PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PERMAINAN KOSAKATA VOCAB MANIA’ UNTUK SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 9 AMBON

Authors

  • Rice Pesiwarissa SMP Negeri 9 Ambon
  • Theresia Tharob Universitas Pattimura
  • Rosina F.J. Lekawael Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26701

Keywords:

Penguasaan Kosa Kata, Vocab Mania, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Salah satu aspek yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa adalah penguasaan kosakata. Penguasaan kosakata yang baik akan memungkinkan siswa untuk memahami teks secara lebih komprehensif dan mengungkapkan pikiran mereka dengan lebih efektif..Jenis penelitian ini adalah desain Tindakan Kelas (Classroom Action Research/PTK). Berdasarkan hasil skor kosa kata siswa, ditemukan bahwa skor kosa kata siswa meningkat. Sebagian besar siswa mendapatkan nilai yang baik pada setiap akhir siklus. Nilai rata-rata siswa pada pretest siklus I adalah 51,4, dan nilai rata-rata pada posttest siklus I adalah 66,1 sedangkan pada posttest siklus II adalah 69,4). Penggunaan permainan kosakata "Vocab Mania" efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas VIII-5 di SMP Negeri 9 Ambon. Para siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan penggunaan kosakata setelah berpartisipasi dalam permainan ini. Dalam implementasi permainan kosakata, guru perlu memastikan bahwa permainan ini disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan kebutuhan siswa.

References

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W.H. Freeman and Company.

Carr, W., & Kemmis, S. (1986). Becoming critical: Education, knowledge and action research. Routledge.

Chen, Y., & Liu, W. (2020). The effectiveness of vocabulary games in English language learning: A study on secondary school students. Journal of Language and Linguistic Studies, 16(2), 45-60.

Dweck, C. S. (2017). Mindset: Changing the way you think to fulfill your potential. Hachette UK.

Elliott, J. (1991). Action research for educational change. Open University Press.

Halliday, M. A. K. (1978). Language as social semiotic: The social interpretation of language and meaning. Edward Arnold.

Hopkins, D. (2002). A teacher's guide to classroom research (4th ed.). Open University Press.

Huang, H., & Chen, C. (2018). The effects of vocabulary games on vocabulary learning: A study of Chinese EFL learners. International Journal of Applied Linguistics & English Literature, 7(3), 112-120. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.7n.3p.112

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner: Doing critical participatory action research. Deakin University Press.

Kurt Lewin (1946). Action research and minority problems. Journal of Social Issues, 2(4), 34-46.

Lee, H., & Kim, S. (2019). Vocabulary games as a strategy for enhancing English language learning: An empirical study. Language Teaching Research, 23(4), 467-485.

McNiff, J., & Whitehead, J. (2010). You and your action research project. Routledge.

Mayer, R. E. (2017). Using multimedia for e-learning. Journal of computer-assisted learning, 33(5), 403-423.

Moje, E. B. (2007). Developing socially just subject-matter instruction: A review of the literature on disciplinary literacy teaching. Review of Research in Education, 31(1), 1-44.

Nation, I. S. P. (2001). Learning vocabulary in another language. Cambridge University Press.

Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children. International Universities Press.

Reason, P., & Bradbury, H. (Eds.). (2008). The SAGE handbook of action research: Participative inquiry and practice (2nd ed.). Sage Publications.

Schmitt, N., & McCarthy, M. (2017). Vocabulary learning strategies and foreign language acquisition. Routledge.

Smith, J., et al. (2018). The effectiveness of vocabulary games in improving motivation and student engagement. Journal of Educational Psychology, 110(3), 389-401.

Stringer, E. T. (2013). Action research in education. Routledge.

Vygotsky, L. S. (1930). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Wang, X., et al. (2019). The use of vocabulary game applications in English language learning: A study on eighth-grade students. Journal of Educational Technology, 35(2), 123-137.

Downloads

Published

2024-03-17

How to Cite

Pesiwarissa, R. ., Tharob, T. ., & Lekawael, R. F. . (2024). PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PERMAINAN KOSAKATA VOCAB MANIA’ UNTUK SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 9 AMBON. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 3656–3665. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26701

Similar Articles

<< < 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.