PENGARUH PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PENCEGAHAN TINDAK KEKERASAN DI KALANGAN SISWA SMP KOTA PALU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29068Keywords:
Penguatan, Pendidikan Karakter, dan Tindak KekerasanAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Luar Kelas, di Dalam Kelas, dan Nilai PPK yang ditanamkan terhadap pencegahan kekerasan di kalangan siswa SMP Kota Palu. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif eksplanatori (explanatory research), dilaksanakan di SMP Kota Palu. Hasil penelitian menunjukkan: 1) PPK di Luar Kelas berkontribusi signifikan terhadap pencegahan kekerasan di kalangan siswa. Besarnya pengaruh tersebut adalah 0,113 x 0,113 = 0,0118 (1.188%). Total pengaruh X1 terhadap X4 melalui X2 dan X3 adalah 2.405%; 2) PPK di dalam Kelas berkontribusi signifikan terhadap pencegahan kekerasan di kalangan siswa.Besarnya pengaruh tersebut adalah 0,513 x 0,513 = 0.263 (26.316%). Total pengaruh X2 terhadap X4 melalui X1 dan X3 adalah 48,21%; 3) Nilai PPK yang ditanamkan berkontribusi signifikan terhadap pencegahan kekerasan di kalangan siswa. Besarnya pengaruh tersebut adalah 0,211 x 0,211 = 0.044 (4.452%). Total pengaruh X3 terhadap X4 melalui X1 dan X2 adalah 8.062%; dan 4) Secara simultan X1, X2, dan X3 berpengaruh signifikan terhadap X4. Secara keseluruhan tingkat pengaruh mencapai 2.40% + 48,21% + 8.06% = 58.58%. Nilai thitung diperoleh X1 adalah 2,769, thitung variabel X2 adalah 8,567, dan thitung variabel X3 adalah 4,123, dengan demikian yang paling berpengaruh signifikan terhadap pencegahan kekerasan adalah PPK di Dalam KelasReferences
Amirullah. (2015). Teori Pendidikan Karakter Remaja Dalam Keluarga. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Amri, Jauhari, & Elisah. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta, Indonesia: Prestasi Pustaka Publisher.
Aqib, Z & Sujak. (2011). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung, Indonesia: Yrama Widya.
Dahliyana, A. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah. Jurnal Sosioreligi, 15(1).
Aunillah, N. I. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta, Indonesia: Laksana.
Bahrun. (2012). Kajian Fenomenologis tentang Pola Pendidikan Karakter melalui Sistem Fullday School pada SMA Labschool Universitas Syiah Kuala. (Disertasi). Bandung, Indonesia: UPI
Budiningsih, C. A. (2009). Model Pembelajaran Dilema Moral dan Kontemplasi dengan Strategi Kooperatif. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 57-75.
Wardaya, C.U. (2013). Pendidikan Holistik Berbasis Karakter: Studi Kasus di TK Assalam Kota Bandung. (Disertasi). Bandung: UPI
Cowie, H., & Jennifer, D. (2009). Penanganan Kekerasan di Sekolah. Jakarta, Indonesia: Macana Jaya Cemerlang
Depdiknas. 2010. Kerangka Acuan Pendidikan Karakter. Jakarta: Dirjen Diki
Kadi, F. A. & Fadlyana, E. (2017). Kasus Kekerasan pada Anak Sekolah (School Bullying). Sari Pediatri, 8(4).
Hariwibowo, Eko. 1999. Manajemen Pendidikan Pesantren. Jakarta: Pustaka Semesta
Hasanah. (2012). Pendidikan Nilai Akhlak Mulia dalam Membina Sikap, Perilaku dan Kepribadian Anak Didik (Studi Kasus pada Sekolah Dasar Al-Azhar 21 Pontianak). (Disertasi). Bandung, Indonesia: UPI
Hendarman, dkk.(2016). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemdikbud.
Anshori, I, (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2),11-22.
Hidayatullah. M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Kerlinger, Fred. 2006. Asas-Asas Penelitian Behavioristik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Koesoema, D. 2015. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.
______. 2009. Pendidik Karakter di Zaman Keblinger. Mengembangkan Visi Guru sebagai Pelaku Perubahan dan Pendidik Karakter. Jakarta: Grasindo.
Koesoema, Doni, dkk. 2016. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Kemdikbud
Nuraedah (2022). Sosiologi Pendidikan (Dari Masyarakat hingga Ketidaksetaraan Gender dalam Pendidikan). Makassar: Nas Media Pustaka
Lickona.(1991). Education of Character. New York: Bantam Book.
______. 2008. Education of Character (Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik). Terjemahan oleh Lita. S. Bandung: Nusa Media.
Listyarti, R. (2012). Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, & Kreatif. Jakarta: Erlangga.
Rahmadi, M. (2014). Pengelolaan Pendidikan Karakter Berbasis Islam (Studi Kasus Pengelolaan Pendidikan Karakter Akhlak Mulia pada MA Husnul Khotimah Kuningan SMA IT Al-Multazam Kuningan dan SMA Sekar Kemuning Cirebon Jawa Barat). (Disertasi). Bandung, Indonesia: UPI
Agustin, M., Saripah, I., & Gustiana, A. D. (2019). Analisis Tipikal Kekerasan pada Anak dan Faktor yang Melatarbelakanginya. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS, 13(1).
Uliani, P & Setyowati, N. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah pada Siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Gedangan. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1(1).
Poerwodarminta, W.J.S. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ryan, K & Bohlin, K.E. (1990). Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Fransisco, CA: Jossey-Bass.
Samani, M & Hariyanto. (2017). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sulhan, Nadjib. 2010. Pendidikan Berbasis Karakter. Surabaya. Jepe Press Media Utama.
Sriyatin. (2013). Penanaman dan Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Budaya Lokal di SDN Dersono III Pacitan. Surakarta: Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Muis, T, Syafiq, M., & Savira, S.I. (2011). Bentuk, penyebab, dan dampak dari tindak kekerasan guru terhadap siswa dalam interaksi belajar mengajar dari perspektif siswa di smpn kota surabaya: sebuah survey. Jurnal Psikologi: Teori & Terapan, 1(2).
Tafsir, Ahmad. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zarkasi, T dan Al Kusaeri. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Al-Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang. Volume I No 3 Tahun 2019
Tri Karyono. 2023. Pengembangan Model Pendidikan dan Karakter Bangsa Melalui Stimulasi Menggambar Eksperesi Berbasis Nilai (Eksperimentasi Pembelajaran di kelas 2 SD Negeri Cisarua Kabupaten Bandung Barat). (Disertasi). Bandung: UPI
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa.
________ 2008. Malpraktek Pendidikan. Yogyakarta: GentaPress.
Wiyani, N. A. (2012). Save Our Children. From School Bullying. Yogyakarta: Ar-Ruz Media
Yaumi, Muhammad. 2016. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Yetri & Firdaos, R. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (Smpn) di Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8,No. II 2017
Yuyarti. (2019). MengatasiBullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif 8 (2) 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Idrus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




