EVALUASI KEPUASAN KINERJA OPERASIONAL TERMINAL PANCOR LOMBOK TIMUR

Authors

  • Adiman Fariyadin Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Titik Wahyuningsih Universitas Muhammadiyah Mataram
  • M Islahul Umami Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27920

Keywords:

Terminal, Evaluasi, Importance Performance Analisis (IPA).

Abstract

Terminal transportasi menggambarkan panggung yang dinamis dari interaksi sosial, ekonomi, dan kultural. Terminal bukan hanya tempat untuk perpindahan fisik, tetapi juga menjadi pusat aktivitas yang mencerminkan kompleksitas kehidupan kota. Di sini, terbentuk ekosistem yang melibatkan pasar informal, kegiatan ekonomi mikro, dan pertemuan lintas lapisan masyarakat yang memperkaya keragaman budaya. Penelitian ini membahas evaluasi kinerja dan pelayanan terminal terhadap penumpang angkutan umum menggunakan metode analisis Importance Performance Analisis (IPA). Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari hasil suvei dengan cara  pengamatan di terminal. Data sekunder didapatkan dari pengelola terminal yaitu PT. DAMRI TRANSPORT berupa data penumpang. Berdasarkan hasil analisis data diketahui kinerja operasional terminal Pancor saat ini dengan jenis terminal tipe c memenuhi setandar peraturan MENHUB terkait dengan tipe dan fungsi terminal, namun, untuk fasilitas terminal belum memenuhi standar peraturan KM 31 Tahun 1995 Pasal 3, yang dimana tidak tersedianya tambu-rambu dan papan informasi. Hasil analisis menggunakan Importance Performance Analisis (IPA) terhadap atribut; 1) memiliki ruang tunggu yang cukup nyaman (P4); 2) bangunan terminal indah dan bersih (P7); dan 3) petugas bersikap ramah dan sopan (P8) merupakan atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki, karena tingkat kinerja yang rendah dan memiliki tingkat harapan yang tinggi.

References

Abu bakar, Iskandar, dkk. 1997. Menuju Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang Tertib. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Jakarta.

Abubakar. 1997. Standar Pelayanan Angkutan Umum.

Alit Widyastuty, Anak Agung Sagung. 2016. “Kinerja Operasional Pelayanan Terminal Kabupaten Gresik.” WAKTU: Jurnal Teknik UNIPA 13, no. 1 (March 23, 2016).

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Basoni, W. A. (n.d). 2022. Kepuasan Penumpang Terhadap Pelayanan Terminal Domestik Di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (1994). Standarisasi Kebutuhan Fasilitas Terminal.

Hasan, M. Iqbal. 2002. "Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya." Ghalia Indonesia, Bogor.

Hidayati, Nurul. 2011. "Evaluasi Kinerja Pelayanan Terminal Pancor Kabupaten Lombok Timur".

I Wayan Suteja, Rohani, dan Hasyim. 2020. Evaluasi Kinerja Operasional Terminal Dara Kota Bima.

Irfan Hadi Nugraha. 2022. “Evaluasi Kinerja Operasional Terminal Cigasong Tipe C Kabupaten Majalengka Ditinjau Dari Penumpang Angkutan Umum.” Program Studi Teknik Sipil, Institut Teknolog Nasional Bandung.

J. Supranto. 1997. “Pengukuran Tingkat kepuasan Pelanggan”. Jakarta: Rineka ipta.

Keputusan Menteri Perhubungan No. 31. 1995. Tentang Terminal Transportasi Jalan.

Made Putra U dan Sri Yuniarti. 2020. "Analisis Kinerja Operasional Terminal (Studi Kasus Terminal Tanjung Priok)". Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Jayabaya, Jakarta.

Muhammad Syukri, Hendra Garnida, dan Muhammad Syukri. 2023. ” Evaluasi Kinerja Operasional Terminal Cicaheum Bandung, Jawa Barat.”

Ody Wahyu Prasetya Utama, M. Zainul Arifin, A. Wicaksono. 2020. “Evaluasi Kinerja Terminal Induk Kota Bekasi.” Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Jalan MT.Haryono 167, Malang 65145.

PPRI No 43 Tahun. 1993. Terminal Prasarana Dan Lalu Lintas Jalan.

Sahria Ayu Riyanti, Herida Panji Olivia Azhar. 2022. Persepsi Penumpang Terhadap Kualitas Pelayanan Di Bandar Udara Domine Eduard Osok Sorong.

Supranto. 2002. Metode Ramalan Kuantitatif. Jakarta. Penerbit Rineka Cipta.

Sigit, Soehardi. 2001. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: BPFE UST

Tamin, Ofyar Z. 2000. Perencanaan dan pemodelan transportasi. 2nd ed. Bandung: Penerbit ITB.

Downloads

Published

2024-05-07

How to Cite

Fariyadin, A. ., Wahyuningsih, T., & Umami, M. I. . (2024). EVALUASI KEPUASAN KINERJA OPERASIONAL TERMINAL PANCOR LOMBOK TIMUR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5313–5325. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27920

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.