PENGARUH SERVICE QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN J&T EXPRESS DI MAUMERE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25813Keywords:
Service Quality, Brand Image, Loyalitas Pelanggan, J&T ExpressAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality dan brand image terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling dengan jumlah resonden sebanyak 100 orang pelanggan J&T Express Maumere. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala service quality, skala brand image dan skala loyalitas pelanggan yang dimodifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menggunakan uji F diperoleh nilai F hitung > F tabel (69,730 > 3,09) dengan nilai sig (0,000 < 0,05) yang artinya ada pengaruh positif antara service quality dan brand image terhadap loyalitas pelanggan dengan kontribusi service quality dan brand image terhadap loyalitas pelanggan sebesar 60% dengan persamaan garis regresi dalam penelitian ini adalah Y= 4,550 + 0,452 + 0,397.References
Aini, T. N. 2020. Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Komitmen Sebagai Variable Intervening. Jurnal Bisnis Manajemen Akuntansi. Vol. 1. No.2. Hal: 88-98
Azwar, S. 2012. Metode Penelitian. Pustaka Belajar. Yogyakarta.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Griffin.2019. A First Look at Communication Theory.8thedition. Boston:McGraw Hill.Bungin
Kotler, P & Keller, K. 2013. Manajemen Pemasaran. Penerbit Indeks. Jakarta
Kotler, P., dan Armstrong, G. 2008. Prinsip- prinsip pemasaran, edisi kedua belas. Erlangga. Jakarta
Kotler, P., dan Keller, K. L. 2014. Manajemen Pemasaran; Jilid 2. Erlangga. Jakarta
Lovelock, Christopher dan Wirtz, Jochen. 2007. Services Marketing: People, Technology, Strategy. Pearson Education Inc. New Jersey
Silvianita, A., Salsabil, M,A. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Brand Humblezing. Jurnal Manajemen. Vol.10.No.1. Hal:201-204.
Suyono, R. P. 2003. Shipping : Pengangkutan intermodal eksport import melalui laut edisi ke-3. PPM. Jakarta.
Tjiptono, F. 2005. Manajemen Pemasaran. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Utomo, H., Putri, Y,L. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Jurnal Among Makarti. Vol.10. No.19.Hal:70-90.
Yuliana, Y. 2017. Upaya Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Pendekatan Kualitatif Pada Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Di Fakultas Ekonomi Umn Al Washliyah Medan Ta 2013/2014. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora. 2(2), 291-325.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maria Megaloma H. Gaharpung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.