PENINGKATAN BERBICARA SISWA SMP FREE METHODIST 1 MEDAN DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26008Keywords:
Berbicara,Media Sosial.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah memanfaatkan media sosial untuk membantu kemampuan berbicara para siswa kelas VIII-3. Penelitian semacam ini dikenal dengan penelitian tindakan kelas (PTK) Kolaboratif yang melibatkan sebanyak 30 siswa. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan yaitu Tahapan persiapan, tahapan tindakan, tahapan observasi, dan tahapan refleksi semuanya itu tercantup dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Tes, dokumentasi, dan observasi merupakan teknik yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini. 5 kelompok yang masing-masing terdiri dari 6 orang siswa yang dibentuk oleh peneliti untuk membahas penelitian ini, lalu peneliti akan memberi waktu kepada setiap kelompok untuk saling berdiskusi mengenai tugas yang telah diberikan. Setiap kelompok mendapat pekerjaan dari peneliti yang kemudian akan diselesaikan oleh masing-masing kelompok, Kemudian Siswa secara bergantian maju kedepan untuk mempresentasikan hasil pekerjaanya setelah diskusi kelompok selesai. Meskipun peneliti sudah menjelaskan dan menerapkan diferensi pembelajaran berbasis proses, namun masih juga mengalami kusulitan dalam melaksanakannya.References
Damayanti, A. D., Jannah, A. N., & Agustin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Muhammadiyah 19 Sawangan. Prosiding Samasta.
Darlis, A., Sinaga, A. I., Perkasyah, M. F., Sersanawawi, L., & Rahmah, I. (2022).Pendidikan berbasis merdeka belajar. Journal Analytica Islamica, 11(2), 393 401.
Hartawati, F., & Karim, M. (2024). TANTANGAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 14(1), 185-190.
Hasim, E. (2020). Penerapan kurikulum merdeka belajar perguruan tinggi di masapandemi covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.
Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022, August).Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp.181-192).
Hutabarat, H., Harahap, M. S., & Elindra, R. (2022). Analisis penerapan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58-69.
Kartini, P. A. (2023). Tantangan Guru Bahasa Arab Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Dualiy: Dirasah Al Lughah Al Arabiyah, 1(1), 23-27. Lince, L. (2022, May). Implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan motivasi belajar pada sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai (Vol. 1, pp. 38-49).
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80 86.
Melani, A., & Gani, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Padang. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 23-32.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Oktaviandi Bertua
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.