PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RODA SPINNER PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 33 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28758Keywords:
Media Pembelajaran , Media Pembelajaran Roda Spinner, Pembelajaran IPAS.Abstract
Pengembangan media pembelajaran roda spinner pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 33 Palembang merupakan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran roda spinner yangt valid, praktis, dan efektif. Peneliti menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pembelajaran ADDIE. Adapun tahapan-tahapan model pembelajaran ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Hasil penelitian mendapatkan hasil kevalidan dari para validator ahli media, Bahasa, dan materi. Kevalidan media sebesar 82%, kevalidan Bahasa sebesar 84%, dan kevalidan materi sebesar 83%, dengan kriteria kevalidan dari ketiga aspek tersebut dinyatakan sangat valid. Menghasilkan rata- rata kepraktisan dari tiga tahapan uji coba, uji coba one to one sebesar 83,3%, uji coba small group sebesar 88,8%, dan uji coba kelompok besar sebesar 88,5%, dengan kriteria kepraktisan dari ketiga tahapan uji coba tersebut dinyatakan sangat praktis. Hasil keefektifan dengan membagikan soal post test kepada peserta didik sebesar 80,769% dengan kriteria keefektifan dinyatakan efektif. Demikian produk berupa media pembelajaran roda spinner pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 33 Palembang yang dihasilkan dapat dikategorikan sangat valid, sangat praktis, dan efektif sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran.References
Aprilia, Dina ; Kurniasih, Eneng ; Agustin , Alma Nadhifa ; Tami; Supriatna, Asep ;. (2023). Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Dan Akademik Siswa. Jurnal Primary Edu, 1(1), 30-38.
Ariskasar, D., & Pratiwi, D. D. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Solving Pada Materi Vektor. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 249-258.
Aslam, Ninawati, M., & Noviani, A. (2021). Pengembangan Media Monopoli Berbasis Kontekstual Pada Materi Jenis-Jenis Usaha Dan Kegiatan Ekonomi Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas Tinggi. Journal Of Islamic Primary Education, 4(1), 35-43.
Cahyadi, R. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.
Daniyati, A., Saputri , I. B., Wijaya, R., Septiyani , S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal Of Student Research (Jsr), 1(1), 282-294.
Darniyanti, Y., Rahmayati, I., & Filahanasari, E. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantu Canva Mata Pelajaran IPAS Untuk Mendukung Merdeka Belajar Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1507 - 1517.
Fatimah, D. D., Tresnawati, D., & Nugraha, A. (2019). Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Komputer Berbasis Multimedia Dengan Pendekatan Metodologi (R&D). Jurnal Algoritma, 16(2), 173-180.
Faujiah, N., Septiani, S. N., Putri, T., & Setiawan, U. (2022). Kelebihan Dan Kekurangan Jenis-Jenis Media. Jutkel: Jurnal Telekomunikasi, Kendali Dan Listrik, 3(2), 81-87.
Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104-114.
Hs, A. I., & Suriningsih, W. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Roda Putar Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Di Taman Kanak - Kanak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 291-303.
Huda , N. F. (2020). Penggunaan Media Spinning Wheel Dalam Pembelajaran Qawaid Nahwu. Studi Arab, 11(2), 87-100.
Ibrahim, M. A., Fauzan, M. L., Raihan, P., & Nuriyah, S. (2022). Jenis, Klasifikasi Dan Karakteristik Media Pembelajaran. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 106-112.
Ilham, M., Murniviyanti, L., & Prasrihamni, M. (2022). Pengembangan Media Permainan Monopoli Pada Pembelajaran Apresiasi Sastrapantun Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 5054-5062.
Inaya, M., Katarina, D., & Julaeha, S. (2021). Perancangan Aplikasi Edukasi Pakaian Adat Tradisional Indonesia Berbasis Android. Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research., 5(1), 227-235.
Isjayanti, M. D., Ismaya, E. A., & Khamdun. (2023). Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Tgt Berbantuan Media Roda Putar Pada Siswa Kelas Iv Sd N Pati Wetan 03. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 9(2), 1612-1620.
Kamal, M. (2019). Research And Development (R&D). Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 7(2), 1-22.
Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model Addie Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3d Pageflip. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Snpm), 1(1), 516-525.
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, & Haryanto, B. A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408-423.
Lasmana, T. P., Permana, A. G., & Iqbal, M. (2021). Pengenalan Pakaian Adat Di Indonesia Menggunakan Augmented Reality. Eproceedings Of Applied Science, 7(3).
Maulya, N. A., Martanti, F., & Rinjani, E. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Stiker Pintar Dalam Materi Asean Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(2), 201-213.
Meylovvia, D., & Julianto , A. (2023). Inovasi Pembelajaran Ipas Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di SDN 25 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), 84-91.
Mustaqim, D. H. (2019). Penggunaan Hak Angket Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Terhadap Lembaga Negara Independen. Badamai Law Journal, 4(1), 106-125.
Nawangwulan, M. D., Anggraeni, R. N., Bahiyyah, K., & Aeni , A. N. (2022). Pengembangan Media Interaktif Spin Game Dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Pemimpin Dalam Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10884-10890.
Nurinsana, S., Djafar, H., & Rosdiana. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Dan Konsonan Peserta Didik Kelas I SDN 8 Oheo Kab. Konawe Utara. Primer Edukasia Journal, 3(2), 49-61.
Nuzulia, N., & Zain, E. K. (2020). Pengembangan Media Roda Putar Pada Mata Pelajaran Ips Berbasis Hots Keragaman Suku Dan Budaya Kelas 4 Di MI PSM Padangan Kabupaten Tulungagung. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 66-79.
Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.
Rahmatunnisa, S., Mutjaba, I., Suciati, A., Lailatussaidah, & Rufaidah, R. (2022). Pengembangan Media Roda Putar Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Calistung (Membaca, Menulis Dan Berhitung) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 1 SDN Margahayu Xix. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Lppm Umj, 1(1).
Rahmi, M. S., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal Of Elementary Education, 3(2), 178-185.
Rustandi, A., & Rismayanti . (2021). Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57-60.
Saputra, T. F., & Mampouw, H. L. (2022). Pengembangan Pembelajaran Bermedia Powtoon Untuk Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 314-328.
Sariyani, N. N. (2019). Pakaian Adat Ke Pura Pada Generasi Remaja Hindu Di Desa Sari Mekar (Perspektif Sosial, Budaya Dan Religius). Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hind, 2(1), 26-36.
Septiani, Y. T., Destiniar, & Nurhasana , P. D. (2023). Pengembangan Media Permainan Spin (Roda Putar) Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 6 Rambang. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 9(2), 5635-5644.
Setiadi, G., & Yuwita, N. (2020). Pengembangan Modul Mata Kuliah Bahasa Indonesia Menggunakan Model Addie Bagi Mahasiswa Iai Sunan Kalijogo Malang. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Isla, 2(2), 200-217.
Simbolon , R. (2019). Penggunaan Roda Pintar Untuk Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (Jppguseda), 2(2), 66-71.
Sugiono, Noerdjanah, & Wahyu, A. (2020). Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur Sg Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55-61.
Susmiarni, A., Atika, N., & Fitri, I. (2023). Pengembangan Media Spinning Wheel: Media Untuk Stimulasi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(2), 166-184.
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. D., & Syafitri, R. (2023). Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160-166.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79-85.
Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29-36.
Umanailo , M. C. (2020). Analisis Semiotika Busana Adat Bagi Perempuan Di Pulau Buru. Dinamika Sosial Budaya, 22(1), 29-37.
Utami, F., Setyaningsih, A., Rita, A., Pirasintiya, Aghnaita, & Saudah . (2022). Pelatihan Pembuatan Media Roda Berputar Di Paud Islam Terpadu Assubhan. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 235-240.
Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Ipas Mi/Sd. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2100-2112.
Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (R&D) Dalam Bimbingan Dan Konseling. Quanta, 5(3), 111-118.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(1), 61-78.
Zainiyah, K., Rulyansah, A., Djazilan, M. S., & Rahayu, D. W. (2023). Spin Roda Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Untuk Mengembangkan Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Nusra: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 468-477.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hendra Lesmana, Djunaidi Djunaidi, Masagus Firdaus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.