IMPLEMENTASI PENDEKATAN PJBL (PROJECT BASED LEARNING) MENGGUNAKAN MEDIA DIGITAL STORYTELLING UNTUK PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK DI KELAS V SDN AMBULU 1

Authors

  • Sofiatul Azizah Universitas Panca Marga
  • Didit Yulian Kasdriyanto Universitas Panca Marga
  • Ryzca Siti Qomariyah Universitas Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26367

Keywords:

Model PJBL. Digital storytelling. Kreativitas.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PJBL (Project Based Learning) menggunakan media digital storytelling untuk meningkatkan kreativitas siswa di kelas V SDN Ambulu 1. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas V dengan jumlah siswa 20 orang. Tindakan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pelajaran IPAS dengan menerapkan model pembelajaran PJBL (Project Based Learning) yang menggunakan media digital storytelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran PJBL dengam menggunakan media digital storytelling dapat meningkatkan kreativitas siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil nilai yang dicapai pada setiap kegiatan. Pada siklus I pertemuan pertama diketahui 2,16 dengan kategori kurang baik dan pertemuan kedua 2,93 dengan kategori cukup baik sehingga rata-rata dari keduanya diperoleh 2,54 kategori cukup baik. Sedangkan siklus II pada pertemuan pertama 3,35 dengan kategori cukup baik dan pertemuan kedua diketahui 3,70 kategori baik sehingga rata-rata keduanya diketahui 3,52 kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PJBL menggunakan media digital storytelling terhadap kreativitas siswa berhasil. Disamping memberikan kesempatan untuk mengembangkan diri sesuai dengan bakat dan minat siswa, pembelajaran kreativitas juga dapat mencapai tujuan belajar secara totalitas.

References

Abdillah, Leon A., Fauziah, A., Napitupulu, Dedi Sahputra, Sulistiyo, H., Fitriyanti, Sakti, Bayu Purbha, Khusnia, Aulia Nisa’, Noveni, Nia Anggri, Tarjo, Suwarno, Chamidah, D., Puri, Valendra Granitha Shandika, Salman, I., & Nurkanti, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Teori Dan Penerapannya ( Adirasa Hadi Prasetyo (Ed.)). Cv. Adanu Abimata.

Hanum, L., Lassari, R. P., Rahma, S. A., Suci, S., Zaitun, & Marini, A. (2023). Upaya Melestarikan Kebudayaan Indonesia Berbasis Digital Storytelling Di Sekolah Dasar. 2(12), 1665–1672.

Hasanah, M., Sriwijayanti, R. P., & Qomariyah, R. S. (2023). Implementasi Alat Peraga 3 Dimensi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Ii Sd Negeri Segaran.

Martin, R., & Simanjorang, M. M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum Yang Sesuai Dalam Pendidikan Di Indonesia. 1, 125–134. Https://Doi.Org/10.34007/Ppd.V1i1.180

Ningsih, Sri Oktavia. (2022). Peranan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. 2, 281–288.

Rukamana, C., Maharani, H. R., & Ubaidah, N. (2020). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Model Pembelajaran Pjbl Dengan Pendekatan Stem. 618–631.

Safi`I, A. (2019). Creative Learning. In Educational Forum (Vol. 22, Issue 4).

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Jurnal Basicedu. 5(4), 1879–1887.

Wahyudin. (2007). A To Z Anak Kreativ (Wulan (Ed.)). Gema Insani.

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Azizah, S. ., Kasdriyanto, D. Y., & Qomariyah, R. S. . (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN PJBL (PROJECT BASED LEARNING) MENGGUNAKAN MEDIA DIGITAL STORYTELLING UNTUK PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK DI KELAS V SDN AMBULU 1 . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3264–3269. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26367