PENGARUH SERVICE QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN J&T EXPRESS DI MAUMERE

Authors

  • Maria Megaloma H. Gaharpung Universitas Nusa Nipa Indonesia
  • Maria Fulgeria Apriliani Universitas Nusa Nipa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25813

Keywords:

Service Quality, Brand Image, Loyalitas Pelanggan, J&T Express

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality dan brand image terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling dengan jumlah resonden sebanyak 100 orang pelanggan J&T Express Maumere. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala service quality, skala brand image dan skala loyalitas pelanggan yang dimodifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menggunakan uji F diperoleh nilai F hitung > F tabel (69,730 > 3,09) dengan nilai sig (0,000 < 0,05) yang artinya ada pengaruh positif antara service quality dan brand image terhadap loyalitas pelanggan dengan kontribusi service quality dan brand image terhadap loyalitas pelanggan sebesar 60% dengan persamaan garis regresi dalam penelitian ini adalah Y= 4,550 + 0,452 + 0,397.

References

Aini, T. N. 2020. Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Komitmen Sebagai Variable Intervening. Jurnal Bisnis Manajemen Akuntansi. Vol. 1. No.2. Hal: 88-98

Azwar, S. 2012. Metode Penelitian. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Griffin.2019. A First Look at Communication Theory.8thedition. Boston:McGraw Hill.Bungin

Kotler, P & Keller, K. 2013. Manajemen Pemasaran. Penerbit Indeks. Jakarta

Kotler, P., dan Armstrong, G. 2008. Prinsip- prinsip pemasaran, edisi kedua belas. Erlangga. Jakarta

Kotler, P., dan Keller, K. L. 2014. Manajemen Pemasaran; Jilid 2. Erlangga. Jakarta

Lovelock, Christopher dan Wirtz, Jochen. 2007. Services Marketing: People, Technology, Strategy. Pearson Education Inc. New Jersey

Silvianita, A., Salsabil, M,A. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Brand Humblezing. Jurnal Manajemen. Vol.10.No.1. Hal:201-204.

Suyono, R. P. 2003. Shipping : Pengangkutan intermodal eksport import melalui laut edisi ke-3. PPM. Jakarta.

Tjiptono, F. 2005. Manajemen Pemasaran. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Utomo, H., Putri, Y,L. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Jurnal Among Makarti. Vol.10. No.19.Hal:70-90.

Yuliana, Y. 2017. Upaya Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Pendekatan Kualitatif Pada Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Di Fakultas Ekonomi Umn Al Washliyah Medan Ta 2013/2014. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora. 2(2), 291-325.

Downloads

Published

2024-02-19

How to Cite

Gaharpung, M. M. H. ., & Apriliani, M. F. . (2024). PENGARUH SERVICE QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN J&T EXPRESS DI MAUMERE . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2718–2727. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25813

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.