PENERAPAN MODEL PJBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK SISWA KELAS 3 PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI MI NUR AZIZ KOTA PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26599Keywords:
PJBL, Perubahan Wujud Benda, HasilAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk penerapan dan meningkatkan Hasil Belajar Praktik Siswa Kelas III Pada Materi Perubahan Wujud Benda Di MI Nur Aziz Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian dilakukan 2 siklus, dalam setiap siklus terdapat 2 pertemuan dalam penelitian tindakan kelas terdapat 4 tahap (perencanaan, kegiatan, observasi, dan refleksi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar angket respon siswa, lembar observasi minat belajar siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran perubahan wujud benda dengan menggunakan metode pembelajaran dengan model project based learning (PJBL) sangat tepat dilakukan karena bertujuan untuk penerapan meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Perubahan Wujud Benda. Hasil penelitian sebagai berikut: pada pretest diperoleh hasil belajar dengan jumlah 1.290; pada posttest hasil belajar dengan jumlah 1,385; dan terjadi peningkatan sebesar 95%, dengan hasil sebesar 91,30% muncul pada Aktivitas Siswa Selama Kegiatan Belajar, naik dari 65,21%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar muatan bahasa Indonesia dan perubahan bentuk benda pada data pretest dan posttest berbeda secara signifikan. Jadi, dalam kursus bahasa Indonesia “Perubahan Bentuk Benda”, pendekatan pembelajaran berbasis proyek sangat meningkatkan kinerja siswa. Setelah melalui tinjauan pustaka, maka hasil belajar pada aktivitas siswa sepanjang kegiatan pembelajaran sebesar 91,30%.References
Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda karya
Priansa, 2014. Pengembangan strategi & model pembelajaran. CV. PUSTAKA SETIA.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Vaiabelvariabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Saur Tambolon (2014) penelitian tindakan kelas. Erlangga.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Regita Dwi Cahyati, Ribut Prastiwi Sriwijayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.