PENGARUH ELECTRONIC-WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN PRICE DISSCOUNT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE ERIGO APPAREL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28274Keywords:
Electronic Word of Mouth , Price Discount , Keputusan Pembelian.Abstract
E-WOM dan Price Discount merupakan cara Promosi yang sudah dilakukan oleh Erigo Apparel. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh E-WOM dan Price Discount terhadap keputusan pembelian secara online Penelitian dilakukan pada Konsumen Erigo Apparel di Kota Palembang. jenis data pada Penelitin ini terdiri dari data kuatitatif dan kualitatif, berdasarkan sumbernya data dari penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner , observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini semua pelanggan Erigo Apparel Kota Palembang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial. Dalam penelitian ini dilakukan (Uji Normalitas, Uji Multikolienaritas, Uji Heteroskedotisitas dan Analisis Regresi Linear Berganda, yaitu Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F). Pengolahan data penelitian ini dibantu dengan program SPSS Versi 24. Hasil pengujian hipotesis secara parsial (Uji t) menunjukkan bahwa variabel Electronic-Word of Mouth (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian Online (Y) dengan t-hitung sebesar 3,776 lebih besar dari t-tabel 1,664. Variabel Price Discount (X2) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian Online (Y) dengan t-hitung sebesar 7,140 lebih besar dari t-tabel 1,664. Variabel E-WOM dan Price Discount secara simultan berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai Uji F hitung sebesar 130,323 dimana nilai ini lebih besar dari F table sebesar 2,31. Koefesien korelasi R sebesar 0,859 sedangkan koefisien determinasi R2 sebesar 73,1%.References
Atmaja, N. P. C. D., Pratama, I. M., & Manek, D. (2022). Pengaruh Experiental Marketing, E-Service Quality Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Lazada Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 8(2), 310–323. Https://Doi.Org/10.47329/Jurnal_Mbe.V8i2.975
Aynie, R. Q., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2021). Strategi Pemasaran Electronic Word Of Mouth Pada E-Commerce Dalam Menghadapi Era Digital 4.0 Di Indonesia. 1, 136–143.
Nyoko, A. E. L., & Semuel, A. D. D. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Di Media Sosial Facebook Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pelanggan Muca Cafe Kupang). Journal Of Management (Sme’s), 14(1).
Olii, M. R., Pratiknjo, M. H., & Matheosz, J. N. (2020). Online Shop Sebagai Alternatif Berbelanja Masyarakat Kota Manado (Vol. 13, Issue 4).
Putri, N. M. E., & Sudaryanto, B. (2022). Analisis Pengaruh Price Discount Dan Daya Tarik Iklan Pada Aplikasi E-Wallet Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Generasi Z (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 11(2). Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/Dbr
Ramadhani, M. W., Oktini, D. R., & Rohandi, M. M. A. (2018). Pengaruh Kualitas Website Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Di Kampung Batu Malakasari. Https://Doi.Org/10.29313/Bcsbm.V4i1.10820
Tuyu, V., & Moniharapon, S. (2022). Online (Studi Pada Konsumen Bag Store Manado) The Effect Of Online Advertising And E-Wom On Online Product Purchase Decisions (Study On Consumer Bag Store Manado). 10(3), 526–537.
Yulfianto, Y. (2023). Pengaruh Diskon Dan Pemberian Hadiah Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Ramayana Department Store Mall Dinoyo City).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M. Panca Prayoga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.