PENGARUH MEDIA PICTURE AND PICTURE DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR UNTUK SISWA KELAS IX SMP N 1 TEBING TINGGI

Authors

  • Eduardo Sianturi Universitas Efarina

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26072

Keywords:

Gambar, Media, Prosedur, Menulis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  efek dari gambar dan media gambar dalam menulis teks prosedur. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2023 di SMP N 1 Tebing Tinggi. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen berkaitan dengan sebab akitat dan menggunakan model one group pretest-posttest dengan menggunakan gambar dan media gambar dengan perlakuan menggunakan buku panduan.  Selanjutnya penelitian ini akan dibandingkan dengan sampel uji terkait pada taraf 0,05 (95%). Hasil nilai rata-rata pretest  adalah 59,9 dan nilai rata-rata posttest adalah 76,3. Dari analisis data, hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji “t” tabel. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa t-hitung (52) lebih besar dari t-tabel (1,669) pada taraf signifikan 5% untuk uji dua sisi dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa gambar dan media gambar mempunyai  pengaruh yang besar terhadap penulisan teks prosedur di SMP Negeri 1 Tebing Tinggi di kelas eksperimen.

References

Abbas, Saleh, (2006:125). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Disekolah Dasar. Jakarta: departemen pendidikan nasional dierktorat jendral pendidikan tinggi direktorat ketenagaan.

Akbari, R., & Hosseini, K. (2008). Multiple Intelligences and Languange.

Learning Strategis. Investigating Possible Relations.

Alim, S. (2011). Pemanfaatan ICT Dalam Proses Merancang Dan. Mengimplementasikan Model Pembelajaran Inovatif Designed Student. Centred Instructional.

Anderson, Ronald H. (1987). Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Penerjemah: Yusufhadi Miarso, dkk. Jakarta: Rajawali.

Anggito, A. dan Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Brown, H. D. 2004. Language Assessment Principles and Classroom Practices. New York: Longman.

Barus, L. D. G., Herman., and Niswa, K. (2020). The Effect of Student Teams Achievement Divisions (STAD) to the Students’ Writing Ability on Recount Text. Journal of English Education and Teaching (JEET), Volume 4 number 4, December 2020, Page 536-547. DOI:

Brown, Larry., Cash,J.W. 2011. A Writer’s Life. Mississippi: University Press of Mississippi

Calhoun, Emily F. 1999. Teaching Beginning Reading and Writing with the Picture Word Inductive Model. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Creswell, John W. 2012. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson.

Folse, K., Muchmore-Vokoun, A., Solomon, E.V. (2004). Great paragraphs. Boston: Heinle, Cengage Learning.

Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching. Harlow: Longman.

Hatch, E. and Farhady, H. (1982). Research Design and Statistic for Applied Linguistics. London: New Bury House Production.

Herman, Sibarani, J. K., and Pardede, H. (2020). The Effect of Jigsaw Technique in Reading Comprehension on Recount Text. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, Jayapangus Press ISSN 2615-0891 (E) Vol. 3 No. 1 (2020), PP. 84-102. DOI: 10.37329/cetta.v3i1.413.

Herman, H., Rafiek, M., Agustina, T., Saddhono, K., Malabar, S., Saputra, N., and Purba, R. (2023). Exploring the metafunctions to improve EFL learners’ writing ability in the perspective of systemic functional linguistics. Research Journal in Advanced Humanities, 4(2), 87-100. DOI:

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Napitupulu, A. T., Simanjuntak, G. W., Silaban, L. P., Tampubolon, S. E., Sinaga, S. M., Br Simanjuntak, T. L., Herman, H., Munthe, M. V. R., Sitanggang, A., & Naibaho, W. (2023). Penggunaan Gambar Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Peserta Didik Kelas V SD N 091288 Sibaganding. Beru’-beru’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.31605/jipm.v2i1.2749

Onasanya. 2004. “Selection and Utilization of Instructional Media for Effective. Practice Teaching”. Institute Journal of Studies in Education. Vol. 2 No. 1.

Oshima. Alice. Writing academic English IAlice Oshima. Ann Hogue.-3rd ed.

Oshima, A. & Hogue, A. (2007). Introduction to academic writing. New York:Pearson Education.

Pit Corder, S. Published by Longmans, 1966.The Visual Element in Language Teaching. USA.

Pratama, Melgis Dilkawaty. (2012). Teaching Writing: A Handbook of Teaching Productive Skills. Education Matters Most Publishing

Raimes, Ann.1983. Technique in Teaching Writing. New York: Oxford University Press.

Rajagukguk, T. A., Herman. H., & Sihombing, P. S. R. (2020). The Effect of Using Collaborative Writing Method on Students’ ` Recount Text at Grade Ten of SMK YP 1 HKBP Pematangsiantar. Acitya: Journal of Teaching and Education, 2(2), 95-114. DOI:

Ruswinarsih. 2015. The Use of Pictures In Improving Writing Procedure Text Ability of The First Students’ of SMPN 5 Dumai. Journal ELTIN Vol. 3.

Sidauruk, A., Silalahi, D. E., and Herman, H. (2020). The Effect of Problem Based Learning (PBL) on Writing Recount Text at Grade Ten of SMK Negeri 2 Pematangsiantar. Journal of English Teaching as a Foreign Language 6 (1), 29-43

Simare mare, R. M., Herman, H., Purba, C. N., Sinurat, B., and Saputra, N. (2022). Students’ difficulties in writing recound and narrative text. Jurnal Scientia, 11(1), 592-597.

Sinaga, H., Herman., and Hutauruk, B. S. (2020). Students’ Difficulties in Using Personal Pronouns in Writing Recount Text. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 5(1), 29-36.

Sudijono, A., (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Suparno, Yunus Muhamad. 2002. Keterampilan Dasar menulis. Jakarta : Universitas Terbuka

Susanto, H., Irmawati, I., Akmal, H., & Abbas, E. W. (2021). Media Film Dokumenter Masuknya Islam Ke Nusantara dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(1).

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Uno, Hamzah B. dan Satria Koni. 2012.Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi.

Aksara.

Wright, A. (1989). Pictures for Language Learning. Cambridge: Cambridge University. Press.

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

Sianturi, E. . (2024). PENGARUH MEDIA PICTURE AND PICTURE DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR UNTUK SISWA KELAS IX SMP N 1 TEBING TINGGI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 3023–3029. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26072

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.