) terhadapt Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Muara Badak. Jurnal Pendidikan Teori Pendidikan dan Pengembangan.Vol :1, No. 10 Bulan Oktober. Hal. 1993-1998.

Nurlina. Penerapan Metode Scramble. 2013 Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Muhammdiyah 1 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 1. No.3

Pradana. R., Dian. 2010.Pemebelajaran Kooperatif dengan Tekni NHT (Number` Heads Togerher) disertai Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi di SMP Negeri 1 Sukoharjo. Skripsi. Surakarta : Universitas 11 Maret.

Rauf. A., Hala. Y., A. Taiyeb. M. 2017. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Watampone. Jurnal Nalar Pendidikan. Vol. 5 No. 1, Januari - Juni.

Sardiman A. M. 2014 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakata : PT. Raja Grafindo.

Sudjana, N 2015 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Suhardi, M 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Budi Utama.

Supardianningsih, S., Teo. M.,Yuni N . 2011PR Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/ MTs Kelas VII Semester I. Klaten : Intan Pariwara.

Sugiono, 2017. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Septianigrum, Endah. 2015. Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Model Guided Inquiri Materi Sistem Pernapasan di SMA N 2 Srangen. Skripsi.Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Trianto. 2007. Model - Model Pembelajaran Inovatif dan Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

W.S. Winkel, 2014. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Widoyoko, E. P. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

S, M. . (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PESERTA DIDIK DI SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 7977–7984. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29200

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.