MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA PADA TEKS DESKRIPTIF MELALUI TEKNIK FRESH DI KELAS VII SMPN 7 TAMBUSAI

Authors

  • Siti Nurjanah Smp 7 Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25833

Keywords:

Menulis, Teknik FRESH, Bahasa Inggris.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII di SMPN 7 Tambusai, khususnya dalam menulis teks deskriptif. Teknik FRESH (Focus, Relevance, Evidence, Structure, and Helpful Feedback) diterapkan sebagai pendekatan pembelajaran untuk membimbing siswa dalam proses penulisan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan tiga siklus penerapan Teknik FRESH. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, penilaian kualitatif dan kuantitatif tulisan siswa, serta survei dan wawancara untuk mendapatkan pandangan siswa dan guru terkait efektivitas Teknik FRESH. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis siswa. Siswa menunjukkan kemajuan dalam merinci deskripsi, membangun struktur teks, dan memberikan bukti yang relevan. Observasi kelas juga mencerminkan keterlibatan aktif siswa selama proses menulis dengan memanfaatkan langkah-langkah Teknik FRESH dengan nilai rata-rata 58.9 disiklus 1, dan meningkat pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 81. Respons positif diperoleh dari siswa dan guru terkait penerapan Teknik FRESH. Siswa menyatakan bahwa Teknik FRESH membantu mereka memahami konsep-konsep menulis dengan lebih baik, sementara guru mengamati peningkatan kualitas tulisan siswa. Implikasi penelitian ini adalah bahwa Teknik FRESH dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa pada teks deskriptif. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan strategi pembelajaran menulis yang lebih baik di tingkat SMP, khususnya dalam konteks penyusunan teks deskriptif.

References

Achmad, D., Fitriani, S. S., Rusli, D. Z., and Yulia, A. (2019). The Implementation of Fresh Technique In Teaching Writing A Descriptive Text. Proceedings of the 2nd English Education International Conference (EEIC) in conjunction with the 9th Annual International Conference (AIC), (pp. 249- 254). Banda Aceh.

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Brown, H. D. (2007). Principles of Language Learning and Teaching. New York: Pearson Education.

Faisal, and Suwandita, K. (2013). The Effectiveness of FRESH Technique to Teach Descriptive Paragraph. Journal of Education and Learning (EduLearn), 239-248.

Faisal, and Wulandari, Y. (2013). Improving Students' Competence in Writing Descriptive Texts Through " Fresh " Technique. English Review: Journal of English Education.

Gerot, L., and Wignell, P. (1994). Making Sense of Functionnal Grammar. Australia: Gerd Stabler.

Harmer, J. (2004). How to Teach Writing. England: Pearson Education Limited. Hatch, E., and Farhady, H. (1982). Research Design and Statistics For Applied

Linguistics. London: Newbury House Production, Inc.

Heaton, J. B. (1988). Writing English Language Testing. New York: Longman. Husna, L., Zainil, and Rozimela, Y. (2013). An Analysis of Students’ Writing Skill

In Descriptive Text At Grade X1 IPA 1 of Man 2 Padang. Journal English Language Teaching (ELT).

Jacobs, H. L., Zinkgraf, S. A., Wormuth, D. R., Hartfiel, V. F., and Hughey, J. B. (1981). Testing ESL Composition: A Practical Approach. Rowley, Massachusetts: Newbury House.

Jaramillo, L., and Medina, A. S. (2011). Adolescents’ Awareness of Environmental Care: Experiences when Writing Short Descriptive Texts in English. PROFILE Vol. 13, No. 1, 11-30.

Kurniawati, N., Syafar, A., and Hastini. (2016). Applying Fresh Technique in Teaching Writing Descriptive Paragraph of The Seventh Grade Efl- Learners. e-journal of English Language Teaching Society.

Mulyaningsih, T., Rais, A. D., and Sulistyawati, H. (2013). A Correlation Study Between Grammatical Competence, Verbal Linguistic Intelligence, And Writing Ability. English Education: Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sebelas Maret, 2, 24-33.

Myles, J. (2002). Second language writing and research: The writing process and error analysis in student texts. TESL-EJ, 6.

Nunan, D. (2003). Pratical English Language Teaching. New York: Mc Graw Hill. Pratama, M. D. (2012). Teaching Writing: A Handbook of Teaching Productive

Skill. Pekanbaru: Education Matters Most Publishing.

Ria, N., and Novtapianti, R. (2019). The Use of Fresh Technique in Teaching Writing Descriptive Text to The Eighth Grade Students of Smp Pgri Sukamoro. Jurnal Didascein Bahasa, 33-42.

Richards, J. C., and Renandya, W. A. (2002). Methodology in Language Teaching.

Cambrige University Press.

Richards, J. C., and Rodgers, T. S. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambrige University Press.

Sartika, R. (2017). Implementing Word Wall Strategy In Teaching Writing Descriptive Text For Junior High School Students. Journal of English and Education, 5, 179 – 186.

Somsai, S., and Buttapeng, S. (2022). An Approach for Developing Descriptive Paragraph Writing Competence through FRESH for Thai Tertiary Students. Dhammathas Academic Journal.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan RandD. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, A. (2015). The Effectiveness of Mindmapping in Improving Students’ Writing Skill Viewed From Their IQ. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 2, 101-119.

Syahrozi, H., Rochsantiningsih, D., and Handayani, E. I. (2018). Improving Students' Motivation in Learning English Using Movie Clip. English Education Journal, 55-63.

Wardiman, A., Jahur, M. B., and Djusma, M. S. (2008). English in Focus for Grade VII Junior High School (SMP/MTs). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Wingersky, J., Boerner, J. K., and Balogh, D. H. (2009). Writing Paragraphs and Essay: Integrating Reading, Writing, and Grammar Skills. Boston: Wadsworth.

Wishon, G. E., and Burks, J. M. (1980). Let's Write English. New York: American Book Company.

Wyrick, J. (2000). Steps to writing well. Wadsworth Cengange Learning.

Downloads

Published

2024-02-11

How to Cite

Nurjanah, S. . (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA PADA TEKS DESKRIPTIF MELALUI TEKNIK FRESH DI KELAS VII SMPN 7 TAMBUSAI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2543–2549. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25833

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.