ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS X SMA PADA MATERI SUHU DAN KALOR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26781Keywords:
Pemecahan Masalah, Multimodus Representasi, Suhu, KalorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMA pada materi suhu dan kalor. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X salah satu SMA di kota Merauke yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dan data diperoleh dengan memberikan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah. Adapun instrumen yang digunakan adalah instrumen kemampuan pemecahan masalah berbasis multimodus representasi Rosengrant yang telah dikembangkan peneliti dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya sehingga dinyatakan layak untuk digunakan sebagai instrumen tes. Selain itu, wawancara juga dilakukan terhadap guru sebagai data pendukung. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada tahap 1 dan tahap 4 lebih baik daripada tahap 2 dan tahap 3.References
Abdulfattah, A. dan Supahar, 2019, The Development of High School Physics Problem Solving Skills Test Instruments Based Problem-Based Learning, Journal for the Education of Gifted Young Scientists, Vol. 7, no. 4, pp 1037–1052
Almudí, J. M., Zuza, K., dan Guisasola, J., 2016, Learning of electromagnetic induction theory in general physics university courses. A teaching based on guided problem solving, Ensenanza de las Ciencias, Vol. 34, no. 2, pp 7–24
Amanah, P. D., Harjono, A., dan Gunada, W., 2017, Kemampuan pemecahan masalah dalam fisika dengan pembelajaran generatif berbantuan scaffolding dan advance organizer, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Vol. III, no. 1, pp 84–91
Aminulloh, R., Suhendra, dan Ristiana, M. G., 2020, Improvement mathematical problem’s solving ability of junior high school students by using inquiry models with everyone is a teacher here strategy, dalam Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing Ltd
Argaw, A. S., Haile, B. B., Ayalew, B. T., dan Kuma, S. G., 2017, The effect of problem based learning (PBL) instruction on students’ motivation and problem solving skills of physics, Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, Vol. 13, no. 3, pp 857–871
Azizah, R., Yuliati, L., dan Latifah, E., 2015, Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa SMA, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), Vol. 5, no. 2
Depdiknas, 2006, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Mata Pelajaran IPA SMP & MTS Fisika SMA & MA, Dirjen Dikdamen, Jakarta
Destalia, L., Suratno, dan H, S. A., 2014, Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan Metode Eksperimen pada Materi Pencemaran Lingkungan, Pancaran, Vol. 3, no. 4, pp 213–224
Fryda, C., Ayudha, H., dan Setyarsih, W., 2021, Studi Literatur?: Analisis Praktik Pembelajaran Fisika di SMA untuk Melatih Keterampilan Pemecahan Masalah, Vol. 11, no. 1, pp 2599–2562
Hariawan, Kamaluddin, dan Wahyono, U., 2014, Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palu, Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), Vol. 1, no. 2, pp 48–54
Kurniawan, A., Suhandi, A., dan Kaniawati, I., 2019, Effect of application of dilemmatic problem solving oriented learning model in physics teaching on improvement decision making skills senior high school students, dalam Journal of Physics: Conference Series, Institute of Physics Publishing
Nursaila, S. dan Faridah, 2015, Problem Solving Strategy in Balanced Forces, International Journal of Business and Social Science, Vol. 6, no. 8, pp 94–98
Pratama, N. D. S., Suyudi, A., Sakdiyah, H., Bahar, F., Analisis, ", Siswa, K., Memecahkan, D., Fisika, M., Usaha, M., Energi, D., Jurnal, ", Pendidikan, R., Dyah, N., Pratama, S., dkk., 2017, Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahan Masalah Fisika Materi Usaha dan Energi, Jurnal Riset Pendidikan Fisika), Vol. x, No.x, no. 2, pp 82–88
Putra, A., Masril, M., dan Yurnetti, Y., 2018, Planning Model of Physics Learning in Senior High School to Develop Problem Solving Creativity Based on National Standard of Education, dalam IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, Institute of Physics Publishing
Raissi, M., Perdikaris, P., dan Karniadakis, G. E., 2019, Physics-informed neural networks: A deep learning framework for solving forward and inverse problems involving nonlinear partial differential equations, Journal of Computational Physics, Vol. 378, pp 686–707
Retno, N. H. D., Sunarno, W., dan Marzuki, A., 2019, Influence of physics problem-solving ability through the project based learning towards vocational high school students’ learning outcomes, dalam Journal of Physics: Conference Series, Institute of Physics Publishing
Rosengrant, D., Etkina, E., dan Van Heuvelen, A., 2007, An overview of recent research on multiple representations, hlm. 149–152, dalam AIP Conference Proceedings
Shabrina dan Kuswanto, H., 2018, Android-Assisted Mobile Physics Learning Through Indonesian Batik Culture: Improving Students’ Creative Thinking and Problem Solving, International Journal of Instruction, Vol. 11, no. 4, pp 287–302
Sujarwanto, E. dan Hidayat, A., 2014, Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Modeling Instruction pada Siswa SMA Kelas XI, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 3, no. 1, pp 65–78
Supeno, S., Subiki, S., dan Rohma, L. W., 2018, Students’ Ability In Solving Physics Problems on Newtons’ Law of Motion, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, Vol. 7, no. 1, pp 59–70
Thi Thanh Hoi, P., Quang Bao, D., Khac Nghe, P., dan Thi Hang Nga, N., 2018, Developing Problem-Solving Competency for Students in Teaching Biology at High School in Vietnam, American Journal of Educational Research, Vol. 6, no. 5, pp 539–545
Widiasih, Permanasari, A., Riandi, dan Damayanti, T., 2018, The profile of problem-solving ability of students of distance education in science learning, dalam Journal of Physics: Conference Series, Institute of Physics Publishing
Yunita, N., Zahara, L., dan Sahidi, K., 2020, Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Melalui Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Kappa Journal, Vol. 4, no. 2, pp 233–239
Zahara, L., Syahidi, K., dan Qudsiah, H., 2021, Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual disertai Concept Mapping pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke, Kappa Journal, Vol. 5, no. 2, pp 183–190
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Merta Simbolon

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




