MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Candra Kirana SD Negeri 010 Bonai Darussalam

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25578

Keywords:

Aktivitas, Model Make A Match, Organ Gerak Hewan dan Manusia.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di kelas V SD Negeri 010 Bonai Darussalam. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia pada Siklus I Pertemuan 1 yaitu yaitu 62,82% dengan kategori cukup aktif. Pada Siklus I Pertemuan 2 aktivitas belajar siswa meningkat yaitu 70,75% dengan kategori cukup aktif. Pada Siklus II Pertemuan 1 aktivitas belajar siswa meningkat yaitu 76,95% dengan kategori aktif. Pada Siklus II Pertemuan 2 aktivitas belajar siswa meningkat yaitu 81,54% dengan kategori aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di kelas V SD Negeri 010 Bonai Darussalam.

References

A.M. Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Afni, N. (2011). Hasil Belajar Kognitif IPA-Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Sifat Cahaya di Kelas V SDN, STKIP. Bangkinang : Tidak dipublikasikan.

Anita, L. (2008). Cooperatif Learning. Jakarta:PT.Gramedia Widiasarana Indonesia.

Arikunto. S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

___________. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Bahri, A. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Strategi Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta: Puskur Balitbang.

Desnafianti. (2011). Hasil Belajar Keterampilan Proses IPA Fisika Siswa Melalui Model Penerapan Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas V SDN, STKIP. Bangkinang : Tidak dipublikasikan.

Hakim, T. (2005). Belajar Secara Efektif. Jakarta : Puspa Swara.

Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, N dan Cucu, S. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hidayati. (2012). Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Kirana, C. . (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25578

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.