IMPLEMENTASI METODE MUROJA’AH SISWA KELAS I UNTUK MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN DI MI MUHAMMADIYAH CINDAGA BANYUMAS

Authors

  • Rizky Nur Fadilah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Ana Andriani Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26309

Keywords:

Karakter Disiplin, Metode, Muroja'ah

Abstract

Program pembiasaan metode muroja’ah yang dibuat oleh sekolah merupakan salah satu upaya untuk membentuk dan mengembangkan karakter disiplin pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi karakter disiplin siswa kelas I melalui metode muroja’ah di MI Muhammadiyah Cindaga Banyumas, faktor pendukung dan faktor penghambat, serta dampak sikap pada siswa kelas I. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan strategi pendekatan studi kasus. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis Miles, Huberman and Saldana (interactive model). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa kelas I memiliki karakter disiplin yang tinggi dalam proses kegiatan pembiasaan muroja’ah. Faktor yang mendukung seperti adanya dukungan dari komite sekolah, dukungan dan kerjasama guru, serta dukungan orang tua. Fasilitas sekolah yang belum nyaman, kemampuan anak yang berbeda, kemampuan konsentrasi siswa dalam muroja’ah dan pengawasan dari orang tua ketika muroja’ah di rumah, kurangnya motivasi siswa, sertapemahaman guru yang belum sama dalam menguasai metode muroja’ah dan bacaan tartili menjadi faktor penghambat. Dampak sikap yang muncul dari implementasi karakter disiplin pada siswa kelas I diantaranya disiplin waktu, disiplin setoran hafalan, disiplin tanggungjawab, dan disiplin berpakaian.

References

Afandi, Muhammad., Chamalah, Evi., Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. UNISSULA Press.

Andriani, A., & Wakhudin, W. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Mim Pasir Lor Karanglewas Banyumas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 51–63.

Ilyas, M. (2020). Metode muraja’ah dalam menjaga hafalan al-qur’an. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 1–24.

Mansyur, R. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Muhammad, A. hasan yusuf. (2004). Pendidikan Anak dalam Islam. Darul Haq.

Nugroho, A. (2020). Penanaman Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(2), 90–100.

Qomariyah, Nurul & Muhammad, I. (2016). Metode Cepat dan Mudah Agar Anak Hafal. Semesta Hikmah.

Qomariyah, Nurul & Muhammad, I. (2019). Agar Anak Zaman Now Bisa Hafal Al-Qur’an. Semesta Hikmah.

Suprapto, W. (2019). Implementasi Pembiasaan Diri Dan Pendidikan Karakter (Sebagai Pengantar). CV BUDI UTAMA.

Ubaid, M. (2017). 9 Langkah Mudah Menghafal Al-Qur’an: Rahasia Al-Qur’an dengan Metode Belajar Paling Modern. PT Aqwam Media Prefitika.

Downloads

Published

2024-03-11

How to Cite

Fadilah, R. N. ., & Ana Andriani. (2024). IMPLEMENTASI METODE MUROJA’AH SISWA KELAS I UNTUK MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN DI MI MUHAMMADIYAH CINDAGA BANYUMAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3466–3470. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26309