PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KALICACING 02 SALATIGA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27732Keywords:
Keterampilan Berbicara, Model Picture And Picture, Media FlashcardAbstract
Berdasarkan prasiklus yang telah dilaksanakan di kelas III SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga menunjukkan beberapa permasalahan yaitu siswa kurang aktif dalam menyampaikan ide pikiran atau pendapat secara lisan, dan guru kurang bervariatif dalam menggunakan model dan media pembelajaran yang menarik untuk melatih keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran picture and picture berbantuan media flashcard. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata observasi aktivitas siswa yang meningkat yaitu 88% dalam kategori sangat baik. Persentase tersebut meningkat 17% dari siklus 1. Peningkatan hasil keterampilan berbicara siswa ditunjukkan dari persentase ketuntasan yatu prasiklus 21% menjadi 36% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 79% pada siklus 2. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan model picture and picture berbantuan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.References
Afifah. (2021). Optimalisasi Flashcard untuk Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan di Pendidikan Dasar. Action Reasearch Journal Indonesia, 232-251.
Arasy, Z. (2020 ). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS V MIS MUHAMMADIYAH RAMBAI KOTA PARIAMAN. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, 10 (1).
Arsyad. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Azmi. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Science and Social Research, 11 (7)
Harsthorne. (2017). Literacy:The role of Communication Skills Retrived. https://www.sec-ed.co.uk/content/best-practice/literacy-the-role-of-communication-skills.
Huda. (2013). Penelitian Tindakan Kelas:teori dan praktek. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Marzuqi. (2019). Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: CV Istana.
Norviana, Z. (2023). Peningkatan Literasi Pembelajaran Kompetensi Gaya Melalui Problem Based Learning Berbantuan Flashcard Kelas IV SDN Jatisari. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 1 (2).
Nurgiyanto. (2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Purwanto. (2018). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ramadani, F. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Siswa Kelas IV MIN Banda Aceh. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan. 2 (3)
Riyanti, D. (2015). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POP UP PADA SISWA KELAS II SD N WIDORO KECAMATAN PENGASIH. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
saputra, D. (2023). Peningkatan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran IPA Materi Jaring-Jaring Makanan Berbantuan Media Kartu Bergambar Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2.
Sari. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Porshu pada Siswa Kelas II SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga. Jurnal Genre, 5 (2).
Sugiyarti. (2021). Pembelajaran Abad 21 . Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, Jakarta; Universitas Negeri Jakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wabdaron. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Pembelajaram Berbasis Masalah SIswa Sekolah Dasar Manokwari Papua Barat. Jurnal Papeda, 2 (1).
Wardani. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Banten: Universitas Terbuka.
Zakaria. (2021). Kecakapan Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar Masa Pandemi COVID-19. e-journal STAI Binamadani, 81-90.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Meia Cahyaningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.