PENGARUH FOOD QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION DIMEDIASI OLEH SATISFACTION( STUDI PADA KONSUMEN PRODUK MIE COCONUT DI MAUMERE

Authors

  • Dimas Realino Universitas Nusa Nipa
  • Maria Viviana N. Lewar Universitas Nusa Nipa
  • Yoseph Darius P. Rangga Universitas Nusa Nipa
  • Alexis R. Naga Universitas Nusa Nipa
  • Maria A. Bissi Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26472

Keywords:

Mie Coconut, Food Quality, Satisfaction, Repurchase Intention

Abstract

MieNut merupakan produk berbahan dasar kelapa yang berdiri sebagai hasil inisiatif mahasiswa program studi kewirausahaan dan akuntansi Universitas Nusa Nipa yang dimulai di bulan Februari 2023. MieNut merupakan bisnis rumahan olahan mie dibuat dari tepung kelapa yang belum pernah ada di kabupaten Sikka. Pemilihan kelapa berangkat dari metode design thinking yang menjadi dasar penentuan produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh food quality, satisfaction dan repurchase intention serta mediasi dari satisfaction. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research, desain, menggunakan teknik Purposive sampling dengan total sampel 130 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan smart pls. Hasil penelitian food quality berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention, food quality berpengaruh signifikan terhadap satisfaction dan satisfaction berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention. Namun dilihat dari peran mediasi satisfaction didapatkan hasil bahwa satisfaction tidak berpengaruh signifikan dalam memediasi pengaruh food quality dan repurchase intention.

References

Awi, Y. L., & Chaipoopirutana, S. (2014). A Study of Factors Affecting Consumer’s Repurchase Intention toward Xyz Restaurant, Myanmar. International Conference on Trends in Economics, Humanities and Management, 181-184.

Basrah, & Samsul, A. (2012). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1).

Cendriono, Nanang.,& Titin Eka Ardiana. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Pembelian Ulang Dawet Jabung yang Dilihat dari Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi.” Jurnal Akuntansi dan Pajak, Vol. 18, No. 02.Ponorogo : Universitas Muhammadiyah.

Ferdinand, A. 2014. Metode Penelitian Manajemen (Edisi 5). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Grubor, A., & Mili?evi?, N. (2015). Measuring Onshelf Availability of FMCG Products. International Journal of Retail and Distribution Management, 43(1), 53-71.

Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., and Kuppelwieser, V. G. 2014. Partial least squares structural equation modeling (SEM-PLS): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106–121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128

Huarng, K.-H., & Yu, M.-F. (2018). Customer satisfaction and repurchase intention theory for the online sharing economy. Review of Managerial Science, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s11846-0180321-0

Kakisina, M., & Lego, Y. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Makanan, Dan Kualitas Layanan Terhadap Niat Pembelian Kembali Pada Pelanggan Kfc Cabang Kakialy Di Ambon. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(4), 1118. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i4.13507

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009a). Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa: Bob Sabran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Engel et al. (2001:284) Engel, James F., Roger D. Blackwell, and Paul W. Miniard. 2001. Consumer Behavior. 8th Edition. Orlando: The Dryden Press.

Kusumaningrum, D., & Wiwoho, D. G. (n.d.). PENGARUH CAFÉ ATMOSPHERE, FOOD QUALITY DAN SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DAN REPURCHASE INTENTION PADA KONSUMEN BERANDA EATERY KEBUMEN.

Lakni, & Jayasinghe, M. (2009). Customer-Defined Quality of Food: An Empirial Investigation Based On Kano Analytical Methods For Milk Powder. The Journal of Agricultural Sciences, 4(2), 50-62.

Mhlanga, O. (2015). Electronic meal experience: A gap analysis of online Cape Town restaurant comments. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 4(1),1–11. https://www.researchgate.net/profile/Oswald_Mhlanga/publication/309212398_Electronic_meal_experience_a_gap_analysis_of_online_Cape_Town_restaurant_comments/links/59e08b95a6fdcca98433c2 26/Electronic-meal-experience-a-gap-analysis-of-online-Cape-Town-restau

Namkung, Y., Jang, S., (2007), Does food quality really matter in restaurant: its impact of customer satisfaction and behavioral intentions? Journal of Hospitality and Tourism Research, Vol.31, No.3, pp. 387±410.

Reed dan Shinn. 2018. Overview of Exploratory, Descriptive and Causal Research in Marketing. https://study.com/academy/lesson/overview-of-exploratory-descriptive-causal-research-in-marketing.html. Diakses pada 15 November 2020

Septiawati, Ratna. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Pembelian Ulang Produk Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Tesis Magister Manajemen (Tidak dipublikasikan), Bandar Lampung: Program Pascasarjana Universitas Lampung.

Shin, Y., Thai, V. Van, Grewal, D., & Kim, Y. (2017). Do corporate sustainable management activities improve customer satisfaction, word of mouth intention and repurchase intention? Empirical evidence from the shipping industry. The International Journal of Logistics Management.

Sitompul, A. (2019). Pengaruh Substitusi Tepung Sukun Dan Penambahan Telur Ayam Kampung Terhadap Mutu Mie Basah. Wahana Inovasi, 8(2), 2019.

Winarjo, H., & Siwalankerto, J. (n.d.). Pengaruh Food Quality dan Atmosphere terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Café Intro di Surabaya.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Realino, D. ., Lewar, M. V. N. ., Rangga, Y. D. P. ., Naga, A. R. ., & Bissi, M. A. . (2023). PENGARUH FOOD QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION DIMEDIASI OLEH SATISFACTION( STUDI PADA KONSUMEN PRODUK MIE COCONUT DI MAUMERE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 1222–1227. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26472