MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25578Keywords:
Aktivitas, Model Make A Match, Organ Gerak Hewan dan Manusia.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di kelas V SD Negeri 010 Bonai Darussalam. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia pada Siklus I Pertemuan 1 yaitu yaitu 62,82% dengan kategori cukup aktif. Pada Siklus I Pertemuan 2 aktivitas belajar siswa meningkat yaitu 70,75% dengan kategori cukup aktif. Pada Siklus II Pertemuan 1 aktivitas belajar siswa meningkat yaitu 76,95% dengan kategori aktif. Pada Siklus II Pertemuan 2 aktivitas belajar siswa meningkat yaitu 81,54% dengan kategori aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di kelas V SD Negeri 010 Bonai Darussalam.References
A.M. Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Afni, N. (2011). Hasil Belajar Kognitif IPA-Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Sifat Cahaya di Kelas V SDN, STKIP. Bangkinang : Tidak dipublikasikan.
Anita, L. (2008). Cooperatif Learning. Jakarta:PT.Gramedia Widiasarana Indonesia.
Arikunto. S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
___________. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Bahri, A. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Strategi Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas. (2006). Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta: Puskur Balitbang.
Desnafianti. (2011). Hasil Belajar Keterampilan Proses IPA Fisika Siswa Melalui Model Penerapan Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas V SDN, STKIP. Bangkinang : Tidak dipublikasikan.
Hakim, T. (2005). Belajar Secara Efektif. Jakarta : Puspa Swara.
Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafiah, N dan Cucu, S. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Hidayati. (2012). Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Candra Kirana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




