IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIBUDAYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SDN SUKAMAHI 03

Authors

  • Siti Anisa Salsabila Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ilham Fahmi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhamad Faizin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29080

Keywords:

Budaya, Multibudaya, Pendidikan.

Abstract

Sebagai bangsa dengan budaya yang beragam, Indonesia memerlukan pendidikan multibudaya disetiap jenjang pendidikannya. Pendidikan multibudaya merupakan pendidikan untuk mengajarkan peserta didik untuk menghargai pluralitas beragamnya budaya yang ada di Indonesia. Dengan adanya pendidikan multibudaya, peserta didik diharapkan mampu mengakui adanya perbedaan disetiap lini kehidupan sebagai masyarakat Indonesia, lalu mampu berperilaku sebagai masyarakat yang hidup dengan beragam perbedaan budaya yang ada. Maka dalam setiap jenjang pendidikan, dibutuhkan pendidikan multibudaya untuk membangun karakter peserta didik yang saling menghargai, toleransi, membuang sikap xenophobia, dan menumbuhkan tenggang rasa sebagai rakyat bangsa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan mengadakan kegiatan wawancara dengan narasumber terkait tema penelitian yang bertempat di SDN Sukamahi 03, serta menggunakan analisis kajian literatur dimana peneliti mengumpulkan data-data berkaitan dengan topik penelitian lalu digabungkan dengan hasil wawancara mengenai implementasi pendidikan multibudaya dalam proses pembelajaran di SDN Sukamahi 03. Hasil observasi menunjukan bahwa pendidikan multibudaya secara tidak langsung sudah terintegrasi dalam kegiatan belajar mengajar mulai dari kelas 1 sampai kelas 6, yang menghasilkan peserta didik yang mampu menghargai dan merangkul perbedaan budaya yang ada.

References

Bado, B. (2021). Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah. In Tahta Media Utama.

Basit, A., Kenedi, G., Afnibar, & Ulfatmi. (2023). Konseling Lintas Budaya. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6, 4097–4106.

Januarti, A., & Zakso, A. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH ( Studi Kasus di SMA Negeri 1 Teluk Keramat ). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1–7.

Khaerunnisa, U., Darmiyanti, A., & Ferianto, F. (2023). Penerapan Pendidikan Multikultural pada Sekolah Dasar. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 37–48. https://doi.org/10.46963/alliqo.v8i1.705

Kirom, A. (2017). PERAN GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69–80.

Latifah, N. (2018). Mengembangkan Kompetensi Pendidik dalam Menghadapi Era Disrupsi,. Kerjasama PGSD: POR UMS.

Muhamad Nukman, Mariana, N. (2024). Upaya pemertahanan budaya lokal dalam pembelajaran bahasa asing pada perspektif glokalisasi. Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 276–283. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/23491/16974

Mulyana, D., & Rakhmat, J. (2000). Komunikasi Antarbudaya (Panduan Berkomunikasi Dengan Orang-Orang Berbeda Budaya). Remaja Rosdakarya.

Nurasmawi, & Ristiliana. (2021). Pendidikan Multikultural. CV Asa Riau.

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Salsabila, S. A. ., Fahmi, I. ., & Faizin, M. . (2024). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIBUDAYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SDN SUKAMAHI 03. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 6576–6582. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29080